Lancia Stratos Jadi Supercar Modern? Mungkin Begini Tampilannya

13/10/2020

Mobil baru

4 menit

Lancia Stratos Jadi Supercar Modern? Mungkin Begini Tampilannya
Ingat Lancia Stratos? Mobil WRC yang cukup dominan di tahun 1970an itu dihidupkan kembali ke dalam sebuah rendering supercar modern, bagaimana hasil jadinya?

Selama 114 tahun berdiri, Lancia memiliki banyak sekali line-up ikonik dan sangat berpengaruh. Namun jika boleh memilih, Lancia Stratos jadi mobil paling menonjol dari semua line-up legendaris Lancia. Tentu ada alasan yang mendasarinya.

>>> Lakoni balapan ke-1000, Scuderia Ferrari tampil beda

Pondasi kesuksesan Lancia di WRC

Yang pertama, mobil buatan Marcelo Gandini itu benar-benar melenceng dari pakem desain Lancia kala. Selain itu, Stratos juga menandakan comeback Bertone dengan Lancia, di mana keduanya sempat berkolaborasi antara tahun 1920-1940 an.

Rendering Lancia Concept L

Stratos menjadi leluhur dari line-up mobil reli Lancia yang sangat mendominasi

Lancia Stratos juga menjadi bagian penting dalam sejarah Lancia di balap reli, di mana mobil ini meraih gelar kejuaraan reli dunia tahun 1974-1976, dan jadi pelopor bagi generasi selanjutnya seperti 037 dan Delta yang mendominasi WRC di tahun 1980 sampai 90an awal.

>>> WRC 9 dirilis, game khusus penggemar reli dengan detail seperti nyata

Tribute 50 tahun Stratos Zero

Well, itu semua kini sudah menjadi sejarah. Saat ini, Lancia cuma memiliki satu model di line-upnya, mobil mungil Ypsilon. Memang sih, ada rumah modifikasi yang coba membuat replika Stratos, salah satunya Manifattura Automobili Torino (MAT) dengan basis Ferrari F430, tapi itu tidak ada hubungannya dengan Lancia.

Sebenarnya tidak sedikit penggemar yang membayangkan bagaimana tampilan Stratos sebagai sportscar modern, dan seorang desainer grafis Guilherme Araujo salah satunya. Araujo menuangkan visinya melalui sebuah rendering Lancia Stratos lewat karya yang diposting di Instagramnya.

Rendering Lancia L Concept

Araujo memadukan desain khas Stratos dengan detail kekinian

Diberi nama Lancia L Concept, ia mengambil referensi dari Mengambil referensi dari konsep Stratos Zero tahun 1970 dan Stratos HF satu tahun setelahnya.

Meski terlihat sangat unik dengan detail desain khas , rendering Lancia Stratos modern ini tetap mengombinasikan desain lancip khas Lancia Stratos dengan detail khas super car modern seperti lampu ful LED dan velg yang futuristis, dan menjadi tribute yang pas untuk perayaan 50 tahun Stratos Zero.

Apakah Lancia berencana menghidupkan kembali sportscar ikoniknya? Well, sepertinya tidak, namun mobil ini telah menjadi bagian sejarah Lancia, dan salah satu mobil yang cukup langka karena hanya diproduksi 492 unit saja.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top