Lamborghini Bergelora, Kenalkan One-Off SC18 dan Lamborghini Urus untuk Balapan

22/11/2018

Mobil baru
Share this post:
Lamborghini sedang melaju dalam kecepatan penuh akhir-akhir ini. Bukan hanya di trek balap, tetapi juga dalam hal inovasi dan produksi. Mulai dari Lamborghini Urus ST-X dengan kecepatan tertinggi 305 km/jam hingga one-off Lamborghini SC18.

Stok kendaraan Lamborghini semakin bersemangat dengan kehadiran beberapa model baru. Setelah konsep Lamborghini Urus ST-X, Lamborghini SC18 adalah supercar edisi terbatas yang dirancang oleh departemen motor sport Lambo Squadra Corse dengan menampilkan peningkatan aerodinamis dari mobil balap.

Gambar tampilan depan Lamborghini SC18

Tampilan sangat dari one-off Lamborghini SC18

SC18 didasarkan pada Lamborghini Aventador dan dirancang untuk digunakan pada trek balap. Sayap belakang serat karbon besar memiliki tiga penyesuaian mekanis, memungkinkan pengaturan aerodinamis untuk disesuaikan dengan sirkuit yang berbeda, menurut Lamborghini. Lebih banyak lubang yang dilubangi pada bagian belakang bodywork untuk masukan udara pendingin tambahan ke mesin.

>>> CEO Nissan Diambang Pemecatan Setelah Dugaan Penggelapan Uang Perusahaan

Mesin itu adalah V12 6.5 liter yang sama dengan yang digunakan pada Lamborghini Aventador SVJ, versi Aventador yang paling canggih. Dalam SC18, V12 menghasilkan 759 daya kuda dan 720 Nm torsi yang sama dengan SVJ. Dikirim ke empat roda melalui transmisi otomatis tujuh percepatan, SC18 memiliki sistem telemetri onboard untuk mencatat kinerja dari sesi trek. Membantu tim balap untuk meningkatkan mobil dan kemampuan mengemudi.

Gambar bagian belakang Lamborghini SC18

SC18 mendapatkan sayap belakang yang bisa diatur

Lamborghini juga mengklaim telah mengurangi berat badan melalui penggunaan bahan ringan. SC18 juga lebih rendah ke tanah daripada Aventador, hanya di bawah 109 milimeter di atas jalan. Roda 20 inci di depan dan 21 inci di belakang dipasangi ban Pirelli P Zero Corsa yang dikembangkan khusus untuk SC18.

SC18 dibuat khusus atas permintaan pelanggan Lamborghini. Tetapi belum jelas apakah Lambo akan menelurkan salinan-salinan lain untuk mobil ini. Selain SC18, Squadra Corse juga baru mengubah SUV Urus menjadi mobil konsep siap balap yang disebut ST-X

>>> Dapatkan berita mobil baru terlengkap lainnya hanya di sini

Urus dijadikan SUV untuk trek

Lamborghini Urus ST-X merupakan sebuah konsep dari SUV Lambo yang didedikasikan untuk pertunjukan di trek balap. Untuk membuat Urus lebih cepat, Squadra Corse tidak benar-benar meningkatkan kekuatan mesinnya. Sebaliknya, mereka memilih untuk menurunkan bobot supercar SUV ini.

Gambar Lamborghini Urus ST-X berwarna hijau sedang diparkir di jalan

Lamborghini Urus ST-X mendapatkan diet pengurangan bobot

Dan lebih lagi, ‘diet’ yang dilakukan sangat ketat. Urus ST-X yang serba baru adalah 25 persen lebih ringan dari model produksi. Hal ini berarti mesin V8 twin-turbo yang sama masih menghasilkan tenaga 650 daya kuda dengan 850 Nm torsi puncak akan membawa Urus jauh lebih cepat dari sebelumnya.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Intip di Cintamobil.com

Lalu ada modifikasi spesifik lainnya. Misalnya Urus ST-X hadir dengan kap berbahan serat karbon dengan ventilasi yang lebih besar untuk asupan udara yang lebih banyak. Sayap belakang yang lebih besar ditambahkan dengan knalpot racing ramping berdesain heksagonal yang baru. SUV super ini sekarang menggunakan pelek 21 inci single-nut alloy aluminium dengan ban Pirelli.

Gambar tampilan belakang Lamborghini Urus ST-X berwarna hijau

Dengan perubahan bobot, mesin yang sama mempercepat laju kendaraan

Mekanika canggih untuk kinerja di jalur trek termasuk elemen keamanan berlisensi FIA seperti rollcage baru baru, sistem pemadam kebakaran serta tanki FT3. Lamborghini berencana untuk memulai debut konsep Urus ST-X pada tahun 2020 di Eropa dan TImur Tengah, untuk kejuaraan singe-brand, campuran antara balapan di lintasan dan off-road.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top