KIA Rio Facelift 2020 Diperkenalkan Dengan Teknologi Mild Hybrid

27/05/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
KIA Rio Facelift 2020 Diperkenalkan Dengan Teknologi Mild Hybrid
Setelah beredar spyshotnya pada awal tahun, KIA Rio facelift resmi meluncur dengan beberapa penyegaran di sektor interior dan eksterior. Selain itu, hadir juga powertrain mild hybrid.

Pertama kali launching tahun 2017, sosok facelit generasi keempat KIA Rio terungkap untuk pertama kalinya pada Januari lalu ketika prototype hatchback subkompak ini sedang melakukan tes meski dibalut kamuflase tebal.

>>> KIA Picanto punya muka baru, dijual mulai Rp 142 jutaan

Lima bulan kemudian, pengembangan hatchback subkompak tersebut telah selesai dan KIA Rio Facelift siap diperkenalkan. Dengan beberapa ubahan eksterior dan powertrain baru.

Ubahan eksterior minor, layar infotainment baru

Secara visual, Anda akan kesulitan untuk menemukan perbedaan model pre-facelift dan Rio facelift, namun model yang telah disegarkan ini akan memiliki fascia depan lebih sederhana dengan bumper yang lebih lebar dan agresif dengan rumah foglamp baru.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Grille KIA Rio facelift

Desain grille Rio facelift yang masih menganut desain tiger nose

Lampu depan LED juga hadir sebagai standar di semua model, selain itu hadir juga dua warna eksterior baru, model pelek juga disegarkan dengan ukuran 16 inci palang delapan.

Desain interior KIA Rio facelift

Layout interior Rio facelift yang kini hadir dengan layar infotainment lebih besar

Ubahan paling signifikan terdapat di kabin, di mana layar entertainment berukuran 8.0 inci terletak di konsol tengah, dan layar 4,2 inci sebagai instrument cluster. Selain itu, hadir juga beberapa kustomisasi yang tersedia dan model GT-Line mendapatkan finishing serat karbon.

Hadirkan teknologi mild hybrid

Namun, perubahan paling signifikan terdapat di balik kap mesin. KIA Rio facelift mengadopsi mesin 1.000cc mild-hybrid engine untuk mengganti mesin Kappa 1.0 T-GDi dari model pre-facelift. Konsep kerja powertrain mild hybid ini mengombinasikan mesin ICE tiga-silinder yang dipadukan dengan starter-generator yang terintegrasi, hasilnya adalah kadar emisi CO2 yang berkurang sekitar 8% saat dites dengan metode WLTP.

>>> Jangan lewatkan berita paling update seputar mobil baru di sini

Secara keluaran tenaga, powertrain Smartstream tersebut ditawarkan dengan rate yang sama seperti pendahulunya, antara 100 sampai 120 HP. Powertrain mild hybrid KIA Rio facelift itu juga akan dijodohkan dengan transmisi manual yang baru dikembangkan dengan kopling kontrol elektrik.

KIA Rio facelift 2020

Hatchback kompak satu ini akan dijual di Eropa pada kuartal ketiga 2020

KIA menjelaskan konsep girboks “clutch-by-wire” yang diadopsi Rio facelift itu terintegrasi secara mulus dengan sistem mild-hybrid untuk mematikan mesin lebih cepat dibandingkan metode start-stop saat mobil meluncur dan berhenti.

Rio facelift juga akan menghadirkan transmisi manual 6-percepatan mulai saat ini, dan juga transmisi dual-clutch 7-percepatan. Selain itu, varian mesin Naturally Aspirated 1.200cc dengan tenaga puncak 84 HP juga ditawarkan. Eropa akan jadi wilayah pertama yang mendapat KIA Rio 2020, dan belum dijelaskan region lain, termasuk Indonesia.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Kia Picanto Berwajah Baru Meluncur, Dijual Seharga Rp 142 Jutaan

14/05/2020

Mobil baru

3 menit

Kia Picanto 2020 hari ini resmi mendapatkan penyegaran di negara asalnya di Korea Selatan. Hatchback ini dibanderol 11,75 juta Won atau setara 142,9 juta.

Lihat juga

Punya Mobil KIA Model Lama? Tenang, Suku Cadangnya Masih Tersedia

16/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Meski sekarang sudah berpindah tangan di bawah naungan Indomobil, KIA menjamin suku cadang model lamanya masih tersedia dan akan dilayani di dealer-dealernya.

Lihat juga

Double Winner, Dua Model KIA Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik Dunia

12/04/2020

Event - Promosi

3 menit

KIA meraih double winner di ajang World Car Awards 2020. KIA Telluride di kategori mobil terbaik dunia dan KIA Soul EV di kategori mobil kota terbaik.

Lihat juga

Komparasi Daihatsu Sirion VS KIA Picanto: Duel Seru Hatchback CBU

02/04/2020

Mobil baru

10 menit

Kali ini Tim Cintamobil akan melakukan komparasi dua hatcback yang masuk Indonesia dalam kondisi CBU, inilah sajian komparasi Daihatsu Sirion VS KIA Picanto

Lihat juga

Penjualan KIA di Indonesia Moncer Lagi

02/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Ditangani APM PT Kreta Indo Artha (KIA), penjualan KIA di Indonesia mulai menunjukkan peningkatan. Sebanyak 182 unit kendaraan terjual dalam waktu dua bulan.

Lihat juga
 
back to top