Maserati Perkenalkan Sportscar MC20 yang Usung Mesin Berteknologi F1

10/09/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Maserati Perkenalkan Sportscar MC20 yang Usung Mesin Berteknologi F1
Penantian itu telah berakhir, setelah serangkaian teaser, yang entah sejak kapan, Maserati akhirnya resmi memperkenalkan Sportscar MC20, yang menjadi suksesor spiritual MC12.

15 Tahun tanpa line-up Sportscar setelah MC12 yang dijual antara 2004-2005, Maserati kembali masuk ke ranah Sportscar lagi. Kali ini pabrikan Modena merilis Maserati MC20, yang sekaligus menandakan era baru Maserati.

Dua Sportscar Maserati, MC12 dan MC20

MC20 hadir sebagai suksesor spiritual MC12 yang diluncurkan 16 tahun lalu

Diperkenalkan di Modena dalam ajang yang bertajuk “MMXX: Time to be Audacious” Maserati MC20 mengkombinasikan performa, rasa sporty, dan rasa sporty yang dipadukan dengan cita rasa khas Maserati.

Adopsi mesin berteknologi F1

Hal pertama yang patut disorot adalah powertrain mobil ini, yang mana untuk pertama kalinya Maserati mengembangkan mesin sendiri untuk line-up mobilnya.

>>> Secanggih apa sih mesin baru Maseratti Nettuno yang dipakai MC20?

Hadir dengan mesin V6 3.0L twin-turbo dengan kode Nettuno, Maserati MC20 menghasilkan tenaga 621 HP dan torsi 729 Nm yang dipadukan dengan girboks otomatis dual-clutch 8-percepatan. Hasilnya mobil ini dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik dengan top speed 323 km/jam.

Mesin V6 twin-turbo Nettuno yang dipakai Maserati MC20

Mesin V6 Maseratti ini mengadopsi teknologi dari ajang Formula 1

Yap, setelah bertahun-tahun menggunakan mesin milik pabrikan lain untuk varian performanya akhirnya Maserati mengembangkan mesin performa tinggi sendiri. Dalam pengembangannya, Maserati mengadopsi teknologi yang lebih dulu dipopulerkan mesin Formula 1, contohnya proses pembakaran terpisah dari chamber yang secara efisien dapat meningkatkan performa mesin. 

Soal mode berkendara, Maserati MC20 dilengkapi empat mode, yakni Wet, GT, Sport, dan Corsa, semuanya dapat dipilih di Drive Selector dengan tambahan mode ESC Off yang bisa mematikan kontrol traksi sepenuhnya.

Tiap mode mengatur beberapa aspek berkendara seperti feel setir, dan sensitivitas gas, dan juga tingkat kekerasan suspensi, di mana set-up double-wishbone dengan shock breaker yang bisa naik dan turun sesuai mode berkendara yang dipilih.

Maserati MC20 sedang diuji coba

Selain varian V6, MC20 juga akan hadir dalam bentuk EV dengan spesifikasi sama persis

Maserati juga akan menghadirkan MC20 elektrik dengan berbagai fitur akan hadir (tentu bukan mesinnya), namun Maserati merilis detail seperti kapasitas baterai atau lama pengisian.

Namun, performa Maserati MC20 EV diklaim tidak akan jauh dari versi V6 twin-turbonya, yakni akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik, top speed 310 km/jam, dan jarak tempuh 323 km dengan pengetesan WLTP.

Desain

Maserati MC20 hadir dengan power-to-weight ratio terbaik di kelasnya, yakni 2,3 kilogram untuk tiap HP. Hal ini terbantu dengan penggunaan konstruksi monokok ringan yang memangkas bobot mobil yang kurang dari 1.500 kg.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Sama seperti supercar kebanyakan, MC20 hadir dengan sasis monokok carbon-fiber, yang dikembangkan Maserati dan Dallara. Tidak cuma ringan, sasis ini super fleksibel dengan kapabilitas mengakomodir tiga varian sekaligus, coupe, EV, dan convertible dengan sedikit modifikasi.

Sasis monokok carbon fiber yang dipakai di Maserati MC20

Sasis karbon monokok MC20 dapat mengakomodir varian mesin V6 dan EV dengan sedikit modifikasi

Untuk mendesain body MC20, desainer Maserati menghabiskan waktu lebih dari 2.000 jam di fasilitas wind tunnel milik Dalara. Hasilnya sebuah sportscar yang terlihat sangat sporty dan elegan dengan cita rasa khas Maserati.

Di depan, Maserati MC20 hadir dengan gril mesh yang dihiasi logo trident khas Maserati, model lampu depan LED nya sangat tajam dan memanjang ke bagian fender.

