KIA Sonet 7-Seater Mengaspal di Indonesia, Harga Mulai Rp 199 Jutaan!

08/04/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
KIA Sonet 7-seater akhirnya untuk pertama kalinya mengaspal di Indonesia. Tentunya Sonet 7-Seater sudah siap untuk mengadang laju dari Toyota Rush Dkk.

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mengenalkan KIA Sonet 7-Seater. SUV terkecil dari KIA itu dikembangkan untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui mobil tujuh penumpang memang cukup favorit untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak heran kalau sederet pabrikan memutuskan untuk menyulap mobilnya agar bisa muat tujuh penumpang. 

>>> KIA Sonet Buka Kelas Baru Di Indonesia, Dibanderol Rp 200 Jutaan

Pertama di Dunia

Itulah yang dilakukan KIA pada Sonet 7-Seater. Bagi yang belum tahu, KIA Sonet lebih dulu mengaspal di Indonesia hanya berkapasitas lima penumpang sama dengan di India.

Gambar KIA Sonet

Sonet 5 seater

"Beberapa tahun lalu, tim KIA Global kembali memperhatikan pasar Indonesia. Dan kami mengamati bahwa model 7 setaer adalah kunci untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan di pasar, untuk memenuhi kebutuhan pasar. KIA bertekad mengembangkan SUV kompak berkapasitas 7 penumpang," ungkap Presiden & CEO of KIA Asia Pacific Tae Hun (Ted) Lee saat peluncuran virtual, Kamis (8/4/2021). 

Kapasitas penumpang bukan satu-satunya penyesuaian yang dilakukan KIA untuk Sonet di Indonesia. KIA Sonet di Indonesia menggunakan mesin baru 1.5L Gasoline Gamma II Smartstream Engine yang merupakan mesin khusus untuk Tanah Air. Pun demikian dengan Sonet 7-seater yang menggendong mesin 4 silinder 1493 cc bertenaga 115 PS serta torsi 144 Nm.

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear. 

>>> First Drive KIA Sonet Premiere 2021 iVT: Calon Terbaik di Kelasnya?

KIA Sonet 7-Seater Siap Bersaing dengan Toyota Rush Dkk

Sebagai SUV yang masuk dalam kategori terjangkau, Sonet 7-Seater telah dibekali  fitur keselamatan yang mumpuni, mulai dari Remote Start, Kursi Berventilasi, Wireless Charger, Sound system dari Bose, layar multimedia 10,25 inchi, Auto head-lamp 6 airbag, dan masih banyak lainnya. KIA Sonet 7 memiliki ukuran yang ideal untuk di perkotaan dan juga untuk menjalajah berbagai jalan dengan fitur Drive Mode dan pilihan Traction yang dimilikinya.

KIA Sonet

Dimensi tak berubah

"Saya yakin bahwa KIA akan dapat lebih memuaskan dan lebih menyenangkan untuk berbagai konsumen di Indonesia," ujar Ted. 

Selain fitur canggih tersebut, Sonet juga menjadi model pertama KIA yang menyematkan garansi  “7 year / 200.000km Warranty” pertama dan terbaik di Indonesia. 

KIA Sonet 7

Interior Sonet 7-Seater

Kehadiran KIA Sonet 7-seater tentunya menjadi angin segar bagi Anda yang tengah berburu mobil di segmen Low SUV. Lewat fitur dan pilihan mesin yang ditawarkan, tampaknya KIA Sonet berkapasitas tujuh penumpang ini sudah siap bersaing melawan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HR-V, hingga Honda BR-V. Pun demikian dengan harga, KIA membanderol Sonet 7 paling murah di bawah Rp 199,5 juta.

"Harga ini kita mulai dari Rp 199,5 juta untuk KIA Standar 7 MT, untuk tipe yang tertinggi Sonet Premiere 7 itu kita beri harga Rp 296 juta jadi range harganya sekitar itu," kata Sales Division Head PT Kreta Indo Artha Utama Kovara dalam kesempatan yang sama.

>>> Seltos dan Sonet Segera Pakai Logo Baru Kia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top