Malaysia Dapatkan Jatah Toyota GR Yaris 100 Unit, Gimana Indonesia?

07/04/2020

Mobil baru
Share this post:
Malaysia Dapatkan Jatah Toyota GR Yaris 100 Unit, Gimana Indonesia?
Beredar rumor Toyota Malaysia mendapatkan jatah Toyota GR Yaris 100 unit pada 2021 mendatang. Apakah Toyota Astra Motor (TAM) juga berniat mendatangkan hot hatchback ini dalam waktu dekat?

UMW Toyota Motor, APM Toyota di Malaysia dirumorkan telah mengamankan 100 unit Toyota GR Yaris. Ini bukanlah Yaris biasa, hatchback kencang ini merupakan versi road legal dari Toyota Yaris WRC yang memenangkan kejuaraan WRC 2019.

Toyota GR Yaris 2020 yang akan hadir di Malaysia tahun 2021

GR Yaris dibangun menggunakan homologasi WRC

Ya, kita memang mengenal hot hatcback performa tinggi lainnya di pasar Indonesia seperti Civic Type R, Mercedes-Benz AMG A45, atau Volkswagen Golf GTI, atau Golf R yang punya tenaga lebih ganas. Namun, GR Yaris berbeda dari hatchback yang disebutkan di atas, salah satunya karena mobil ini dibangun dengan homologasi WRC.

>>> Simak review GR Yaris, Hot-hatchback dengan nafas WRC di sini

Hot-hatchback dengan nafas WRC

Ya, Toyota GR Yaris berada level yang sama seperti Mitsubishi Lancer Evolution dan Subaru Impreza WRX yang mengambil basis dari mobil balap reli WRC tahun 90’an yang dikendarai para legenda seperti Colin McRae dan Tommi Makinen. Faktanya, Makinen juga terlibat dalam pengembangan mobil ini sebagai team principal Toyota Gazzoo Racing WRT.

Sistem penggerak 4WD GT-Four milik Toyota GR Yaris 2020

Mesin G16E-GTS yang dipakai Toyota GR Yaris 2020

Interior Toyota GR Yaris 2020

Detail GR Yaris 2020

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Sebagai mobil yang lahir di lintasan reli, GR Yaris memiliki spesifikasi khusus yang berbeda dari hatchback kencang lainnya. Platform yang digunakan perpaduan antara TNGA-B untuk bagian depan, dan TNGA-C di bagian belakang. Suspensi belakang yang dipakai juga sama seperti milik Yaris WRC, yakni double wishbone.

Berbeda dari Lancer Evolution era Makinen yang ditengai mesin 2.000cc, Toyota GR Yaris menggunakan mesin tiga silinder 1.600cc turbocharger G16E-GTS yang menghasilkan tenaga 270 HP dan torsi 370 Nm. Tenaganya dihubungkan ke transmisi manual enam percepatan menuju sistem penggerak 4WD GT-Four, yang menggunakan sepasang Limited Slip Differential Torsen di depan dan belakang.

>>> Simak berita paling update seputar mobil baru di sini

Hadir 2021, dibanderol Rp 1,8 Miliar

UMW Toyota akan membawa GR Yaris ke negeri Jiran pada 2021, dengan banderol yang tidak murah, sekitar RM 300.000 ( setara Rp 1,8 miliar). Sama sekali tidak murah, namun Anda bisa merasakan sensasi mobil balap WRC yang sangat sukses. Pertanyaanya, apakah mobil tersebut akan hadir di Indonesia?

Toyota GR Yaris 2020 yang hadir di Malaysia tahun 2021

GR Yaris akan jadi alternatif menarik bagi para pecinta mobil kencang di Indonesia

Tahun lalu, Toyota Astra Motor sudah mulai menyasar segmen mobil performa dengan menghadirkan GR Supra yang dibanderol Rp 2 Miliar. Apakah TAM berniat menambah portofolio mobil performanya dengan menghadirkan GR Yaris? Menarik untuk ditunggu.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

 
Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

Toyota Ajukan Paten GR Corolla, Hot Hatchback Pelengkap GR Yaris

02/04/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota kini tengah serius menggarap brand Gazoo Racing, setelah kehadiran GR Yaris dan rumor seputar GR Hilux, kini giliran Corolla yang akan mendapatkan varian performa.

Lihat juga

Toyota GR Yaris WRC 2021 Resmi Di Uji Coba, Segera Perkuat Skuad Toyota WRC?

27/02/2020

Mobil baru

3 menit

Seorang natizen yang juga penggemar reli dunia (world rally championship) mengabadikan Toyota GR Yaris WRC, akankah mobil ini segerab perkuat skuad Toyota WRC?

Lihat juga

Toyota Yaris Crossover Lakukan Tes Musim Dingin, Dijual Tahun Depan

27/03/2020

Mobil baru

4 menit

Batal diperkenalkan di Geneva Motor Show, proses pengembangan Toyota Yaris Crossover masih dalam tahap awal. Namun, mobil ini bukanlah sekadar Yaris yang ditinggikan dan akan dijual mulai tahun depan.

Lihat juga

Setelah GR Yaris, Toyota C-HR Juga Berpeluang Dapatkan Sentuhan Gazoo Racing

14/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Setelah rumor Corolla akan mendapatkan treatment ala GR, kini giliran Toyota C-HR yang diprediksi berpeluang untuk menyematkan badge ‘GR’ pada namanya

Lihat juga

Geneva Motor Show Batal, Toyota Tunda Peluncuran SUV Berbasis Yaris

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Berbeda dari pabrikan lain yang tetap pada rencana awal sebelum Geneva Motor Show 2020 dibatalkan, Toyota justru menunda peluncuran SUV berbasis Yaris sampai waktu yang belum ditentukan.

Lihat juga