KIA Sonet Sudah Cicipi Jalanan Indonesia

08/09/2020

Mobil baru

3 menit

KIA Sonet Sudah Cicipi Jalanan Indonesia
KIA Sonet memang sudah berkali-kali tertangkap kamera awak media di Indonesia sedang dites jalan, lantas sebenarnya komponen apa yang membutuhkan pengetesan?

KIA Sonet memang sudah berkali-kali tertangkap kamera awak media. Bukan hanya di media luar negeri seperti India yang juga menjadi basis produksi mobil KIA, tetapi gambar KIA Sonet juga 'tertangkap' sedang lakukan tes jalan di Indonesia. Lantas sebenarnya komponen apa saja yang membutuhkan pengetesan hingga membutuhkan road test yang lumayan lama?

Gambar Spyshoot KIA Sonet

Sonet sudah beberapa kali tertangkap kamera

>>> Mau beli mobil KIA bekas? Klik di sini

Komponen yang Dites

Para tester dan engineer baik dari prinsipal maupun lainnya (independet professional test driver) yang melakukan road test mobil ini harus berjalan tak kenal waktu untuk mencapai target kilometer yang sudah ditentukan.

"Misalnya targetnya 30.000 kilometer. (Untuk mencapai) jarak yang ditentukan dalam singkat memang tidak mudah," tukas salah seorang narasumber teknik terpercaya kami yang mewanti-wanti agar namanya jangan ditulis di Cintamobil.com.

Gambar mesin KIA Sonet

Banyak parameter pengujian yang dilakukan di mesin serta kaki-kaki

Masih menurut pria yang juga ikut andil dalam berbagai project mobil baru di Indonesia ini, banyak parameter pengetesan yang diukur dalam uji coba jalan suatu mobil baru seperti Sonet ini.

"Noise, Vibration, and Harshness (NVH) itu pasti di ukur. Belum lagi oli mesin yang selalu di kontrol di laboratorium untuk kebutuhan pengetesan keausan parts," tambah pria ramah yang juga doyan jalan-jalan naik mobil ini.

KIA Sonet Dipastikan Dijual Indonesia

PT Kreta Indo Artha yang menaungi merek KIA di Indonesia saat ini pun tak menampik bahwa benar ada pengujian Sonet di Indonesia. Meski tak menyebutkan tanggal pasti, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha Ario Soerjo mengatakan potensi Sonet masuk ke Indonesia cukup besar lantaran sudah melakoni pengujian di jalanan Indonesia. 

"Semua model-model KIA sedang dipelajari terutama yang setir kanan. Sonet sudah diuji jalan di Indonesia, tapi itu dari pihak prinsipal langsung. Biasanya jika sudah diuji (sudah ada) sekitar 90 persen (kans) untuk masuk Indonesia. Kami berharap ini dapat terealisasi sehingga konsumen semakin banyak pilihan," papar Ario. 

Gambar KIA Sonet

Jika masuk Indonesia akan meramaikan kompetisi compact SUV

Ario juga menambahkan bahwa pengetesan Sonet melibatkan prinsipal KIA langsung dari Korea Selatan. Tentunya ini menjadi pertanda bahwa kans Sonet masuk Indonesia makin besar.

"Kia Sonet yang (dites) di sini itu dari prinsipal langsung dan kita tidak ikut, semua hasil tesnya langsung keliling pulau jawa. jadi sudah diuji jalan di Indonesia. Biasanya sih jika sudah diuji itu sekitar 90 persen pasti masuk Indonesia. Kami berharap ini dapat terealisasi sehingga konsumen semakin banyak pilihan," tutupnya.

Tags: Kia Sonet
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top