Lebih Dekat Dengan Ferrari SF90 Spider 2021, 1.000 PS Beratap Terbuka

24/10/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Ferrari SF90 Spider merupakan versi atap terbuka dari Hypercar yang diperkenalkan Eurokars pada awal tahun 2021, SF90 Stradale. Mari mengenalnya lebih dekat.

Dua tahun terakhir ini menjadi periode yang sibuk bagi Ferrari. Mulai dari meluncurkan Portofino M, mengembangkan Purosangue, memperkenalkan 296 GTB, hingga merayakan ulang tahun ke-90 dari Scuderia Ferrari dengan peluncuran SF90 Stradale dan Spider.

Gambar Ferrari SF90 Spider

Ferrari SF90 Spider menjadi mobil terakhir yang diperkenalkan oleh Eurokars

PT Eurokars Prima Utama selaku importir merek berlambang kuda jingkrak itu sudah memperkenalkan SF90 Stradale pada awal tahun 2021. Kini, mereka membawa versi atap terbuka dari mobil tersebut yaitu Ferrari SF90 Spider. Lantas, apa saja perbedaannya dibanding saudaranya yang berbentuk coupe? Simak ulasan dari Cintamobil.com di bawah ini.

Performa Sama Meski Lebih Berat

Bicara soal tampilan, baik Ferrari SF90 Spider maupun SF90 Stradale sebenarnya cenderung serupa. Perbedaan utamanya hanya terletak pada bagian atap yang kini bisa dibuka secara elektris.

>>> Susul Roma dan SF90 Stradale, Ferrari Boyong F8 Spider ke Indonesia

Para teknisi di Maranello menggunakan material alumunium dan membuat bobot mobil sekitar 40 kg lebih rendah dibandingkan mobil Spider konvensional. Atap tersebut dapat terbuka dan tertutup dalam waktu 14 detik dioperasikan tanpa harus berhenti, asalkan kecepatan mobil tidak melebihi 45 km/jam.

Gambar Atap SF90 Spider

Atap SF90 Spider hanya membutuhkan waktu 14 detik untuk menutup

Penggunaan atap terbuka beserta mekanismenya itu membuat bobot keseluruhan SF90 Spider lebih berat 100 kilogram ketimbang versi coupe. Namun, Ferrari mengklaim bahwa performa secara keseluruhan tak akan jauh berbeda meski bobot bertambah dan rigiditas sasis berkurang drastis.

Sama seperti SF90 Stradale, Ferrari juga menawarkan paket Assetto Fiorano yang dapat memangkas bobot keseluruhan mobil ini hingga 21 kilogram dengan penggunaan material aluminium dan serat karbon yang lebih banyak.

Powertrain 100% Sama

Lebih jauh soal performa, tak ada perbedaan pada powertrain kedua mobil. Masih sama-sama menggunakan mesin V8 twin-turbocharged 4,0 liter (3.990 cc) dan 3 motor listrik (1 di transmisi, 2 di tiap roda depan) yang mampu menghasilkan tenaga 986 HP atau 1.000 PS dengan torsi mencapai 800 Nm.

>>> Berkolaborasi dengan Ferrari, Puma Luncurkan Sneaker Yang Terinspirasi Dari SF90 Stradale

Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi Magna dual-clutch 8-percepatan yang uniknya tidak memiliki gigi mundur. Yes, mobil hybrid ini mundur dengan menggunakan motor listriknya saja.

Gambar Mesin SF90 Spider

Dapur pacu tetap mengandalkan unit V8 twin-turbo + motor listrik

Bicara soal motor listrik, SF90 Stradale dan Spider merupakan Ferrari pertama yang memiliki mode full electric. Artinya, mobil ini bisa melaju hanya dengan motor listriknya hingga 12,9 kilometer sebelum baterai 7,9 kWh-nya harus kembali diisi.

Ferrari mengklaim bahwa SF90 Spider dapat berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam waktu 2,5 detik, sama seperti SF90 Stradale. Akselerasi 0 - 200 km/jam sedikit lebih lambat dibanding versi coupe dengan catatan waktu 7 detik. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal hingga 340 km/jam dan kami yakin akan sulit untuk dicapai di Indonesia.

Gambar Interior SF90 Spider

Tampilan interior SF90 Spider

Bagaimana dengan interiornya? Well, setidaknya 99% sama. Perbedaannya hanya terletak pada sirip yang bertugas untuk menghalau angin saat atap sedang dibuka.

Eurokars tidak membeberkan harga resmi dari mobil ini. Seperti biasa, mereka menyebut bahwa harga bergantung pada opsi yang dipilih oleh pembeli yang beruntung. Tetapi kami memprediksi dengan pajak dan lainnya, Ferrari SF90 Spider dibanderol mendekati Rp 20 miliar.

>>> Simak Harga dan Promo Mobil-mobil Baru di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top