Lexus IS Wax Edition Hadirkan Pemutar Piringan Hitam di Mobil

26/03/2021

Mobil baru

5 menit

Lexus IS Wax Edition adlaah kolaborasi antara Lexus dengan DJ sekaligus produser musik terkenal, yang menghadirkan alat pemutar piringan hitam di dalam mobil.

Lexus memang selalu menawarkan sesuatu hal yang unik bagi para pelanggannya. Bagaimana tidak, jika produsen lain berlomba untuk menghadirkan teknologi digital untuk sistem tata suara di kendaraan mereka, maka Lexus malah kembali ke cita rasa klasik.

Dikutip dari Carbuzz, Jumat (26/03/2021) belum lama ini Lexus merilis sebuah video dokumenter baru yang diberi judul Lexus IS Wax Edition. Satu unit model Lexus IS Sport namun dengan sebuah alat pemutar piringan hitam (turntable) di dalamnya. Dan yang menarik, turntable ini disembunyikan di dalam laci dasbor jok penumpang depan.

>>> Lexus Black Line Tersedia Ekslusif untuk RC dan ES

Bekerja Sama dengan DJ dan Produser Musik

Lexus IS Wax Edition MC Madlib

Kolaborasi dengan MC Madlib dan SCPS

Demi project IS Wax Edition ini, pabrikan Jepang tersebut bekerja sama dengan DJ sekaligus porduser musik terkenal, MC Madlib. Untuk mewujudkan proyek ini, ditugaskan pihak SCPS, sebuah studio teknologi kreatif dan fabrikasi khusus terkenal di dunia yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

"Ketika saya membuat musik, saya biasanya menggunakan headphone supaya saya bisa mendengar semuanya dengan jelas. Tapi kini semuanya saya bawa ke dalam mobil, dan sudah saya coba, ternyata berhasil. Punya sebuah turntable di Lexus? Tentu itu luar biasa," ucap Madlib.

Turntable Lexus

Alat pemutar musik ini disembunyikan di laci dasbor

>>> Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras Saat Mengemudi

"Ketika pihak Lexus meminta saya untuk membuat mobil ini, menurut saya itu tidak mungkin. Jadi sungguh menakjubkan bisa melihat dan mendengar piringan hitam diputar ketika Anda sedang berkendara di dalam mobil," lanjut dia.

Hadirkan Sistem Tata Suara Tak Tertandingi

Pihak SCPS yang menggarap IS Wax Edition tersebut terlebih dulu membuat model yang akan menjadi tempat meletakkan turntable. Proses pencetakannya menggunakan 3D print dari bahan serat karbon yang dikombinasikan aluminium. Teknik cetak 3D ini dianggap paling sesuai agar hasil cetakan presisi mengikuti bentuk dasbor Lexus IS.

IS Wax edition

Seluruh bodinya dilapis ulang dengan wrapping sticker

>>> Review Lexus IS 2021: Sport Sedan Jepang Penantang Eropa

Alat tersebut mampu menampung sebuah turntable berukuran 12 inci serta dilengkapi motor untuk memaju mundurkan alat secara otomatis saat laci dasbor dibuka. Alat ini juga menjamin jarum pemutar musik tidak akan terganggu meskipun pengemudi melajukan mobilnya dengan kecepatan tinggi.

Mengingat IS adalah salah satu model Lexus dengan sistem tata suara terbaik, maka ketika hasil rekaman dari piringan hitam dikombinasikan 17 speaker Mark Levinson premium surround sound system, maka tidak ada yang bisa menandingi hasil kualitas suaranya.

"Lexus IS Wax Edition menjadi contoh bagaimana sebuah piringan hitam bisa menyatu dengan mobil dengan cara yang baru," tukas Vinay Shahani, Vice President Marketing Lexus. Sayangnya ia menuturkan model ini tidak akan dijual karena hanya akan menjadi model display untuk beberapa event Lexus.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top