Komparasi BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05), Adu Kekuatan Dua SAV Besar BMW

19/10/2018

Mobil baru
Dirilisnya BMW X7 di kancah otomotif dunia, sontak menggeser posisi BMW X5 sebagai lini flagship BMW di keluarga BMW X Models. Adakah perbedaan signifikan di antara kedua varian ini? Berikut adalah informasi selengkapnya.

BMW X Models menjadi representasi BMW dalam menciptakan kendaraan tangguh dan aktif di segala medan, dan tetap mengedepankan karakter berkendara khas BMW. Keluarga BMW X Models sendiri diperkenalkan di kancah otomotif dengan BMW X5 sebagai flagship model, terhitung sejak debutnya di tahun 1999.

Menjelang dua dekade perjalanan BMW X Models, BMW akhirnya merilis BMW X7 yang diambil dari mobil konsep BMW Concept X7 iPerformance. Keberadaan BMW X7 sontak menggeser BMW X5 dari ‘singgasana’ lini flagship BMW X Models.

Kali ini Cintamobil.com akan membahas sekaligus melakukan komparasi virtual terhadap BMW X7 berkode bodi G07 dan BMW X5 berkode bodi G05. Adakah persamaan atau perbedaan di antara dua model SAV (Sport Activity Vehicle) dari BMW ini? Langsung saja ini dia ulasan selengkapnya.

Komparasi BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05): Eksterior Depan

gambar kombinasi dua mobil BMW sedang berkendara di jalan

Eksterior depan BMW X7 (atas) dan BMW X5 (Bawah)

Secara dimensi, BMW X7 (G07) memiliki postur bodi 5.151 mm x 2.000 mm x 1.805 mm (p x l x t) dengan wheelbase 3.105 mm. Sedangkan untuk BMW X5 (G05) dirancang lebih kompak dengan postur bodi 4 922 mm x 2.004 mm x 1.745 mm dan memiliki wheelbase 2.975 mm. Secara singkat, BMW X7 menonjolkan kesan megah dan elegan, sedangkan BMW X5 kini dikemas lebih sporty dan lebih tangguh dari pendahulu-penedahulunya.

Dari fascia depan, ada dua detil utama yang membedakan BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05). Ya, pada BMW X7 desain kidney grille dibuat lebih dominan dengan baluran aksen chrome dan dibuat menyatu dengan area headlight. BMW X5 generasi keempat, di sisi lain, mencoba pendekatan yang lebih sporty dengan kidney grille yang didesain memiliki sudut-sudut pipih, serta area headlight dibuat terpisah dari area grille depan.

>>> Review BMW X7 2019

Komparasi BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05): Eksterior Samping

gambar menunjukan dua mobil BMW sedang menginjak ke gunung

Tampak samping BMW X7 (atas) dan BMW X5 (Bawah)

Jika menilik pada area samping BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05), ada perbedaan ‘aliran’ yang coba disampaikan oleh para desainer BMW. Pada BMW X7 desain bodi samping dibuat dengan roofline tinggi hingga pilar D, sedangkan BMW X5 dibuat lebih agresif pada area roofline. Selain itu BMW juga memberikan garis bahu dan lengkungan fender lebih menonjol untuk BMW X5 (G05), sedangkan versi sebaliknya hadir di BMW X7 yang dominan menggunakan aksen chrome dan lekuk bodi yang jauh lebih smooth dan elegan.

>>> Profil All-New BMW X5 2018: BMW Embuskan Aura ‘Zaman Now’ Pada Sang Pionir SAV

Komparasi BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05): Eksterior Belakang

gambar menunjukan dua mobil BMW dilihat dari belakangnya

Tampak belakang BMW X7 (atas) dan BMW X5 (Bawah)

Eksterior belakang BMW X7 sekali lagi menunjukkan ‘kelasnya’ sebagai lini tertinggi di keluarga BMW X Models. Ya, tanpa perlu menggunakan lekuk desain yang agresif seperti BMW X5 (G05), BMW X7 (G07) sudah terlihat lebih menarik dengan desain taillight yang pipih dan terhubung oleh panel chrome yang memanjang dari sudut kiri hingga kanan pintu bagasi. Selain itu, di area bumper bawah BMW X7 sudah menggunakan underguard berkelir silver, dan BMW X5 menggunakan underguard hitam yang dikemas dengan lekukan bak diffuser.

