Maxindo Renault Indonesia Tanggapi Positif: Renault Kiger Pasti Masuk Indonesia

19/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Kabar mengejutkan datang dari pabrikan mobil asal Perancis yakni Renault. Dan sudah positif oleh Renault Indonesia bahwa Renault Kiger pasti masuk Indonesia

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang sangat memukul industri Tanah Air, ternyata masih ada berita baik dari sisi industri otomotif. Kabar yang mengejutkan ini datang dari pabrikan mobil asal Perancis yakni Renault. Dan seperti yang Anda baca di judul, bahwa sudah positif dan ditanggapi langsung oleh Maxindo Renault Indonesia (MRI) bahwa Renault Kiger pasti masuk pasar mobil Indonesia.

Gambar menunjukkan ilustrasi desain Renault Kiger 2021

Renault Kiger akan dibuat berdasarkan platform Renault Triber

"Renault Kiger pasti masuk Indonesia, karena itu (mobil) keren banget. Saya rasa Renault Kriger itu mobil yang bagus, sayang sekali bila produk sebagus itu enggak (dibawa) masuk Indonesia," papar Davy J Tuilan, selaku Chief Operation Officer PT MRI. Namun, pria yang akrab disapa Davy ini akan merundingkan terlebih dahulu mengenai kapan pastinya mobil ini melenggang di Tanah Air. "Sebab tahun ini pameran otomotif mundur semua, bahkan ada yang ditiadakan," tambahnya.

>>> New Renault Kwid Climber 2020 Siap Bersolek Minggu Ini

Mesin Mungil Nan Bertenaga

Foto mesin 1.0 SCe Renault

Mesin SCe adalah powertrain generasi terbaru 1.0 liter Renault

Mesin yang tertanam di balik bonnet Renault Kiger salah satu variannya disinyalir pakai unit berkode SCe yang juga dapat temukan di balik kap mesin Renault Triber dan Clio terbaru. Tanpa sistem induksi udara paksa alias turbo, mesin terbaru racikan Renault ini mampu menelurkan tenaga sebesar 72 Ps atau sekitar 70,5 Hp pada putaran mesin 6.250 rpm, serta hentakan torsi 96 Nm pada kitiran 3.500 rpm. Figur ini kami ambil pada Renault Triber.

Foto kenop tuas transmisi AMT Renault 

Mesin ini dapat dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau AMT

>>> Lemahnya Penjualan Mobil Bensin Membuat Renault Hengkang dari Tiongkok

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan serta nantinya akan ada opsi transmisi robotic Automated Manual Transmission (AMT). Kami juga belum bisa berbicara banyak mengenai impresi mesin ini, karena mobil dengan mesin SCe yang berkarakter mesin overstroke dimana langkah piston lebih panjang dari diameter piston ini belum tersedia unit test drive-nya di Indonesia.

Fotp kunci kartu Renault Triber RXZ 2020

Renault Kiger akan mengusung fitur-fitur extraordinary seperti di Triber

Namun, rekan satu grup kami di India telah mengetes jalan mobil-mobil dengan mesin ini, mereka mengatakan bahwa mesin bensin dengan jumlah silinder ganjil ini telah mengalami banyak perbaikan bila dibandingkan mesin 3 silinder Renault lainnya. Namun, tetap saja seperti khasnya mesin 3 silinder, ketika pedal gas diinjak Anda akan langsung mendengar raungan mesin ini menyusup kedalam kabin.

Punya Calon Lawan Tangguh Di Tanah Air

Gambar menunjukkan tampilan belakang Daihatsu Rocky 2019

Daihatsu Rocky akan jadi lawan berat Renault Kiger ini

Karena unit Kiger sendiri masih dikembangkan oleh tim engineer Renault India, tentunya belum jelas kapan mobil ini akan masuk Indonesia.Tapi setidaknya, di masa depan Daihatsu Rocky, Honda ZR-V dan Toyota Raize akan punya rival kuat jika mobil ini sudah hadir di pasar mobil Tanah Air. So, apakah Anda siap menghadapi tren SUV mungil di pasar mobil Indonesia?

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top