Konsep Lotus E-R9, Reinkarnasi Futuristik Penguasa Le Mans 24 Jam

17/02/2021

Mobil baru

2 menit

Konsep Lotus E-R9, Reinkarnasi Futuristik Penguasa Le Mans 24 Jam
Menghormati model pertama mereka yang berkarya di uji ketahanan Le Mans 24 Jam 1955, konsep Lotus E-R9 diperkenalkan dengan tampilan dan teknologi futuristik.

Sebagai salah satu pabrikan pemenang Le Mans 24 Jam, Lotus mengembangkan mobil balap baru khusus untuk balapan uji ketahanan tersebut. Konsep futuristik ini dikembangkan oleh Richard Hill, Kepala Aerodinamika Lotus. Hill bekerja dengan timnya dibantu oleh Louis Kerr, insinyur platform dari hypercar listrik Lotus Evija yang diperkenalkan 2019 silam.

Body bergaya jet

Lupakan model Le Mans yang Anda temukan hari ini. Lotus E-R9 yang baru haris dengan kanopi bergaya jet tempur yang dipasang pada tubuh bagian atas. Tampilannya yang menawan bukan hanya untuk hiasan. Menampilkan banyak inovasi aerodinamis, termasuk yang disebut oleh Lotus sebagai panel bodi “morphing” dan permukaan dengan kontrol yang dipasang secara vertikal.

konsep Lotus E-R9 untuk Le Mans 24 Jam
Ada panel bodi “morphing” dan bodi kontrol vertikal di belakang

Panel bodi “morphing” terletak di seberang profil delta-wing yang bisa berubah bentuk mengikuti aliran udara hanya dengan menekan sebuah tombol atau secara otomatis melalui input sensor performa mobil ini. Lotus menyebutkan panel ini bisa memberikan hambatan minimum ke arah bawah serta downforce maksimal pada saat menikung.

Kontrol permukaan vertikal di bagian belakang Lotus E-R9 ada untuk membantu mobil ini lebih mudah berubah arah tanpa mengorbankan daya cengkram ban ke jalan. Hasilnya adalah mobil endurance yang “sebagian bergerak seperti mobil dan sebagian lagi terasa layaknya membawa jet tempur,” jelas Lotus dalam pernyataan resminya.

>>> Toyota Luncurkan Mobil Balap Hypercar GR010 Hybrid, Debut WEC 2021

Penghormatan mobil balap Lotus

Selain pengembangan bodi yang dilakukan secara digital, E-R9 dilengkapi dengan mesin bertenaga listrik yang canggih, memberikan daya ke semua roda secara independent dan menampilkan vektor torsi. “Sebelum 2030, kami akan memiliki baterai kimia sel campuran yang memberikan yang terbaik dari kedua dunia, serta kemampuan untuk 'mengganti baterai' selama pitstop,” ungkap Louis Kerr.

Lotus Mark IX mobil balap Le Mans 24 Jam
Nama E-R9 merupakan penghormatan pada Lotus Mark IX

Nama mobil ini juga diambil dari balap uji ketahanan. Akronim ER merupakan singkatan dari Endurance Racer, atau pembalap uji ketahanan. Sedangkan angka 9 merupakan penghormatan kepada mobil balap masa lalu Lotus, dan lebih khusus lagi kepada Lotus Mark IX, mobil balap pertama Lotus yang bersaing di Le Mans 24 Jam pada tahun 1955.

“Lotus E-R9 menggabungkan teknologi yang kami harapkan sepenuhnya untuk dikembangkan dan menawarkan kepraktisan,” jelas Richard Hill. “Lotus memiliki sejarah yang luar biasa dalam mengembangkan solusi unik, dan kami telah melakukannya berkali-kali dalam olahraga motor dan mobil jalan raya kami.”

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru lainnya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top