Lexus NX 2022, Siap Jadi Ikon Baru Compact Luxury Crossover SUV

03/06/2021

Mobil baru

3 menit

Lexus NX 2022 siap menjadi ikon baru dalam segmen pasar compact luxury crossover SUV mulai dari Amerika Serikat sebagai pasar utama hingga ke seluruh dunia

 gambar lexus

Tampang Lexus NX 2022

Lexus sedang bersiap-siap untuk memperkenalkan SUV kompak Lexus NX generasi terbaru (generasi ke-dua) pada 11 Juni mendatang. Sejauh ini hanya ada satu foto yang diberikan oleh Lexus berupa  preview image Lexus NX 2022 dengan tampilan kartu pos dan berlatar belakang gunung di sebuah pulau. "The future of Lexus is just on the horizon" begitu kata Lexus terkait kehadiran Lexus NX generasi kedua. Sebetulnya, yang tepat adalah Lexus NX 2022 tampil di depan gunung Fuji, gunung tertinggi di Jepang (3.776 m) yang berada di garis horizon.  

>>> Review Lexus NX 200t 2015

Serba Baru

Salah satu perubahan mendasar pada  Lexus NX 2022 (menjadi the second-best-selling Lexus model pada tahun  2020) generasi terbaru adalah penambahan  light bar yang memanjang selebar pintu belakang. Light bar tersebut menghubungkan kedua lampu belakang dan berada di atas  tulisan "LEXUS" dalam huruf besar. Gaya styling terbaru pada fascia belakang Lexus NX generasi kedua ini menandai perubahan besar dalam bahasa tubuh (desain) Lexus.  Sejak kelahiran Lexus pada  tahun 1989 hingga kehadiran LFA bermesin V10, boleh disebut fascia belakang divisi mobil mewah grup Toyota ini selalu setia dengan logo L miring di bagian pintu belakang. Boleh jadi, nantinya semua model Lexus akan menerapkan tulisan “LEXUS” pada fascia belakang.  

Karena hanya ada foto fascia belakang, tentunya sulit untuk membayangkan sosok dan tampilan Lexus NX generasi terbaru ini. Apakah akan tampil dengan desain yang berubah total dari generasi sekarang yang diperkenalkan pada tahun 2014 silam? Menilik gaya dan karakter desain Toyota dan Lexus sebagai turunannya, seperti biasa sentuhan konservatif masih menjadi pilihan karena tidak semua orang siap menerima revolusi desain. Sejumlah kalangan memprediksi  dimensi Lexus NX gen-2  akan tumbuh membesar sejalan dengan perkembangan trend terakhir. Dan yang terpenting adalah pemutakhiran untuk penghuni kabin berupa fitur teknologi terkini yang biasanya diturunkan dari model yang lebih tinggi.   

Lexus NX 

gambar lexus

Lexus NX 200t menandai kehadiran Lexus dalam  segmen pasar entry level SUV mewah di Indonesia 

Lexus NX adalah “compact luxury crossover SUV” yang diluncurkan oleh  Lexus, divisi mewah dalam grup  Toyota, pada akhir tahun  2014 as an all-new, entry-level crossover model in Lexus' lineup, slotted below the mid-size RX crossover. Nama "NX" mengacu pada  "Nimble Crossover" karena dimensinya yang tergolong kompak.

Sebelumnya, Lexus NX melakukan  debut perdana dalam event  Beijing International Automotive Exhibition pada  20 April 2014. Secara teknis, Lexus  NX saling berbagi dengan Toyota RAV4 pada sektor  struktur dan jarak sumbu roda. Sedangkan  aspek styling, suspensi, mesin,  interior, kemewahan dan  kualitas pembuatan mengacu pada standar  Lexus. Di Indonesia,  konsumen Lexus mendapatkan Lexus NX 200t (FWD) yang diperkenalkan pada Maret 2015 dengan pilihan varian Luxury dan F-Sport. Saat itu,  varian Luxury dijual dengan harga Rp 935 juta (OTR Jakarta), sedangkan varian F-Sport ditawarkan dengan harga Rp 970 juta (OTR Jakarta). 

>>>  Lexus IS Wax Edition Hadirkan Pemutar Piringan Hitam di Mobil

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top