Land Rover Defender SVR Diuji, Hasilkan Tenaga Lebih Dari 500 HP

06/01/2020

Mobil baru

3 menit

Sejak memperkenalkan generasi terbaru Land Rover Defender, varian performa SVR masuk agenda pengembangan. Baru-baru ini, spyshot Defender SVR beredar yang diklaim akan memakai mesin V8 Supercharge dengan tenaga lebih dari 500 HP.

Divisi Special Vehicle Operations (SVO) Land Rover sedang mendevelop varian tertinggi Land Rover Defender SVR, sosok SUV ikonik yang baru saja mendapat generasi terbaru tertangkap kamera sedang melakukan tes.

>>> Land Rover Defender hadir dengan fitur remote control, bagaimana lengkapnya?

Spyshot test mule Land Rover Defender SVR

Spyshot bagian belakang test mule Land Rover Defender SVR

Defender SVR masih menggunakan body Defender 110 standar saat test mule

Mengingat prototype ini merupakan unit test mule, maka kita tidak akan menemukan ubahan dari segi eksterior Defender 110 standar. Namun, jika dilihat lebih detail ada beberapa hal yang membedakan prototype yang akan diberi nama Defender SVR itu.

Makin sporty, terlihat lebih pendek

Dari prototype test mule itu, kita melihat beberapa detail penting seperti sistem pengereman baru dengan kaliper enam piston di depan, dan dua piston di belakang, selain itu dipakai juga sistem quad-knalpot menyembul dari bumper belakang.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Tampilan depan SUV performa tinggi Land Rover Defender SVR yang akan meluncur 2021

Tampilan belakang SUV performa Land Rover Defender SVR 2021

Tampilan eksterior Defender SVR yang akan dijual mulai akhir tahun depan

Namun jika mengacu gambar dari AutoExpress.uk, Land Rover Defender SVR mendapatkan makeover besar-besaran yang membuatnya makin kece. Mulai dari pelek baru berukuran 22 inci, fender yang dibuat lebih lebar, ubahan bumper depan dan belakang, sampai air intake yang dibuat lebih besar. Sepintas, kita juga melihat mobil ini jauh lebih rendah.

Model terakhir dengan mesin V8 5.0L

Namun, ubahan tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan yang ada di dalam kap mesin. Land Rover Defender SVR menggunakan mesin V8 5.0L Supercharger seperti Range Rover Sport SVR, dan Range Rover SVAutobiography. Di sisi lain, Defender SVR akan jadi model terakhir dengan mesin V8 Supercharged yang dibuat di pabrik Ford di Bridgend yang akan tutup akhir tahun ini. Untuk keluaran tenaga, diprediksi bisa di atas 500 HP.

>>> Jangan lewatkan berita paling update seputar mobil baru di sini

Sebagai gantinya, Jaguar Land Rover (JLR) akan menggunakan mesin V8 Twin-Turbo dari BMW, yang akan hadir dalam line-up JLR ke depannya, termasuk Range Rover, Range Rover Sport dan Jaguar F-Type. Sebagai catatan, mesin berkode N63 itu juga memiliki potensi tenaga lebih dari 500 HP dan dipakai di varian tertinggi BMW 5 Series dan 7 Series.

Spyshot Range Rover Sport 2022 yang diberitakan akan memakai mesin 4.4 L dari BMW

Range Rover Sport akan jadi salah satu line-up JLR pertama yang memakai mesin baru racikan BMW

Performa mesin V8 Supercharged yang akan dipakai Defender SVR itu juga diimbangi dengan platform baru Defender yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk untuk SUV Performa tinggi. Pun demikian, jati diri sebagai mobil off-road legendaris tersebut tidak akan luntur.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top