Lexus Patenkan LBX, Crossover Baru Berbasis Yaris Cross?

02/09/2020

Mobil baru

4 menit

Lexus Patenkan LBX, Crossover Baru Berbasis Yaris Cross?
Lexus tengah melakukan ekspansi agresif ke line-up Crossover miliknya. Setelah peluncuran model UX, mereka mematenkan Lexus LBX, yang kemungkinan berbasis Yaris Cross.

Seperti kita tahu, Lexus tengah menyiapkan berbagai model Crossover baru. Salah satunya diplot sebagai varian entry level di bawah UX, model tersebut mengambil basis dari Toyota Yaris Cross yang baru saja rilis di Jepang.

>>> Toyota Yaris Cross rilis di Jepang, dilengkapi sistem e-Four

Lexus UX 2020

Crossover baru Lexus itu akan diplot di bawah UX

Rumornya, Crossover baru Lexus itu akan diberi nama Lexus LBX. Hal ini diyakini seiring dengan rumor pengajuan paten di Uni Eropa untuk model ini, dan juga di Israel.

Bukan untuk model produksi?

Hal ini sekaligus menjawab rumor seputar Crossover Lexus berbasis Yaris Cross, namun ada hal menarik di sini. Biasanya, Lexus tidak memakai tiga huruf untuk penamaan mobilnya, jadi kemungkinan Lexus LBX adalah mobil konsep.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Paten Lexus LBX

Paten Lexus LBX yang telah diajukan di Eropa

Beberapa rumor juga mengatakan paten Lexus LBX bukan untuk mobil baru, melainkan sistem entertainment baru yang tengah dikembangkan merk premium Toyota itu. 

Terlebih jika melihat paten yang diajukan Lexus adalah untuk bagian 'Automobiles and Structural Parts Thereof.'  Ya, walaupun kami tetap merasa paten satu ini adalah untuk line-up Crossover baru Lexus.

Baru launching di Jepang

Baru saja meluncur di Jepang setelah debut pertama di Eropa, Toyota Yaris Cross pada dasarnya adalah versi jangkung dari Yaris Hatchback dengan panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm. 

>>> Informasi model mobil baru tahun 2020 bisa Anda simak semua di sini

Bukan cuma lebih besar, Yaris Cross juga sudah mengadopsi teknologi Toyota Hybrid System II (THS II) di mana mesin hibrida M15A Dynamic Force 1.500 cc digabungkan dengan Continously Variable Transmission (CVT).

Toyota Yaris Cross 2020

Setelah Eropa, Toyota Yaris Cross rilis di Jepang

Besaran tenaganya belum diketahui, namun diperkirakan sekitaran 115 HP dan hadir dengan pilihan penggerak roda depan atau E-Four (electric four-wheel-drive). Selain itu, ada juga opsi non-hybrid untuk pasar luar Eropa, termasuk opsi girboks manual 6-percepatan.

Peluang kehadiran Yaris Cross di Indonesia rasanya cukup kecil, apalagi setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) memasukan Toyota Corolla Cross yang dinilai lebih cocok untuk pasar Asia Tenggara.

Toyota Yaris untuk pasar Indonesia

New Toyota Yaris akan launching 8 September mendatang

Namun, line-up Yaris di Indonesia mendapatkan penyegaran dengan New Toyota Yaris yang akan diluncurkan pada 8 September mendatang.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top