Lotus Lambda SUV Siap Tantang Porsche Cayenne

28/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Lotus Lambda SUV Siap Tantang Porsche Cayenne
Publik dikejutkan dengan beredarnya sebuah rendering yang dipercaya merupakan Lotus Lambda SUV. Mengingat Lotus selama ini memproduksi mobil sport, maka benarkah model SUV yang akan jadi jagoan terbaru pabrikan Inggris itu?

Lotus, sebuah merek mobil yang seakan tenggelam dibandingkan pabrikan Eropa lain seperti Aston Martin, Ferrari, Maserati, atau Mercedes-Benz. Padahal Lotus punya catatan baik saat menciptakan mobil spor. Bahkan produsen asal Norwich, Inggris ini juga berkiprah di ajang balap Formula Satu (F1). Tentunya ini jadi model kuat Lotus dalam menciptakan mobil dengan kemampuan terbaik.

Saat ini Lotus memang sedang mengalami masa sulit karena hampir tidak pernah menyodorkan model barunya. Namun Lotus sudah memiliki rencana kalau mimpi buruk itu akan dikubur bersamaan dengan berakhirnya tahun 2020. Hal ini karena perusahaan kabarnya sudah menyiapkan Lotus Lambda SUV yang akan menjadi jagoan teranyar yang muncul di akhir tahun ini.

Rencana munculnya SUV Lotus ini jelas menarik untuk disimak. Mengingat Lotus selama ini terkenal karena piawai membuat mobil sport ringan yang begitu mengasyikkan untuk dikendarai. Bahkan sosok Lotus Lambda SUV pun belum penah secara resmi diumumkan.

>>> Lotus Dapatkan Pendanaan Pengembangan Platform Mobil Listrik

Garis-garis Desainnya Tegas

Lotus Lambda SUV rendering

Benarkah akan seperti ini SUV dari Lotus?

Dikutip dari Carbuzz, Rabu (28/10/2020), belum lama ini beredar rendering dari Lotus Lambda SUV yang sepertinya mendekati dari desain asli mobil tersebut. Hasil kreasi Kolesa ini merupakan perwujudan dalam bentuk gambar visual yang lebih real melalui dokumen sketsa SUV Lotus yang juga pernah beredar. Walau bukan penampilan official dari Lotus, setidaknya foto-foto ini bisa memberi sedikit gambaran seperti apa SUV (Sport Utility Vehicle) modern pertama dari Lotus itu.

SUV bergaya coupe ini punya garis atap yang miring namun tetap memberikan kapasitas muatan sampai 4 orang dewasa berikut bagasi di belakang. Sementara bodinya terlihat guratan-guratan tegas khas sebuah mobil berperforma tinggi.

Selanjutnya di bagian depan terlihat seperti mobil-mobil SUV compact dari Jaguar terutama kalau dilihat dari bentuk grilnya. Kemudian pada bagian belakang Lambda masih membawa cita rasa keluarga Lotus. Ini terlihat dari pemakaian lampu bundar dan aksen hitam dibagian tengah dengan logo Lotus. Dua saluran knalpot di setiap ujung bemper juga turut memberikan identitas kalau SUV ini punya tenaga besar.

>>> 5 Pilihan Mobil SUV Murah dan Irit Bermesin Bandel Rp100 Jutaan

Berbagi Platform dengan Volvo XC

Lotus Lambda SUV skets

Banyak yang menunggu seperti apa SUV dari Lotus nantinya

>>> Review Porsche Cayenne Coupe 2020: SUV Paling Sporty Porsche

Belum ada informasi resmi yang menjelaskan secara rinci mengenai peta kekuatan Lotus Lambda SUV. Namun dikabarkan mobil ini berbagi platform Scalable Product Architecture (SPA) dengan Volvo. Platform yang sama juga dipakai untuk Volvo XC60 dan Volvo XC90.

Kemudian perihal sumber tenaganya, prediksi menyebut kalau Lamda akan menggunakan mesin hybird dan full elektrik. Mesin hybridnya masih dikombinasikan antara mesin bensin dan motor listrik tunggal. Namun untuk versi listrik akan pakai 4 motor listrik dengan daya 750 Hp.

Lotus yang selalu sanggup menciptakan mobil dengan pengendalian terbaik, pastinya juga akan menerapkan hal yang sama pada SUV mereka ini. Namun semua pihak diminta bersabar sampai Lotus resmi mengumumkan kehadiran Lambda. Jika sudah diproduksi nanti, maka Lotus Lamda SUV akan bersiang dengan SUV berperfroma tinggi, seperti Porsche Cayenne Coupe atau Aston Martin DBX.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top