Lamborghini SC20, Saat Aventador Disulap Jadi Speedster Super Ekslusif

18/12/2020

Mobil baru

3 menit

Lamborghini SC20, Saat Aventador Disulap Jadi Speedster Super Ekslusif
Lamborghini Aventador merupakan salah satu hypercar dengan model turunan yang paling banyak selama 9 tahun terakhir. Yang terbaru, Squadra Corse membantun SC20 Speedster dari mobil tersebut.

Sejak diperkenalkan tahun 2011, Lamborghini Aventador memiliki banyak sekali model turunan. Dimulai dari convertible Aventador J tahun 2011 sampai hypercar hybrid Sian FKP37.

Sembilan tahun berselang, Lamborghini memperkenalkan SC20 Speedster yang mengadopsi aura Aventador J dengan konsep yang lebih ekstrim. Sebuah roadster atap terbuka seperti McLaren Elva atau Aston Martin V12 Speedster.

>>> Lamborghini Aventador Hybrid Disiapkan untuk Tahun Depan?

Dibangun Squadra Corse, mobil road legal

Dibuat oleh divisi balap Lambo, Squadra Corse, Lamborghini SC20 Speedster dibuat sebagai mobil road legal, berbeda dari SCV12 yang rilis beberapa bulan lalu sebagai mobil khusus trackday. Bisa dibilang, SC20 Speedster merupakan suksesor SC18 Alston, yang merupakan model pertama dari Squadra Corse yang dibangun untuk keperluan di luar balap.

Lamborghini SC20 Speedster

Tampilan belakang Lamborghini SC20 Speedster

SC20 Speedster dibuat sebagai mobil road legal

Sama seperti SC18 Alston, Lamborghini SC20 Speedster menggunakan mesin V12 6.5L yang menghasilkan tenaga 770 HP dan torsi 720 Nm. Angka ini setara dengan SVJ, yang merupakan varian hardcore dari line-up Aventador.

>>> Lamborghini dan Bugatti Coba Pertahankan Mesin Pembakaran Dalam

Hanya dibuat satu unit saja

Sebagai mobil yang dibangun Squadra Corse, SC20 Speedster memiliki styling yang lebih agresif dibandingkan Aventador J. Mengambil inspirasi tambahan dari Diablo VT Roadster, Veneno Roadster, dan Concept S, detail aero mobil terlihat sangat agresif sehingga menguatkan kesan mobil balap pada speedster satu ini.

Detail lain yang cukup menarik adalah lampu belakang yang mengadopsi model kepunyaan Sian FKP37, dan perpaduan warna custom Bianco Fu dengan aksen Cepheus Blue.

Kabin Lamborghini SC20 Speedster

Interior SC20 Speedster yang didominasi penggunaan carbon fiber serta material kulit dan alcantara

Sementara itu di dalam kabin mobil tanpa atap dan kaca depan ini memakai material carbon fiber dengan kisi-kisi ac dibuat dengan metode 3D printing, serta door handle dibuat dari alumunium solid. Kursinya sendiri dibuat dari carbon fiber dan dibalut kulit dan alcantara.

Lamborghini SC20 Speedster hanya dibuat satu unit, dan tidak diketahu berapa harga yang ditagihkan Lambo ke pemilik mobil keren ini. Yang jelas sih jauh lebih mahal dari Aventador SVJ Roadster, yang dibanderol $573.966 (setara Rp 8,1 miliar).

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top