KIA EV6 Bakal Debut Perdana 30 Maret Secara Virtual

18/03/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
KIA EV6 Bakal Debut Perdana 30 Maret Secara Virtual
Tanggal sudah ditetapkan, KIA EV6 bakal menjalani debut perdananya secara virtual melalui channel Youtube pada 30 Maret 2021 pukul 9.00 CET atau 15.00 WIB.

Peluncuran perdana (world premiere) KIA EV6 tinggal menunggu waktu. KIA Motors sudah menetapkan tanggal 30 Maret 2021 pukul 9.00 CET atau 15.00 WIB sebagai tanggal peluncuran  dan akan menyiarkannya secara live melalui channel Youtube.

Ukir Sejarah

Secara debut perdana KIA EV6 masih harus menunggu sekitar 2 minggu lagi. Namun demikian hampir bisa dipastikan debutnya bakal menjadi sejarah. EV6 adalah kendaraan listrik baterai (BEV) pertama KIA yang dibangun menggunakan platform EV baru e-GMP (Electric-Global Modular Platform). Model ini juga bakal menjadi acuan untuk model mobil listrik KIA berikutnya.

EV6 diperkenalkan pertama pada 9 Maret 2021 dalam wujud teaser. Sepekan kemudian, pada 15 Maret 2021 KIA Motors mengungkap EV6 dalam wujud gambar nyata. Penampilannya ditampakkan melalui foto di bagian depan, samping, belakang, serta bagian dalam baris pertama atau ruang kemudi. Kemudian beberapa potongan dalam bentuk video juga dibagikan meski tidak benar-benar detail.

>>> Tak Lagi Gunakan Tiger Nose, Kia EV6 Tampilkan Bahasa Desain Baru Kia

Foto KIA EV6 tampak samping depan

EV6 model BEV pertama buatan KIA Motors

Dari penampilannya KIA EV6 cukup menarik dan futuristik. Namun tidak dipungkiri mobil ini memiliki sudut-sudut yang mengarah pada Hyundai Ioniq 5 yang belum lama diluncurkan. Sebagaimana diketahui KIA dan Hyundai adalah grup otomotif satu aliansi. Jadi tidak ada yang salah jika ada nuansa kemiripan antara model keduanya.

Dalam artikelnya di InsideEVs, Mark Kane menulis bahwa yang ditonjolkan dari EV6 bukanlah eksteriornya. Meskipun mobil ini didesain oleh tiga studio global Kia di Namyang (Korea), Frankfurt (Jerman), dan Irvine (California, AS).

“Fitur penjualan utama adalah platform listrik E-GMP baru, yang diharapkan menggabungkan spesifikasi teknis yang kuat dengan peningkatan ruang interior kabin dan bagasi / bagasi.” tulis Kane.

Spesifikasi KIA EV6

Dalam rilis terbarunya KIA sedikitpun tidak membocorkan detail spesifikasi teknis EV6, baik dimensi maupun mesin. Menurut Kane, spesifikasi potensial untuk model ini adalah:

  • Jangkauannya lebih dari 500 km (311 mil)
  • Kemampuan pengisian daya sangat cepat, sekitar 4 menit untuk menghasilkan kemampuan menempuh jarak hingga 100 Km.
  • Akselerasi 0-100 km / jam (62 mph) dalam 3 detik

Sebagai informasi, KIA telah meluncurkan strategi bisnis bertajuk "Plan S" bersamaan dengan peluncuran logo baru pada 9 Februari 2021 lalu. Salah satu rencananya yaitu mempercepat elektrifikasi dengan menghadirkan 11 model mobil listrik hingga tahun 2026. Tujuh diantaranya bakal dibangun menggunakan platform terbaru E-GMP (Electric Global Modular Platform). Sedangkan 4 sisanya menggunakan internal combustion engine (ICE) atau mesin pembakaran.

>>> Tertarik mobil KIA, cek koleksi dan harganya di sini!

Foto Interior KIA EV6

Platform E-GMP KIA mengedepankan kenyamanan

>>> Baca berita menarik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top