Lamborghini Urus ST-X Debut Akhir Tahun, Urus PHEV Juga Disiapkan

14/01/2020

Mobil baru

3 menit

Lamborghini Urus ST-X Debut Akhir Tahun, Urus PHEV Juga Disiapkan
Setelah hampir dua tahun sejak kemunculan pertamanya, akhirnya Lamborghini buka suara terkait peluncuran SUV balap Lamborghini Urus ST-X Concept yang akan melakukan debut resminya pada ajang Lamborghini Super Trofeo.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 sebagai konsep yang difokuskan untuk balap, Lamborghini Urus ST-X akan memulai debutnya pada tahun 2021 sebagai super SUV pertama di dunia balap.

>>> Sebelum lihat versi balapnya, simak impresi Lamborghini Urus di sini

Awalnya, Urus ST-X akan melakoni debut kompetitifnya pada 2020. Namun menurut laporan terbaru dari Autoblog, Maurizio Reggiani selaku Head R&D Departement Lamborghini mengatakan bahwa Urus balap tersebut akan muncul untuk pertama kalinya pada Lamborghini Super Trofeo World Final pada 31 Oktober 2020 di Sirkuit Misano, Italia. “Nantinya, akan ada balapan demo di mana kami akan memamerkan formatnya,” ujar Reggiani.

Konsep SUV balap Lamborghini Urus ST-X

Kehadiran model ini juga akan menambah daftar balapan one make race Lamborghini

>>> Temukan mobil pilihan Anda di sini

Secara teknis, Lamborghini Urus ST-X mempertahankan mesin V8 twin-turbo 4.0 Liter dari Urus versi jalanan yang menghasilkan 650 HP dan 850 Nm. Namun sebagai mobil balap tentu bobot mobil dipangkas dengan pelepasan beberapa bagian interior yang tidak diperlukan, alhasil mobil ini lebih ringan 550 kg dari Urus normal dengan 1.650 kg.

Mesin V8 4.0 Liter twin-turbo yang digunakan Lamborghini Urus

Mesin Lamborghini Urus balap akan sama seperti Urus versi jalanan

Selain Urus ST-X, yang serta merta akan menambah daftar balap one make race Lamborghini, Autoblog juga menambahkan pabrikan Italia itu akan melakukan ekspansi line-up Urus dengan menghadirkan varian PHEV dari SUV super itu. Hal ini didukung platform Urus yang telah siap untuk elektrifikasi dengan hadirnya varian hybrid Porsche Cayenne dan Bentley Bentayga, seakan mengisyaratkan bahwa Lamborghini Urus telah siap menuju elektrifikasi.

Porsche Cayenne e-Hybrid 2019, yang memakai platform sama seperti Lamborghini Urus

Memakai platform sama seperti Porsche Cayenne, Urus sepertinya akan mendapat platform hybrid juga

>>> Berita mobil baru lainnya bisa dilihat di sini

Namun, pabrikan asal Sant’Agata Bolognese, Italia itu masih harus memutar otak sebelum menjual Urus PHEV. Tentu, dengan SUV lain dari VW Group mendapatkan varian hybrid, Lamborghini Urus PHEV tentu harus memiliki ciri khas yang membuatnya unik dan berbeda.

“Hal paling penting adalah menentukan dengan cara apa Lamborghini harus memakai energi elektrik, dan bagaimana kami bisa berbeda dari mobil lain yang memakai platform ini,” tukas Reggiani kepada Autoblog.

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top