Komparasi Beda Fortuner Legender Dengan Fotuner Facelift 'Biasa'

04/06/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Komparasi Beda Fortuner Legender Dengan Fotuner Facelift 'Biasa'
Toyota Fortuner memang baru saja meluncur di Thailand, namun ternyata ada dua tipe, berikut kami beberkan beda Fortuner Legender dengan Fotuner facelift 'Biasa'

Toyota Fortuner facelift memang baru saja meluncur di negeri Gajah Putih tersebut pagi ini, namun ternyata Fortuner yang meluncur ada dua tipe, yakni Legender dan Fortuner facelift biasa. Nah, agar pembaca setia Cintamobil.com tidak penasaran apa saja perbedaan dari dua varian Fortuner ini, maka berikut kami beberkan beda Fortuner Legender dengan Fotuner facelift 'Biasa'.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Fortuner biasa vs Fortuner Legender

Cukup banyak beda Fortuner Legender dengan Fortuner facelift 'biasa'

Dua Varian Menyasar Konsumen yang Lebih Luas

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Fortuner Facelift 2020

Fortuner facelift ditujukkan untuk keluarga rasional yang senang SUV hemat

Toyota Motor Thailand sebagai basis pengembangan Toyota Hilux dan Toyota Fortuner di Asia dengan jelas memberikan dua varian yang berbeda untuk Fortuner. Bentuk ganteng dari Toyota Fortuner generasi kedua yang meluncur sejak tahun 2016 tetap dipertahankan basisnya, hanya diberikan beberapa ubahan untuk menyegarkan tampilannya, seperti headlamp, stoplamp, pelek, hingga bumper depan baru yang desainnya lebih agresif.

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Fortuner Legender 2020

Fortuner Legender ditujukkan untuk pasar yang lebih luas lagi

Sementara untuk Toyota Fortuner Legender diproyeksikan sebagai sebuah model spesial dari Toyota Fortuner. Toyota Thailand menyebutnya spesial karena Fortuner Legender seakan merepresentasikan 'the ultimate leader'. Menurut Toyota Thailand, Fortuner Legender ini akan menjadi opsi yang menarik untuk para businessman di sana, dengan tampilan eksterior mobil yang total fresh mulai dari bagian depan, samping hingga belakang.

>>> Meluncur di Thailand, Yuk Simak Sejarah Singkat Toyota Fortuner

Interior Dan Fitur Berbeda Sedikit

Gambar menunjukkan layout dashboard Fortuner biasa dan Fortuner Legender

Interior secara umum tidak banyak perbedaan (atas Fortuner biasa bawah Fortuner Legender)

Masuk ke bagian interior sepintas seperti tidak ada perbedaan di antara kedua varian, desain dashboardnya juga masih sama dengan Fortuner sebelum facelift, padahal ada beberapa beda Fortuner Legender dengan Fortuner facelift 'biasa'. Diantaranya adalah layar touchscreennya. Meski keduanya sudah mendukung support Apple CarPlay tapi di Fortuner Legender ukuran layar lebih besar 1 inch dari Fortuner biasa, ditambah lagi ada opsi JBL Speaker System yang dilengkapi dengan 9 speaker.

Gambar menunjukkan head unit Fortuner facelift biasa vs Fortuner Legender

Head unit layar sentuh Fortuner Legender (bawah) ukurannya lebih besar 1 inch

Tidak sampai disitu saja, kursi dari Fortuner Legender dilengkapi dengan bahan kulit sintetis two tone. Belum lagi pada varian Legender terdapat wireless charger, lampu ambient light warna biru, latar panel meter baru, hingga kamera 360 yang dapat membantu pengemudi mengurangi minimnya visibilitas. Fitur-fitur premium tersebut tidak akan Anda temukan apabila Anda membeli Fortuner facelift biasa.

Mesin 1GD-FTV Makin Sangar

Foto mesin berkode 2GD-FTV Toyota Fortuner facelift biasa

Unit 2GD-FTV sama dengan Fortuner, Hilux, dan Innova diesel di Tanah Air

>>> Cari Toyota Fortuner bekas? Simak pilihannya di sini, banyak sekali lho

Beralih ke apa yang ada di balik kap mesin. Ini juga jadi beda Fortuner Legender dengan Fortuner Facelift. Jika di Toyota Fortuner facelift biasa hanya terdapat pilihan mesin tanpa busi 2.400 cc (baca: diesel) berkode 2GD-FTV. Maka pada Toyota Fortuner Legender hanya tersedia unit mesin diesel berkode 1GD-FTV dengan kapasitas silinder bersih 2.755 cc. Menariknya, mesin ini sudah disempurnakan dengan penyempurnaan balancer mesin, sehingga tujuan untuk lebih mereduksi suara dan getaran dapat tercapai.

Gambar menunjukkan mesin 1GD-FTV plus grafik torsi dan tenaga mesin tersebut

Mesin 1GD-FTV mendapat beragam penyempurnaan sehingga lebih besar tenaga dan torsinya

Penyempurnaan tersebut dilakukan ditambah sedikit tuning pada mesin dieselnya. Alhasil unit 4 silinder 2.800 cc ini dapat menghasilkan tenaga dan torsi mesin terkerek naik. Yakni tenaganya menjadi 204 ps atau sekitar 202,5 hp (naik 25,5 hp dari model lama) dan torsi flat 500 nm (naik 50 nm dari model sebelumnya) yang sudah dapat dirasakan sejak putaran mesin 1.600 rpm hingga 2.800 rpm. Apalagi putaran mesin idle (stasioner)-nya juga turun dari 850 rpm ke 650 rpm membuatnya lebih smooth ketika dibawa off-road.

Gambar menunjukkan figur tenaga dan torsi mesin 1GD-FTV Toyota Fortuner Legender

Selain mesin lebih kencang, fitur Toyota Safety Sense juga hanya tersedia di Fortuner Legender

Jadi itulah beberapa perbedaan antara Fortuner Legender dengan Fortuner biasa. Apalagi jika menyinggung harga setelah kami konversi dari Bath ke Rupiah, Fortuner facelift biasa dijual dengan rentang harga Rp586,2 jutaan hingga Rp664 jutaan, sementara Fortuner Legender dijual mulai Rp701,6 jutaan hingga Rp826,2 jutaan. Jadi, setelah Anda pembaca Cintamobil.com ini tahu beda Fortuner Legender dengan Fortuner Facelift biasa, Anda mau beli yang mana andai PT Toyota Astra Motor menjualnya dalam waktu dekat?

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top