Maxindo Renault Indonesia Tanggapi Positif: Renault Kiger Pasti Masuk Indonesia

19/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Maxindo Renault Indonesia Tanggapi Positif: Renault Kiger Pasti Masuk Indonesia
Kabar mengejutkan datang dari pabrikan mobil asal Perancis yakni Renault. Dan sudah positif oleh Renault Indonesia bahwa Renault Kiger pasti masuk Indonesia

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang sangat memukul industri Tanah Air, ternyata masih ada berita baik dari sisi industri otomotif. Kabar yang mengejutkan ini datang dari pabrikan mobil asal Perancis yakni Renault. Dan seperti yang Anda baca di judul, bahwa sudah positif dan ditanggapi langsung oleh Maxindo Renault Indonesia (MRI) bahwa Renault Kiger pasti masuk pasar mobil Indonesia.

Gambar menunjukkan ilustrasi desain Renault Kiger 2021

Renault Kiger akan dibuat berdasarkan platform Renault Triber

"Renault Kiger pasti masuk Indonesia, karena itu (mobil) keren banget. Saya rasa Renault Kriger itu mobil yang bagus, sayang sekali bila produk sebagus itu enggak (dibawa) masuk Indonesia," papar Davy J Tuilan, selaku Chief Operation Officer PT MRI. Namun, pria yang akrab disapa Davy ini akan merundingkan terlebih dahulu mengenai kapan pastinya mobil ini melenggang di Tanah Air. "Sebab tahun ini pameran otomotif mundur semua, bahkan ada yang ditiadakan," tambahnya.

>>> New Renault Kwid Climber 2020 Siap Bersolek Minggu Ini

Mesin Mungil Nan Bertenaga

Foto mesin 1.0 SCe Renault

Mesin SCe adalah powertrain generasi terbaru 1.0 liter Renault

Mesin yang tertanam di balik bonnet Renault Kiger salah satu variannya disinyalir pakai unit berkode SCe yang juga dapat temukan di balik kap mesin Renault Triber dan Clio terbaru. Tanpa sistem induksi udara paksa alias turbo, mesin terbaru racikan Renault ini mampu menelurkan tenaga sebesar 72 Ps atau sekitar 70,5 Hp pada putaran mesin 6.250 rpm, serta hentakan torsi 96 Nm pada kitiran 3.500 rpm. Figur ini kami ambil pada Renault Triber.

Foto kenop tuas transmisi AMT Renault 

Mesin ini dapat dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau AMT

>>> Lemahnya Penjualan Mobil Bensin Membuat Renault Hengkang dari Tiongkok

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan serta nantinya akan ada opsi transmisi robotic Automated Manual Transmission (AMT). Kami juga belum bisa berbicara banyak mengenai impresi mesin ini, karena mobil dengan mesin SCe yang berkarakter mesin overstroke dimana langkah piston lebih panjang dari diameter piston ini belum tersedia unit test drive-nya di Indonesia.

Fotp kunci kartu Renault Triber RXZ 2020

Renault Kiger akan mengusung fitur-fitur extraordinary seperti di Triber

Namun, rekan satu grup kami di India telah mengetes jalan mobil-mobil dengan mesin ini, mereka mengatakan bahwa mesin bensin dengan jumlah silinder ganjil ini telah mengalami banyak perbaikan bila dibandingkan mesin 3 silinder Renault lainnya. Namun, tetap saja seperti khasnya mesin 3 silinder, ketika pedal gas diinjak Anda akan langsung mendengar raungan mesin ini menyusup kedalam kabin.

Punya Calon Lawan Tangguh Di Tanah Air

Gambar menunjukkan tampilan belakang Daihatsu Rocky 2019

Daihatsu Rocky akan jadi lawan berat Renault Kiger ini

Karena unit Kiger sendiri masih dikembangkan oleh tim engineer Renault India, tentunya belum jelas kapan mobil ini akan masuk Indonesia.Tapi setidaknya, di masa depan Daihatsu Rocky, Honda ZR-V dan Toyota Raize akan punya rival kuat jika mobil ini sudah hadir di pasar mobil Tanah Air. So, apakah Anda siap menghadapi tren SUV mungil di pasar mobil Indonesia?

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

New Renault Kwid Climber 2020 Siap Bersolek Minggu Ini

18/05/2020

Mobil baru

3 menit

Kabar ini didapat saat press conference Renault Triber yang resmi hadir di Indonesia, lantas mengapa mobil New Renault Kwid Climber 2020 ini layak ditunggu?

Lihat juga

Renault Triber AMT Launching di India Pekan Depan

13/05/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah mejeng untuk pertama kalinya di Auto Expo 2020, Renault akan memperkenalkan Triber AMT secara resmi tanggal 18 Mei, dan menyusul Kwid yang sudah lebih dulu pakai AMT.

Lihat juga

Lemahnya Penjualan Mobil Bensin Membuat Renault Hengkang dari Tiongkok

15/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil Prancis Renault memutuskan meninggalkan bisnis mobil penumpang utamanya di Tiongkok menyusul penjualan yang memburuk akibat dampak virus corona.

Lihat juga

Renault Megane Tengah Menghadapi Masa Depan yang Tak Pasti

28/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Elektrifikasi dan biaya pengembangan menjadi alasan dimana masa depan Renault Megane menjadi tanda tanya. Bahkan penjualannya pun terus mengalami penurunan.

Lihat juga

Tarik Investasi, Nissan Cerai dari Aliansi Renault-Mitsubishi?

12/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Nissan tampaknya akan meninggalkan aliansi yang dibentuk bersama Renault dan Mitsubishi. Keputusan ini diambil menyusul penurunan angka penjualan di Cina akibat Virus Corona.

Lihat juga
 
back to top