>>> Komparasi BMW 3 Series (F30) dan All New BMW 3 Series (G20), Ini Dia Bedanya

Komparasi BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05): Interior

gambar menunjukan bagian dashbroad dalam dua mobil BMW

Desain dashboard & setir BMW X7 (atas) dan BMW X5 (Bawah)

Satu-satunya persamaan antara BMW X7 dan BMW X5 yang bisa dilihat secara kasat mata ialah betapa familiarnya desain dashboard dan setir yang digunakan pada kedua mobil ini. Baik dari pemilihan layout dashboard, penempatan tombol dan fitur berkendara yang terpusat di dekat tuas transmisi berbentuk kristal, hingga penempatan layar digital di instrument cluster dan sistem iDrive membuat mobil ini serasa tidak memiliki perbedaan sama sekali di area ini.

Barulah jika kita bicara mengenai area jok, terdapat perbedaan sangat signifikan antara BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05). Untuk material jok BMW X7 tersedia opsi material Merino Leather untuk trim Design Pure Excellence dan M Sport Leather untuk trim M Sport Package. Sedangkan untuk material jok BMW X5 menggunakan Vernascha Leather untuk trim xLine dan M Sport Leather untuk trim M Sport Package.

>>> Beragam komparasi terkini di Cintamobil.com bisa Anda baca di sini

gambar menunjukan bagian kursi dalam dua mobil BMW

Desain jok baris kedua BMW X7 (atas) dan BMW X5 (Bawah)

Selain dari pemilihan material leather, konfigurasi jok kedua mobil ini juga memiliki perbedaan signifikan. Pasalnya, BMW X5 hanya tersedia dalam format jok 2 baris dan BMW X7 tersedia dalam format 3 baris. Untuk jok baris kedua BMW X5 bisa ditempati hingga tiga penumpang dewasa, sedangkan BMW X7 pada jok baris kedua menggunakan konsep captain seat yang masing-masing bisa diatur secara elektrik.

>>> Untuk mengetahui harga mobil BMW terbaru, silahkan klik sini

Komparasi BMW X7 (G07) dan BMW X5 (G05): Mesin

gambar menunjukan bagian mesin dalam sebuah mobil BMW

BMW X7 dan BMW X5 sama-sama dibekali pilihan mesin bensin dan diesel

Baik BMW X7 dan BMW X5 sama-sama dibekali pilihan mesin bensin dan diesel dengan kapasitas silinder inline-6 dan V8. Namun untuk memudahkan komparasi kali ini, Cintamobil.com akan melakukan komparasi untuk BMW X7 xDrive40i dan BMW X7 xDrive40i yang diperkirakan menjadi lini yang tepat dihadirkan di Indonesia.

Kedua mobil tersebut sama-sama menggunakan mesin 3.0 liter inline-6 BMW TwinPower Turbo, yang siap memuntahkan seluruh tenaga dan torsi yang dihasilkan ke seluruh roda melalui transmisi 8-percepatan Steptronic dan sistem penggerak BMW xDrive All-Wheel Drive System.

Menariknya, ada persamaan dari sisi output tenaga yang dihasilkan dan ada perbedaan dari sisi torsi maksimal yang disajikan. Output tenaga BMW X7 xDrive40i dan BMW X5 xDrive40i sama-sama menghasilkan tenaga 340 dk pada putaran mesin 5.500 – 6.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal yang disajikan BMW X5 xDrive40i lebih unggul dengan 540 Nm pada 1500 - 5200 rpm, dan BMW X7 xDrive40i hanya berhasil menyajikan 450 Nm pada 1.500 – 5.200 rpm.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

 
back to top