Mazda3 2021 Hadirkan Mesin Turbo 2.500cc

27/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Mazda3 2021 Hadirkan Mesin Turbo 2.500cc
Dibandingkan merek lain, Mazda memang sedikit telat untuk memasuki segmen hatchback performa tinggi. Namun, mereka sudah menyiapkan Mazda3 turbo untuk menaklukan hot-hatchback lain yang lebih mapan.

Dibandingkan pabrikan lainnya, Mazda bukanlah model yang fokus ke hatchback performa tinggi. Namun, hal tersebut akan berubah dengan hadirnya Mazda3 Turbo yang disiapkan pabrikan Zoom-zoom tersebut.

>>> Mazda hadirkan MX-5 R-Sports Special Edition untuk pasar Inggris

Okelah, teaser yang diunduh di YouTube mungkin cuma sebatas suara mesin tanpa ada bocoran seputar desain atau apapun. Namun, hal ini tetap saja membuat peluncuran pada 8 Juli mendatang jadi sangat menarik.

All-wheel drive, cuma ada transmisi otomatis

Berdasarkan laporan terbaru, ada kabar baik dan tidak begitu baik soal Mazda3 turbo. Seperti namanya, mobil ini mendapatkan mesin turbo dengan sistem penggerak all-wheel drive, namun sebagai gantinya cuma ada transmisi otomatis.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Mesin Mazda CX-5 yang jadi basis mesin Mazda3 turbo

Mesin yang akan dipakai memiliki ukuran silinder 2.500cc, lebih besar dari standarnya yang cuma 2.000cc

Satu lagi, jangan berharap banyak soal kembalinya Mazdaspeed yang tidak diagendakan sama sekali. Memang, saat ini Mazda3 Speed hadir untuk pasar Filipina, namun itu hanyalah varian yang lebih fancy saja.

Pakai mesin Skyactiv-G 2.5L

Untuk powertrain Mazda3 turbo, Mazda menggunakan basis mesin Skyactiv-G 2.5 L seperti yang dipakai CX-5 yang menghasilkan tenaga 250 HP dengan torsi 434 Nm.  Sebagai catatan, saat ini line-up Mazda3 di Indonesia menggunakan mesin Skyactiv-G 2.0L dengan tenaga 153 HP @ 6.000 rpm dan torsi 200 Nm @ 4.000 rpm.

>>> Berita paling lengkap seputar mobil baru dapat Anda lihat di sini

Oiya, Mazda3 juga dibuat versi balap TCR (Touring Car Racing), yang memakai mesin inline-4 turbo dengan tenaga 350 HP dengan torsi 490 Nm. Mobil ini juga bisa dipakai di 36 kejuaraan TCR di seluruh dunia.

Tampilan depan dan samping Mazda3 TCR untuk musim 2019

Tampilan depan dan samping Mazda3 TCR

Dengan sengitnya persaingan di segmen hot-hatchback dengan kehadiran VW Golf GTI MK8, Toyota GR Corolla yang masih dalam didevelop, sampai Honda Civic Type R dan Hyundai Veloster, kehadiran Mazda3 Turbo agak terkesan terlambat. Tapi ya, dari pada tidak sama sekali.

Berdasarkan video teaser ini, Mazda3 turbo dijanjikan launching pada 8 Juli 2020. Apakah mobil tersebut mampu mengisi kekosongan line-up hatchback performa tinggi, dan dapat mengimbangi hot-hatchback merek lain? Menarik untuk ditunggu.

>>> Berita otomotif dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top