Kia Racik Kendaraan Militer Listrik Otonom

30/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kia Racik Kendaraan Militer Listrik Otonom
Segmen kendaraan militer di masa yang akan datang sepertinya akan ikut beralih dengan menggunakan kendaraan-kendaraan bertenaga listrik dan pengendalian otonom. Setidaknya itulah yang sedang dipertimbangkan oleh Kia.

Kehadiran Hummer generasi terbaru yang menggunakan teknologi elektrifikasi ternyata memecut sejumlah pabrikan otomotif untuk menawarkan hal yang serupa. Apalagi Hummer juga sempat terkenal sebagai kendaraan utilitas untuk kebutuhan armada perang. Sehingga rasanya ide untuk menghadirkan kendaraan militer bertenaga listrik bukan sebuah hal mustahil.

Apalagi industri otomotif juga berpeluang sangat besar untuk menciptakan berbagai kendaraan perang demi memasok kebutuhan tentara. Sejarah pernah mencatat selain Humvee, kendaraan perang lainnya yang sampai kini masih banyak diminati adalah Jeep. Lalu bagaimana dengan Kia Mohave.

Ya, Anda pasti kurang familiar mendengar mengenai kiprah mobil yang satu ini. Karena Kia memang baru mengumumkan niatnya untuk mendesain sebuah kendaraan milter berteknologi masa depan. Bahkan dilansir dari Autoevolution, Jumat (30/10/2020), perusahaan Korea Selatan ini memiliki tim khusus yang fokus untuk strategi menciptakan kendaraan militer dengan kelengkapan standar yang dibutuhkan pasukan perang internasional.

>>> GMC Hummer EV 2022, Reinkarnasi Humvee Yang Ramah Lingkungan

Kia Mohave Dirancang untuk Semua Medan Pertempuran

Kendaraan Militer Kia

Kia sudah siapkan kendaraan untuk kebutuhan angkatan perang Korsel

Kabarnya Kia sudah merencanakan untuk memproduksi kendaraan militer seberat 2,5 ton - 5 ton. Modelnya berbentuk open-top All-Terrain Vehicle (ATV) hingga truk dengan sasis yang jauh lebih kuat dari kendaraan komersial dan bisa melahap semua jenis permukaan jalan.

Kia bahkan sudah mengumumkan kalau prototipe dari alat tempur ini akan dipamerkan perdana setidaknya akhir tahun 2021 dan mungkin mulai diproduksi sekitar tahun 2024. Untuk menghadirkan Mohave SUV serta berbagai kendaraan perang ini Kia juga mengumumkan jika pihak kesatuan tentara militer Kora Selatan ikut mendanai proyek tersebut.

Perusahaan juga sudah menargetkan kalau kehadrian kendaraan-kendaraan ini akan menggantikan sebagian besar kendaraan militer di negara tersebut yang selama ini dipakai. Bahkan nantinya akan disiapkan juga kendaraan lapis baja yang tahan terhadap serangan tank.

>>> Pencurian Semakin Marak, Ford Luncurkan Teknologi Keyless Anti Pencurian

Bentuk Persiapan Menghadapi Korea Utara

Truk militer Kia

Akan gantikan kendaran perang Kia yang lama

Kia Mohave juga kabarnya akan diperkuat dengan mesin diesel 7.000 cc yang menggunakan transmisi otomatis. Sejumlah kemajuan teknologi di industri otomotif pun turut disematkan pada Mohave. Seperti Around View Monitor dan Navigasi Satelit. Bahkan bukan tidak mungkin Kia juga akan menghadrkan Mohave dengan versi mesin listrik sehingga bisa digunakan untuk misi rahasia tanpa bunyi-bunyian. Bahkan Kia juga kabarnya tertarik untuk menghadirkan teknologi otonom untuk kendaraan militer ini..

Sayangnya Kia tidak menerangkan alasan mengapa mereka begitu berambisi untuk memproduksi kendaraan perang dalam waktu kurang dari 5 tahun. Padahal pangsa pasar kendaraan listrik penumpang maupun komersial juga masih begitu potensial untuk digarap. Banyak yang memprediksi kalau ini adalah bentuk persiapan Korsel saat negara tetangganya Korea Utara (Korut) juga belum lama ini memamerkan inovasi militer mereka.

>>> Simaklah berita otomotif yang hot lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top