Lotus Emira, Sports Car Terakhir Lotus Bermesin Konvensional

07/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Lotus Emira, Sports Car Terakhir Lotus Bermesin Konvensional
Menjadi satu-satunya mobil di lineup, Lotus Emira akan menjadi mobil bermesin bensin terakhir karena pabrikan asal Inggris ini beralih ke mobil listrik.

Mobil yang akan diluncurkan tahun 2022 ini berperan sebagai pengganti Lotus Elise dan Exige, menjadi satu-satunya lineup produk dari spesialis mobil sports car ini. Tak hanya itu, ini akan menjadi terakhir kalinya Lotus menggunakan mesin berbahan bakar bensin.

Gambar Lotus Emira

Lotus Emira akan menjadi mobil terakhir bermesin bensin dari pabrikan ini

Lotus terbilang jarang dalam mengeluarkan model baru, terakhir kali, mereka meluncurkan hypercar listrik, Evija. Lotus Emira adalah sports car terbaru pertama sejak pabrikan asal Inggris ini meluncurkan Evora di tahun 2009. Setelah peluncuran Emira, Lotus akan mendedikasikan pengembangan dan produksi ke mobil-mobil listrik.

>>> Mitsubishi Perkenalkan SUV Listrik Baru, Xpander Hybrid Kapan?

Punya 2 Pilihan Mesin

Lotus Emira ditawarkan dengan dua opsi mesin, mesin 4-silinder dari AMG yang menghasilkan tenaga 360 HP, dan mesin V6 Toyota berbekal supercharger yang kini digunakan oleh Lotus Evora dengan tenaga 400 HP.

Seperti pendahulunya, Emira duduk di atas sasis aluminium terikat, dengan bodywork fiberglass yang dibungkus rapat. Desain mobil baru ini jelas terinspirasi dari hypercar Evija EV.

Emira menampilkan fascia yang sangat mirip Evija dengan scoop berkontur yang terintegrasi ke dalam pintu membantu menyalurkan udara ke intake untuk mesin yang terpasang di tengah mobil.

Gambar Lotus Emira

Tampilan samping Emira

Dengan panjang keseluruhan 4411,98 mm, Emira 71,12 mmi lebih panjang dari Evora tetapi memiliki jarak sumbu roda 2575,56 mm yang identik.

>>> Pasang Air Purifier di Mobil, Apakah Efektif Menangkal COVID-19?

Meskipun demikian, akses ke kabin telah ditingkatkan dengan ambang pintu yang lebih sempit dan bukaan pintu yang lebih besar. Emira tidak memiliki elemen aerodinamis aktif, tetapi Lotus mengatakan itu akan menghasilkan downforce positif dengan kekuatan yang seimbang di setiap ujungnya.

Bagian kabin juga terasa jauh lebih mutakhir dibanding para pendahulunya. Lotus Emira dibekali layar sentuh10,2 inci dan kluster instrumen digital 12,3 inci sebagai standar.

Gambar interior Emira

Tampilan interior lebih modern dari para pendahulunya

Lotus memilih untuk mempertahankan kontrol konvensional untuk pengaturan AC dan ventilasi. Integrasi Apple CarPlay dan Android Auto akan hadir sebagai standar.

Harga Cukup Terjangkau

Lotus dikenal sebagai pabrikan yang memiliki value-for-money yang baik sebagai sebuah sports car, tak terkecuali untuk Lotus Emira. Mobil ini akan ditawarkan dari harga € 72.000 atau setara Rp 1,2 miliar untuk pasar Eropa. Versi entry-level Emira akan bersaing dengan Porsche 718 Cayman S.

>>> Hyundai Staria Segera Hadir di Thailand, Kapan Masuk Indonesia?

Sumber dari Lotus mengatakan bahwa kedua mesin Emira akan mendapatkan peningkatan tenaga yang lebih besar dari waktu ke waktu, dan varian mesin V6 pada akhirnya akan dihentikan karena standar emisi Eropa yang semakin ketat.

Gambar Emira

Penutup era mesin bensin Lotus

Tidak akan pernah ada versi hybrid atau plug-in-hybrid karena platform Emira tidak mendukung kebutuhan untuk mengakomodasi baterai.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top