Lebih Dekat Dengan Renault Koleos Facelift 2021: Harga Rp 500 Jutaan Fitur Segudang

02/02/2021

Mobil baru

5 menit

Tanpa seremonial, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) meluncurkan Renault Koleos Facelift 2021, terus terang kami suka mobil ini karena fiturnya yang berlimpah

Tanpa seremonial besar-besaran, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek dagang Renault di Indonesia meluncurkan Renault Koleos Facelift 2021 pada akhir bulan Januari lalu. SUV medium yang berbasis dari Nissan X-Trail berkode bodi T32 ini hadir dengan sejumlah pembaharuan yang positif. Tak ingin rasa penasaran terus membuncah, Cintamobil.com lihat langsung mobil ini di dealer Renault PIK (Pantai Indah Kapuk), bagaimana impresinya?

Foto headlamp Renault Koleos Facelift 2021

Headlamp dengan desain DRL (Daytime Running Light) cantik tetap dipertahankan

Eksterior Mendapat Sedikit Sentuhan

Foto tampak depan Renault Koleos Facelift 2021

Transversal chrome line jadi ubahan utama di Koleos facelift ini

Sebagai SUV medium, MRI tahu benar jika persaingan di kelas ini akan makin sengit. Apalagi dengan rencana kehadiran Honda CR-V Facelift pada bulan Februari ini. Bumper depan Renault Koleos Facelift 2021 ini kini mendapat sedikit sentuhan, kini bumper depannya dilengkapi dengan transversal chrome line, jadi pada bumper depan dari New Renault Koleos ini terdapat garis chrome yang melintas dari bagian lampu kabut yang menyambung antara bagian kiri dan kanan.

Foto tampak samping Renault Koleos Facelift 2021

Velg baru jadi highlight tampilan samping

Berjalan ke bagian samping, ubahan yang langsung jelas terlihat adalah velg yang diameternya kini naik 1 inci bila dibandingkan dengan Koleos terdahulu. Aksen two tone menambah kesan mewah dan gagah dan memperkuat tampilan baru Renault Koleos Facelift 2021 ini. Sekadar informasi, velg berdiameter 19 inci ini diberi nama KAVEA  Alloy dan dibalut ban asal Korea yakni KUMHO CRUGEN dengan ukuran 225/55R19.

Foto tampak belakang Renault Koleos Facelift 2021

Ubahan hanya minor saja di buritan

Lanjut ke bagian belakang, ubahan yang dilakukan tak seheboh tampilan depan dan samping. Kami prediksi, para desainer Renault agak kesulitan untuk membuat tampilan belakang Renault Koleos yang memang sudah cantik dari awalnya untuk terlihat lebih menarik lagi. Maka, ubahan untuk bagian buritan terkesan minor saja, yakni dengan ditambahkan garis chrome bernama transversal tadi menyambung pada bemper dan tambahan lampu reflector di bawah bagasi.

Fiturnya Makin Segudang

Foto R-Link 2 by Samsung di Renault Koleos Facelift 2021

R-Link 2 by Samsung tetap hadir

Satu hal yang kami suka dari Koleos sejak dulu adalah fiturnya yang banyak, misal pintu bagasi elektrik, sunroof besar, belum lagi dengan hadirnya infotaiment system bernama R-Link 2 buatan Samsung yang mendominasi tampilan layout dasbornya. Dan 'banjir' fitur ini tentunya bukan pengecualian di Renault Koleos Facelift 2021. Sebab, kini SUV medium andalan Renault Indonesia ini mendapatkan beberapa tambahan fitur yang tak kalah menarik.

Foto kursi depan Renault Koleos Facelift 2021

Jok pengemudi ada pemanas-pendingin dan bisa memijat Anda!

Koleos Facelift kini hadir dengan fitur kursi pijat dan disertai dengan pemanas dan pendingin pada kursi. Fitur ini membuat perjalanan terasa lebih nyaman saat menempuh jarak jauh sekalipun. Fitur kursi pijat ini terletak hanya pada kursi pengemudi serta dapat diatur menggunakan layar sentuh di Head Unit Koleos. Secara total terdapat 3 pilihan tipe pemijatan.

Foto kursi belakang Renault Koleos Facelift 2021

Kerebahan sandaran kursi penumpang belakang kini bisa diatur

Selain fitur kursi pijat tersebut, terdapat juga fitur pemanas dan pendingin, yang terdapat pada kursi pengemudi dan penumpang depan. Fitur ini juga dipercaya dapat memanjakan Anda selama perjalanan. Hanya itu saja? Tentu tidak, karena untuk penumpang di kursi baris kedua, kini bisa diatur kerebahan sandarannya, sehingga makin sesuai dengan postur penumpang yang tentunya lebih menunjang kenyamanan untuk penumpang belakang.

>>> Begini rasa mengemudi Renault Koleos, mirip Nissan X-Trail?

Mesin Andalkan QR25 Milik Nissan

Foto mesin QR25 Nissan-Renault

Mesin QR25 di Koleos punya semburan torsi 66 NM lebih besar dari Nissan X-Trail

Dari sisi durabilitas ia menyandang kekuatan tinggi khas mobil Jepang, sebab sama seperti pendahulunya Renault Koleos Facelift 2021 ini pakai mesin berkode QR25DE yang mana pada Nissan X-Trail sudah tidak perlu diragukan durabilitasnya selama perawatannya benar. Mesin ini punya karakter overstroke dimana langkah piston lebih panjang dari diameter pistonnya. Efeknya torsi diputaran bawah sangat mumpuni. Apalagi mesin naturally aspirated alias tanpa injeksi udara paksa ke mesin ini punya karakter tenaga yang rata.

Foto tuas transmisi Renault Koleos Facelift 2021

Transmisi XTRONIC CVT sama seperti Nissan X-Trail

Mesin ini punya output tenaga 169 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 266 NM di putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disambung ke transmisi XTRONIC CVT yang halus dalam menyalurkan tenaganya ke dua roda depan. O ya, dengan bobot yang lebih berat sekitar 50 kilogram dari Nissan X-Trail maka secara otomatis Renault harus menyesuaikan juga setup suspensi pada mobil ini. Tapi, untuk rasa berkendaranya akan kami ulas secara lengkap setelah unit tes mobil ini tersedia.

Berapa Harganya?

Foto Renault Koleos Signature Facelift 2021

Sanggupkah ia melawan kedigdayaan Honda CR-V turbo?

Maxindo Renault Indonesia, tetap memperhatikan market acceptance terhadap New Renault Koleos ini, maka Kendaraan ini tetap dijaga agar tetap terjangkau, dengan harga Rp 588.000.000,- (lima ratus delapan puluh delapan) untuk OTR JAKARTA dan hanya tersedia satu tipe yaitu Signature dimana trim ini merupakan top of the line dari Koleos, Maxindo Renault Indonesia percaya kendaraan ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk SUV medium segment di Indonesia.

>>> Mau beli Renault Koleos bekas? Klik di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Renault Koleos Facelift 2021 ini?
Harganya Rp 588.000.000,- (lima ratus delapan puluh delapan) untuk OTR JAKARTA dan hanya tersedia satu tipe yaitu Signature yang merupakan trim tertingi
Kemana Renault Koleos trim Luxury?
Berdasarkan informasi yang kami dapat, trim selain Signature di Koleos sudah tidak ada lagi. Kalaupun ada hanya menghabiskan stok yang ada di diler
Apakah mobil ini sudah tersedia?
Ya! Renault Koleos Facelift sudah mulai tersedia di jaringan dealer Maxindo Renault Indonesia

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top