Kia Sorento Bertenaga Hybrid Siap Meluncur, Santa Fe Selanjutnya?

07/01/2020

Mobil baru

2 menit

Kia Sorento Bertenaga Hybrid Siap Meluncur, Santa Fe Selanjutnya?
Diprediksi akan diluncurkan pertengahan tahun ini, Kia Sorento bertenaga hybrid akan menjadi SUV menengah pertama Kia yang menggunakan tenaga baterai.

Seperti pabrikan lainnya, Kia pun menancapkan kukunya untuk kendaraan bertenaga listrik. Mulai dari hibrida dan model hibrida plug-in. Dan yang terbaru, Kia Sorento bertenaga hybrid akan melengkapi formasi kendaraan listrik Kia, sebagaimana diungkapkan oleh Chief Operating Officer Kia Eropa, Emilio Herrea.

Generasi terbaru dari Kia Sorento yang diprediksi meluncur pada 2021 akan hadir dengan tenaga hibrida, serta opsi mesin hibrida plug-in. Berbicara dengan Automotive New Europe, Emilio menegaskan bahwa ketersediaan powertrain hibrida merupakan respons terhadap aturan emisi yang lebih ketat, khususnya di Eropa.

mobil baru Kia Sorento 2020 berwarna cokelat 
Prediksi tampilan Kia Sorento yang akan diperkenalkan

Namun Emilio masih belum menjelaskan secara detail tentang sistem hibrida yang digunakan Sorento nantinya. Tapi kehadiran Kia Sorento bertenaga hybrid menjadikannya SUV menengah pertama Kia dengan tenaga baterai. Kia sendiri masih menyediakan opsi mesin dan diesel untuk Sorento.

>>> Siap Masuk Indonesia, Sistem Keselamatan Kia Seltos Toreh Bintang 5

Laporan Motor1 sebelumnya menunjukkan bagaimana Sorento sedang melakukan uji jalan di sirkuit Nurbugring yang terkenal. Berbagai foto spy-shot mengungkapkan perubahan di kedua ujungnya, termasuk grille yang lebih kecil dengan lampu depan yang lebih sempit. Sistem infotainment dan teknologi diprediksi mendapatkan peningkatan, termasuk teknologi keselamatan aktifnya.

Kia Sorento berbalut kamuflase berwarna putih dan hitam 
Kia sorento kedapatan sedang melakukan uji jalan di Sirkuit Nurbugring

Selain tenaga hybrid, Sorento akan menggunakan mesin bensin empat silinder dibandingkan mesin V-6 untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Elektrifikasi Sorento pun akan menjadi pengembangan terbaru Kia yang akan berbagi platform dengan Genesis.

>>> Ingin membeli mobil Hyundai? Dapatkan daftarnya di sini

Hyundai Santa Fe selanjutnya?

Hyundai dan Kia sedang melakukan elektrifikasi dengan rencana 13 model hibrida, enam plug-in hibrida, 23 mobil listrik, serta dua kendaraan bertenaga sel bahan bakar untuk dipasarkan pertengahan dekade ini. Platform baru yang didedikasikan untuk mobil listrik akan diresmikan pada 2024 ketika mobil non-emisi pertama kedua pabrikan ini meluncur di pasaran.

 mobil baru Hyundai Santa Fe berwarna biru
Hyundai Santa Fe diprediksi akan mendapatkan tenaga hibrida tahun ini

Sementara itu, tahun ini akan menjadi tahun yang penting dalam pengembangan SUV bertenaga hibrida dari Hyundai dan Kia. Selain Kia Sorento, Hyundai diprediksi akan memperkenalkan versi hibrida dan plug-in hibrida dari generasi terbaru Hyundai Santa Fe dan Hyundai Tucson.

Emilio juga mengungkapkan mobil konsep Kia Imagine bertenga listrik akan diproduksi tahun depan, Konsepnya merupaan crossover elektrik yang ternspirasi dari coupe serta interior yang dilengkapi 21 layar pada dashboard. Selain itu, Kia dilaporkan akan memiliki kendaraan bertenaga sel bahan bakar hydrogen yang akan dirilis akhir tahun 2020 atau awal tahun mendatang.

>>> Kumpulan berita otomotif lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top