Ini Konsep X Prologue, Mobil Listrik Massal Pertama dari Toyota

12/03/2021

Mobil baru

2 menit

Siap fokus ke era elektrifikasi, Toyota menggoda tampilan mobil listrik massal pertama bernama X Prologue yang dipersiapkan untuk rilis 17 Maret mendatang.

Sebagai pabrikan paling produktif di dunia tahun lalu, Toyota bisa dibilang masih tertinggal dalam hal elektrifikasi dibandingkan pesaingnya. Tapi tahun ini, Toyota siap mengungkapkan mobil listrik produksi massal pertama mereka dengan memperkenalkan Toyota X Prologue pada tanggal 17 Maret.

Mobil listrik massal pertama Toyota

Toyota X Prologue akan menjadi konsep mobil listrik pertama Toyota yang dirilis di luar China. Sebelumnya Toyota memperkenalkan RAV4 EV, mobil listrik yang hanya dipasarkan untuk Negeri Tirai Bambu tersebut. Dengan dimensi lebih kecil dari RAV4 EV, peluncurannya meredam spekulasi bahwa X Prologue hanya sekadar studi desain dan desain.

Sebuah gambar teaser menunjukkan tampilan Daytime Running Light (DRL) berbentuk busur yang menyala serta headlamp LED bertumpuk. Terlihat lipatan di sepanjang fasia depan yang memberikan aura tegas pada SUV listrik Toyota ini.

 platform mobil listrik Toyota E-TNGA
X Prologue akan menggunakan platform E-TNGA milik Toyota

>>> Perbedaan Toyota Raize dan Perodua Ativa, Kembarannya di Malaysia

Tak banyak informasi, tapi X Prologue diprediksi menjadi crossover bertenaga listrik pertama yang menggunakan platform E-TNGA. Platform yang dikembangkan bersama dengan Subaru ini direncanakan mencakup model SUV kompak, menengah, versi sedan hingga minivan. Arsitektur baru tersedia dalam varian penggerak roda depan, belakang, dan semua roda. Bahkan mampu menawarkan tata letak motor listrik di depan, belakang, atau keduanya.

Meski belum dikonfirmasi, SUV listrik Toyota akan menggunakan nama model BZ ketika diproduksi nantinya. Sebelumnya, Toyota kedapatan mematenkan nama BZ1 hingga BZ2 di Jepang. BZ sendiri disebut merupakan akronim dari “Beyond Zero”.

>>> Diskon PPnBM Bikin Penjualan Toyota Vios Ngegas, Seminggu Tembus 200 Unit!

Siap kembangkan kendaraan listrik

“Kami terus menjadi pemimpin dalam elektrifikasi yang dimulai dengan perintis pengenalan Prius hampir 25 tahun lalu,” kata Bob Carter, Wakil Presiden Eksekutif Penjualan Toyota Amerika Utara dilansir dari The Verge. “Penawaran produk listrik baru Toyota akan memberi pelanggan banyak pilihan powertrain yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.”

pilihan mobil listrik Toyota RAV4
Toyota RAV4 EV sempat dipasarkan hingga 2014

Toyota adalah salah satu perintis serta pabrikan yang pertama kali mempopulerkan kendaraan hybrid. Pengembangan mobil hybrid yang mengandalkan motor listrik bertujuan untuk meningkatkan penghematan bahan bakar. Tapi Toyota menolak berinvestasi pada kendaraan listrik di luar China setelah mengembangkan RAV4 EV yang hanya terjual beberapa ribu unit saja.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil Toyota baru dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top