Kolaborasi Geely dan Mercy Lahirkan Smart #1 Concept

06/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Pabrikan mobil kompak, Smart memperkenalkan mobil listrik konsep terbaru mereka, Smart Concept #1. Crossover ini siap diproduksi dan akan dipasarkan tahun 2022.

Pada ajang Frankfurt Motor Show tahun 2005, Smart mulai bermain dengan ide meluncurkan Crossover dengan memperkenalkan Formore Concept. Sayangnya, SUV mungil yang berhubungan erat dengan Mercedes-Benz GLK Class tersebut tak pernah sampai ke tahap produksi.

Penyebabnya tak lain adalah kesulitan finansial yang dialami oleh DaimlerChrysler yang sudah tidak beroperasi. Kembali ke tahun 2021, konsep dari Smart itu dibangkitkan kembali dengan nama Concept #1.

Gambar Smart Formore Concept

Formore Concept yang pernah dipamerkan di tahun 2005

"Kami merayakan batu peringatan dari pencapaian baru dengan Smart Concept #1 mobil generasi baru Smart," ujar Daniel Lescow, Vice President Global Sales Smart.

>>> Brabus Smart Fortwo EQ, Ketika Mobil Listrik Mungil Berubah Agresif

Akan Jadi SUV Pertama Smart

Sebelumnya, merek ini dikenal dengan mobil-mobil mungil seperti Fortwo dan Forfour, dan Concept #1 akan menjadi mobil SUV pertama Smart dengan powertrain motor listrik.

Concept #1 memiliki panjang 4.290 mm, lebar, 1.910 mm, tinggi 1.698 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Secara dimensi, mobil ini akan bersaing dengan Crossover kompak lain seperti Mini Countryman.

Gambar Smart Concept #1

Punya dimensi yang mirip dengan Mini Countryman

Mobil ini dikembangkan sebagai mobil listrik tanpa opsi mesin bensin. Concept #1 akan mengakomodasi kursi belakang ketiga pada versi produksi massalnya. Hal itu menandakan niat Smart untuk beralih dari merek mobil yang memiliki spesialisasi menjual mobil mungil ke mobil 'normal'.

Smart masih belum membeberkan detail spesifikasi teknis lainnya selain dimensi dan konfigurasi kursi. Tetapi, suicide doors yang cukup akrab dengan Rolls-Royce membuat mobil ini cukup menarik.

>>> Daimler Berencana Jual Pabrik Perakitan Smart di Prancis

Smart Concept #1 menggunakan velg 21 inci yang besar dan dilengkapi lampu LED pada bagian depan dan belakang. Mobil ini terlihat sangat berbeda dibanding jajaran produk Smart sebelumnya.

Gambar Interior Smart Concept #1

Tampilan interior Concept #1

Hal tersebut terlihat signifikan pada interior, di mana kabin minimalis didominasi layar sentuh berukuran 12,8 inci. Nuansa keemasan pada dasbor dan konsol tengah membuat kabin mobil ini kian elegan. Greenhouse yang berpadu dengan atap panoramic menciptakan kesan ekspansif dari dalam interior Concept #1.

Penggunaan sistem audio dari Beats by Dre semakin mempertegas pangsa pasar yang dituju oleh mobil ini adalah anak-anak muda.

Dikembangkan Dari Platform Geely

Sebagai informasi, anak perusahaan Mercedes-Benz ini sekarang menjadi perusahaan patungan 50:50 antara Daimler dan Geely. Mobil ini didesain oleh Daimler, namun akan dikembangkan di atas platform Sustainable Experience Architecture (SEA) besutan Geely Automobile Group.

Secara platform, versi produksi SUV listrik ini akan bersaudara dekat dengan Zeekr 001 dan Volvo XC20 ketimbang Mercedes-Benz EQ Series.

>>> Geely dan Renault 'Duet', Fokus Garap Mobil Hybrid

Gambar Smart Concept #1

Dibangun di atas platform Geely

Mobil ini dijanjikan mengusung teknologi pengisian cepat dan pembaruan over-the-air. Ke depannya, #1 versi produksi juga akan ditawarkan dengan opsi model jarak jauh dan sistem infotainment generasi berikutnya.

Diproduksi di Tiongkok, crossover listrik siap produksi ini diharapkan mulai dijual secara lokal pada tahun 2022. Kami masih belum mendapatkan informasi mengenai di mana mobil ini di pasarkan selain di Eropa dan Tiongkok.

>>> Harga mobil Mercedes-Benz terbaru dan promo menarik ada di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top