Tampilan Maserati MC20 dengan pintu terbuka

MC20 memadukan desain sporty dan elegan khas Maserati

Hadir beberapa detail yang menegaskan kesan aerodinamis mobil, salah satunya dua lekukan yang mengapit kap mobil. Selain itu, hadir juga beberapa detail karbon fiber di splitter depan, atap, side skirt, dan bagian belakang.

Beralih ke samping, kami sangat menyukai desain velg 20 inci yang diberi finishing two-tone. Selain itu, mekanisme scissors door dan lubang udara di sekitar fender depan, juga membuat tampilan mobil jadi semakin agresif.

Tampilan belakang dan samping Maserati MC20

MC20 menggunakan velg 20 inci yang sangat cantik

Sementara itu, bagian belakang Maserati MC20 terlihat jauh lebih bersih dengan lampu LED dengan peletakan horizontal, dua buah lubang knalpot yang diletakkan di bawah dudukan plat nomor, dengan diffuser yang cukup besar di bawahnya. 

Maserati memberikan enam pilihan warna untuk Sportscar Maserati MC20, yakni Blanco Audace, Giallo Genio, Rossi Vicente, Blu Infinito, Nero Enigma, dan Grigio Mistero.

Interior, fitur mobil, dan harga

Masuk ke dalam, kita akan menemukan banyak sekali aksen karbon di interior Maserati MC20, mulai dari konsol tengah, paddle shift, dan setir. Selebihnya, perpaduan Alcantara dan material kulit hitam dengan aksen jahit-jahitan biru mendominasi interior mobil, khususnya kursi, dasbor, dan panel pintu.

>>> Informasi model mobil baru tahun 2020 bisa Anda lihat di sini

Tampilan interior Maserati MC20

Aksen karbon di eksterior juga mendominasi sebagian besar area interior

Untuk sistem multimedia, MC20 hadir dengan layar 10,3 inci dengan sistem Maserati Intelligent Assistant (MIA) dengan Maserati Connect sebagai standar, dengan layar instrument cluster digital yang sama besarnya.

Sistem ini menghadirkan personalisasi dan fitur yang lebih kaya dibanding teknologi sebelumnya, termasuk Maserati Connect, yang mehgubungkan mobil ke pemilik dengan beberapa hal seperti tanggal servis dan fitur keamanan yang dapat diakses melalui smartphone.

Layar head unit Maserati MC20

Layar multimedia Maserati MC20 sudah mengadopsi MIA dengan Maserati Connect

Dan berbeda dari MC12 yang total cuma dibuat sebanyak 50 unit selama dua tahun, Maserati MC20 akan diproduksi secara massal. Untuk harga, Maserati membanderol MC20 mulai dari $210.000 (setara Rp 3,1 miliar) dan akan mulai dipasarkan tahun depan. 

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Maserati Ghibli-Quattroporte Trofeo Dapatkan Mesin V8 Ferrari

11/08/2020

Mobil baru

4 menit

Meski kerja sama Maserati dan Ferrari akan berakhir tahun 2021, line-up performa Trofeo masih akan mendapat mesin V8 dari Maranello. Yang terbaru Ghibli dan Quattroporte Trofeo.

Lihat juga

Tatap Era Baru, Maserati Luncurkan Ghibli Hybrid

17/07/2020

Mobil baru

4 menit

Maserati tengah menyongsong era baru, dalam peluncuran online, pabrikan asal Modena itu memperkenalkan facelift sedan eksekutifnya, Ghibli, yang mendapatkan powertrain Hybrid.

Lihat juga

Mesin V6 Maserati MC20 Hasilkan Tenaga 542 HP

25/06/2020

Mobil baru

3 menit

Jelang peluncurannya bulan September, satu per satu detail sportscar Maserati MC20 mulai terungkap. Kali ini soal performa mesin V6 twin-turbo barunya yang menghasilkan tenaga 542 HP.

Lihat juga

80 Tahun Kemenangan Targa Florio, Maserati Nostalgia Dengan MC20

01/06/2020

Mobil baru

4 menit

Maserati MC20 merupakan salah satu sportscar yang paling ditunggu kehadirannya tahun ini. Setelah berjalan-jalan di beberapa jalan di Italia, kini supercar itu bermain ke pulau Sisilia, tempat balapan legendaris Targa Florio.

Lihat juga

Kenang ‘Raja Tanpa Mahkota”, Maserati Rilis Foto Resmi Maserati MC20

15/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Maserati kembali ke dunia super sportscar dengan mempersiapkan Maserarti MC20 yang didedikasikan untuk pembalap legendaris Maserari, Sir Stirling Moss.

Lihat juga