Masih Dipertahankan, Inikah Generasi Terbaru Isuzu Panther?

16/09/2019
Hampir 15 tahun Isuzu Panther hadir tanpa perubahan maupun peningkatan. Tapia pa jadinya jika SUV legendaris ini mendapatkan pembaruan dengan desain yang lebih modern? Mungkin inilah yang diprediksi akan hadir sebagai generasi terbaru Isuzu Panther.

Sempat menjadi bagian dari keberhasilan SUV Isuzu di Indonesia era 1990-an, nasib Isuzu Panther masih menjadi pertanyaan. Panther pun masih dijual di laman resmi Isuzu Astra Indonesia. Meskipun mendapatkan masalah dengan sistem emisi Euro 4, tapi tak menutup pintu untuk generasi terbaru Isuzu Panther hadir di Indonesia.

desain rendering Isuzu Panther berwarna putih dari depan
Prediksi tampilan depan Isuzu Panther dari Top Gear Filipina

Selama hampir 30 tahun kemunculannya, legenda Panther tidak hanya di Indonesia. Ketenarannya bahkan sampai di Filipina. Dikenal dengan nama Isuzu Crosswind, Top Gear Filipina memprediksi desain terbaru yang lebih modern dari SUV Panther.

>>> Harga Panther Touring Bekas Tetap Stabil, Apa Alasannya?

Pada bagian depan, fitur gril khas Isuzu diapit lampu depan ramping untuk tampilan yang lebih halus. Dipadukan dengan bemper bawah untuk desain yang agresif. Pilar C yang lebar menghubungkan visual Panther yang asli, sedangkan bagian atas pilar D mengusung desain atap modern. Selanjutnya lampu belakang horizontal dengan aksen krom yang tipis memberikan kesan yang lebih mewah.

desain rendering Isuzu Panther berwarna putih dari belakang
Desain tampilan belakang Isuzu Panther (Crosswind)

Tanpa arsitektur unibody, tampilan body-on-frame yang khas mengandalkan penggerak roda belakang. Pilihan sasis yang digunakan adalah MU-X yang baru. Tentu saja untuk mengurangi biaya pengembangan. Dan tak lupa, kemungkinan besar akan ada banyak peningkatan fitur keamanan yang lebih modern serta mesin baru.

>>> Dapatkan Isuzu Panther baru dan bekas hanya di sini

Mesin diesel RZ4E 1.9 liter baru milik Isuzu akan sangat cocok untuk jenis Panther yang tangguh. Dengan tenaga 148 daya kuda dan 350 Nm torsi mungkin tak banyak, namun diprediksi cukup membawa penumpang dan bawaan yang tak terlalu berat layaknya pada MU-X.

mobil lawas Isuzu Panther 1997 berwarna merah
Generasi pertama Isuzu Panther di Indonesia

Isuzu Astra Indonesia sendiri menyebutkan masih memproduksi Isuzu Panther. Persaingan untuk segmen SUV yang semakin memanas membuat angka penjualan Panther di Indonesia menurun. Selain itu, Panther pun sudah tak lagi diproduksi di Filipina. Tapi apakah Isuzu akan memperkenalkan generasi terbaru Panther di Tanah Air? Kita nantikan saja.

>>> Dapatkan berbabagi berita otomotif dari dalam dan luar negeri di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
247

berita lain