Lebih Dekat dengan MPV Eropa Calon Penantang Toyota Avanza-Xpander

23/09/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Dacia Jogger bakal meramaikan pasar mobil MPV. Bahkan bila dijual di Indonesia, Dacia Jogger sudah ditunggu para rivalnya seperti Toyota Avanza hingga Xpander.

Melihat mobil MPV tujuh penumpang sekelas Toyota Avanza di Indonesia mungkin sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Tak cuma di Tanah Air, mobil MPV tujuh penumpang juga meramaikan sejumlah jalan di negara kawasan ASEAN lainnya. Tapi untuk di Eropa, mungkin mobil MPV tujuh penumpang tak banyak ditemui. 

Namun hal tersebut tak lantas membuat produsen yang berada di bawah naungan Renault, Dacia mengurungkan niatnya untuk merilis mobil MPV berkapasitas tujuh orang. Baru-baru ini Dacia mengungkap mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang bernama Jogger. Jogger juga akan menjadi model mobil perdana dari Dacia yang sudah mengusung mesin hybrid. 

Dacia Jogger

Wujud Dacia Jogger yang mulai dikirim ke konsumen November 2021

>>> Ini Dia Low MPV Termahal di Indonesia, Ada Fitur Apa Aja Ya?

Kalau Masuk ke Indonesia Jadi Penantang Kuat Toyota Avanza Cs

Bila masuk ke Indonesia, Dacia Jogger akan berhadapan langsung dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, hingga Suzuki Ertiga. Menurut Dacia, Jogger hadir dengan kabin yang lapang ala mobil MPV namun memiliki karakter khas SUV. 

Dacia Jogger tampaknya dikembangkan dengan fokus ke gaya hidup. Hal itu terlihat dari tinggi ground clearance 200mm dan bergaya khas SUV. Dengan dimensi panjang lebih dari 4,5 meter, Jogger menjadi model terpanjang dari jajaran mobil Dacia lainnya. 

Dacia Jogger

Jogger akan menjadi mobil hybrid pertama dari Dacia

Dacia Jogger memiliki jarak sumbu roda 2,9 meter yang memungkinkan mobil mengusung konfigurasi tujuh tempat duduk. Meski begitu, dacia juga menawarkan Jogger dengan konfigurasi lima tempat duduk. 

Sistem hiburannya akan berbeda tergantung dengan variannya. Yang pasti setiap model akan dibekali layar tablet di bagian tengah dan di bawahnya terdapat climate control. Versi paling standar mungkin akan terlihat familiar dengan phone holder untuk meletakan ponsel ketika dibutuhkan sebagai alat navigasi. Sistem hiburan Dacia Jogger juga sudah terhubung ke Android Auto dan Apple CarPlay. Kemudian ada juga automatic headlight and wiper, speed limiter, dan setir berisikan tombol kontrol mobil. 

Tak lupa ada sejumlah fitur keselamatan yang disematkan seperti Parking Assistance and Rear View Camera, Blind Spot Warning, Hill Start Assist, hingga Emergency Brake Assist. 

Dacia Jogger

Konfigurasi tempat duduk Dacia Jogger bisa diatur menjadi 5-seater atau 7-seater

Beralih ke mesin, penantang Toyota Avanza berdarah Prancis ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni  TCe 110 bensin and the ECO-G 100 LPG Bi-Fuel. Mesin bensin TCe 110 mampu menghasilkan tenaga 108 bhp dan torsi 200 Nm. Mesin dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan. 

>>> Kenapa Banyak Orang Indonesia Kepincut Toyota Avanza Dkk?

Harga Dacia Jogger

Sedangkan mesin dengan bahan bakar LPG menyemburkan tenaga lebih sedikit yakni 99 bhp dan torsi 170 Nm. Tetap dari sisi emisi, mesin ini diklaim lebih unggul karena hanya menghasilkan 121 gr/km atau 10% lebih efisien ketimbang versi bensinnya. Sementara itu, model hybridnya akan dirilis tahun 2023 dan mengusung mesin bensin yang dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 1.2 kWh. 

Dacia Jogger kabarnya akan dijual mulai harga 15.000 euro atau kalau dirupiahkan stara dengan Rp 250 jutaan. Mobil ini rencananya mulai didistribusi pada November mendatang.

Toyota Avanza-Mitsubishi Xpander

Bila masuk ke Indonesia, Dacia Jogger sudah ditunggu Avanza-Xpander Cs

Akan menarik pastinya bila Dacia Jogger bisa dihadirkan di Indonesia. Persaingan Low MPV antara Toyota Avanza dan enam model lainnya akan making 'panas'. Terlebih bila Dacia Jogger bisa dijual dengan harga yang terjangkau. 

"Dacia kembali menghadirkan mobil keluarga yang multifungsi dan terjangkau. Baik itu hadir dalam 5-seater ataupun 7-seater, Jogger mewujudkan semangat Dacia. Jogger memenuhi komitmen Dacia dalam menghadirkan mobilitas untuk semua orang. Jogger merupakan teman ideal Anda saat bersama keluarga, berpergian, atau sekadar menghabiskan waktu luang," ungkap CEO Dacia Danis Le Vot.

>>> Cari Low MPV Baru di Bawah Rp 200 Juta? Simak Nih Pilihannya

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top