Maserati Uji Mobil Sport Terbarunya MC20 Berkeliling Italia

09/03/2020

Mobil baru

3 menit

Maserati Uji Mobil Sport Terbarunya MC20 Berkeliling Italia
Maserati tengah menguji mobil sport terbarunya MC20. Maserati MC20 ini diajak berkeliling di beberapa tempat ikonik di Italia sebelum masuk jalur produksi.

Pabrikan asal Italia Maserati pada bulan lalu telah mengenalkan mobil sport terbarunya yakni MC20. Kemudian setelahnya, Maserati mulai menguji ketangguhan mobil sport terbarunya itu. 

Ada cara unik yang dipilih Maserati untuk menguji ketangguhan sport car terbarunya ini. Maserati MC20 yang ditutup stiker kamuflase berwarna hitam dan putih bertuliskan 'MC 20' diajak mengelilingi beberapa lokasi ikonik di Italia. 

Maserati Uji Mobil Sport Terbarunya, MC20 Berkeliling Italia

Maserati MC20 masih tertutup kamuflase

>>> Relokasi Diler Resmi, Maserati Indonesia Siap Layani Konsumen Setia dengan Nuansa Lebih Premium

Keliling Italia

Sebelum melakukan pengujian, Maserati terlebih dahulu memboyong prototipenya ke sebuah laboratorium yakni Maserati Innovation Lab di Modena dan kemudian ke beberapa tempat di Italia yang dipilih sebagai simbol keberanian dari Negeri Pizza tersebut. 

Salah satu lokasinya adalah Piazza degli Affari di Milan tepatnya di bawah patung L.O.V.E Maurizio Cattelan. Kemudian MC20 yang disebut-sebut sebagai keberanian Italia bakal menjalani serangkaian tes di jalan dan juga trek dalam beberapa kondisi. Pengujian ini cukup penting bagi Maserati untuk mengumpulkan semua data terkait MC20 sebelum masuk jalur produksi. 

Maserati uji mobil sport terbarunya MC20 berkeliling Italia

Maserati MC20 berkeliling beberapa tempat ikonik di Italia

Bicara soal penamaan, Maserati punya pertimbangan tersendiri ketika menentukan mobil sport terbarunya dinamakan MC20. MC merupakan kependekan dari Maserati Corse sedangkan 20 lebih mengarah kepada tahun 2020. Mobil sport terbaru Maserati ini rencananya bakal diproduksi di pabrik Viale Ciro Menotti milik pabrikan yang memiliki DNA Italia sepenuhnya itu. 

>>> Sejarah dan Arti dari Lambang Lamborghini, Bantengnya Mobil Sport

Mengembalikan Kejayaan MC12

Maserati MC20 juga dipercaya sebagai model pertama di era baru Maserati. Pada seluruh model Maserati, MC20 bisa dibilang merupakan evolusi dari edisi terbatas MC12 yang dibuat pada tahun 2004 dan 2005. Pada saat itu, MC 12 menjadi penanda bahwa Maserati kembali ke dunia balap setelah sempat absen selama 37 tahun. Kala itu, hanya ada 12 unit MC12 yang dibuat khusus untuk keperluan balapan. 

Hasilnya pun cukup positif. Maserati MC12 mampu menorehkan 22 kemenangan dan 14 gelar juara pada balapan FIA GT yang digelar dari tahun 2004 hingga 2010. 

Gambar menunjukkan sebuah mobil Maserati MC12 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan mewah Maserati MC12

>>> Review Maserati Ghibli 2019: Metamorfosa Sempurna Grand Tourer Bertubuh Sedan Dari Tanah Italia

MC20 pun diharapkan bisa mengembalikan kejayaan dari MC12 di dunia balap. Perlu digaris bawahi, MC20 akan dibekali tenaga listrik. Maserati juga telah menguji sistem tenaga listiknya yang dikembangkan untuk model-model lainnya. 

Maserati kini tengah menyiapkan fasilitas produksi untuk MC20. Kabarnya, Maserati sedang membuat pabriknya di kawasan Modena menjadi lebih modern. Fasilitas pengecatan juga tengah di bangun di pabrik Viale Ciro Menotti. Bagi Anda yang penasaran untuk melihat wujud asli Maserati MC20, harap sedikit bersabar. Maserati disebut-sebut bakal merilis mobil sport terbarunya ini pada Mei 2020 mendatang.   

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top