Mercedes-Benz Ungkap Mobil Paling Irit Lewat Konsep Vision EQXX

04/01/2022

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Calon mobil listrik paling irit Mercedes-Benz Vision EQXX akhirnya diperkenalkan ke publik dengan jangkauan daya tempuh Jakarta – Surabaya sekali pengecasan.

Setelah menunggu lama, Mercedes-Benz akhirnya memperkenalkan mobil listrik paling irit yang masih dalam tahap pengembangan. Dikenal dengan nama Mercedes-Benz Vision EQXX, semua teknologinya menghadirkan efisiensi dan beragam teknologi futuristik.

Desain sleek dan kompak

Dari luar, mobil ini terasa seperti sports car dengan tampilan yang sleek yang mengesankan. Dimensinya pun terasa kompak, dengan panjang hanya 4,6 meter dan wheelbase tercatat 2,8 meter. Bandingkan dengan Mercedes-Benz C-Class terbaru yang memiliki panjang 4,7 meter dan wheelbase 2,8 meter.

Untuk memaksimalkan kapasitas pengendaraan dan daya tempuhnya, EQXX juga dibuat cukup ringan menurut standar mobil listrik biasa. Memiliki bobot 1.750 kilogram, hanya sedikit lebih berat dibandingkan sedan Mercedes-Benz C300 2022 yang berbobot 1.675 kilogram.

koefisien drag konsep mobil listrik Vision EQXX
Tampilannya dibuat sleek dengan koefisien drag hanya 0.18

Aerodinamika berkendara pun diperhatikan untuk meningkatkan efisiensi. Bodinya dibuat sleek dan mengalir dari atap ke ekor. Vision EQXX mengandalkan koefisien drag yang sangat rendah, hanya 0.18. Bandingkan dengan koefisien drag mobil balap Formula 1 yang berada di kisaran 0.7 hingga dan 1.1.

Ada banyak teknologi untuk membuatnya semakin irit, yaitu kombinasi tirai udara di bumper depan dan penutup roda untuk mengalirkan angin. Ada pula jendela pending aktif di grille depan yang terbuka secara otomatis. Serta diffuser belakang menyebar pada kecepatan tinggi. Termasuk ban ultra low-rolling-resistance hasil kolaborasi dengan Bridgestone.

>>> Mobil Listrik Terlaris Eropa 2021 Ternyata Dijual Juga di Indonesia

Teknologi baterai yang efisien

Vision EQXX memberikan daya tempuh lebih dari 1.000 kilometer dengan sekali pengisian daya. Cukup untuk membawa Anda berkendara dari Jakarta ke Surabaya dan masih tersisa 200 kilometer. Mercedes sendiri menyebutkan bahwa pengendara di Amerika rata-rata hanya perlu mengisi daya mobil ini dua kali sebulan.

konsep mobil listrik Mercedes-Benz Vision EQXX
Daya tempuhnya tercatat lebih dari 1.000 kilometer

Tanpa mengungkapkan kapasitas baterai EQXX, Mercedes mengatakan bahwa angkanya berada di bawah 100 kWh. Tapi baterai yang digunakan memiliki volume 50% lebih kompak dan 30% lebih ringan dibandingkan yang ditemukan pada Mercedes-Benz EQS. Memiliki bobot kurang dari 500 kilogram dengan tegangan sistem maksimum 900 volt.

Tenaga dari motor listrik mampu menghasilkan tenaga hingga 201 hp. Baterai lithium-iron-phosphate yang terpisah menyimpan energi, mampu menawarkan jarak tambahan sejauh 25 kilometer. Ada panel surya dengan 117 sel di atap yang memberi daya pada sistem kelistrikan kendaraan. Seperti blower untuk sistem HVAC, lampu, dan sistem infotainment.

>>> Mobil Listrik EQXX EV Siap Debut, Jangkau Jakarta - Bali Sekali Cas

Futuristik di dalam

Mercedes tak ketinggalan membawa kesan modern di dalam kabin. Ada layar mulus membentang sepanjang 12 meter dari sisi ke sisi dashboard. Menawarkan resolusi 8K dan menjalankan sistem navigasi dengan grafis 3D yang dapat menggambarkan kota dari tampilan satelit hingga ketinggian 33 kaki, atau 10 meter.

interior Mercedes-Benz Vision EQXX berwarna putih
Bagian dalam Vision EQXX menawarkan kesan futuristik

Kabin juga menggunakan bahan didaur ulang. Termasuk pelapis fabric yang menggunakan serat seperti sutra Bisteel, kulit vegan yang dibuat dari jamur, bahan kulit yang diambil dari serat kaktus yang dihaluskan, serta karpet berbahan dasar bambu.

Sayangnya Mercedes belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai informasi teknologi maupun spesifikasi mobil ini. Begitu pula dengan kapan mobil versi produksi dengan konsep Mercedes-Benz Vision EQXX dirilis ke publik.

>>> Dapatkan informasi harga mobil Mercedes-Benz terbaru hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top