Keunggulan Toyota Aqua, Kembaran Toyota Yaris Khusus Pasar Jepang

21/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Sebagai saudara Toyota Yaris, generasi kedua dari Toyota Aqua mendapatkan berbagai peningkatan teknologi yang dibuat khusus untuk pasar Jepang atau JDM.

Toyota di Jepang sudah memperkenalkan hatchback kompak bertenaga listrik terbarunya, Toyota Aqua. Model generasi kedua ini diperkenalkan sebagai mobil khusus pasar Jepang (JDM) mengingat popularitasnya di Negara Sakura tersebut. Generasi pertama Aqua terjual sebanyak 1.87 juta selama 10 tahun di pasaran.

Kembaran Toyota Yaris

Toyota Aqua 2022 hampir sama dengan Toyota Yaris Hybrid yang mendapatkan platform TNGA-B baru milik Toyota. Menghasilkan hingga 20% efisiensi dibandingkan edisi sebelumnya. Bahkan mobil listrik kompak ini memiliki pengaturan sistem penggerak empat roda e-Four yang lebih ekspresif.

tampilan luar Toyota Aqua yang mirip Toyota Yaris
Tampilan luar Aqua dibuat senada dengan Yaris terbaru

>>> Incar Toyota Raize 2021, Chery Siapkan SUV Khusus Indonesia

Sebagai langkah revolusioner dibandingkan pendahulunya, Aqua baru memadukan grille depan yang lebih besar, lampu belakang vertikal, dan lengkungan roda belakang yang lebih besar dengan pilar C yang lebih tinggi, senada dengan tampilan baru Yaris yang diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Di bagian dalam, Aqua baru menampilkan head unit layar sentuh berukuran 10,5 inci baru dengan konektivitas Apple CarPlay, digabungkan dengan instrument digital di depan pengemudi. Pengemudi di depan mendapatkan kursi kulit sintetis yang bisa disesuaikan secara elektrik dan berbagai area penyimpanan di dalam kabin.

>>> Toyota Yaris Facelift Diskon Rp 12 Juta Plus Dapat Diskon PPnBM 50%

interior Toyota Aqua penuh teknologi
Ruang kabin terlihat lega dengan berbagai teknologi terbaru Toyota

Model baru ini bahkan mendapatkan serangkaian fitur bantuan mengemudi, seperti Toyota Safety Sense. Fitur ini termasuk sistem pengereman darurat otonom (dengan dukungan ketika berkendara di persimpangan), kontrol jelajah adaptif semua kecepatan, parkir otomatis, dan sistem yang mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas pada kecepatan rendah.

>>> Deretan Mobil Toyota Ikut Ramaikan Olimpiade Tokyo 2021

Peningkatan baterai listrik

Selain tampilan baru yang lebih segar, Toyota Aqua turut menghadirkan berbagai peningkatan dalam hal teknologi jarak tempuhnya. Terlihat dari pengurangan bobot, biaya, dan ukuran kendaraan. Paket baterai nikel-metal hidrida (NiMH) yang digunakan mendapatkan ubahan desain sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil namun dengan output daya yang lebih besar.

sistem baterai Toyota Aqua dengan teknologi baru
Ada peningkatan sistem baterai yang canggih untuk Aqua

Paket baterai listrik ini menggunakan “elektroda bipolar”, menghilangkan beberapa bagian sehingga membuat baterai menjadi lebih kompak. Toyota menjejalkan 1,4 kali jumlah sel di ruang yang sama tapi mampu menghasilkan 1,5 kali output daya dibandingkan baterai di generasi sebelumnya.

Secara umum, baterai NiMH masih lebih murah dibandingkan dengan model lithium-ion (Li-ion) yang digunakan oleh sebagian besar mobil listrik baru di seluruh dunia. Untuk mobil hibrid kompak dengan biaya baterai yang lebih murah, tentu saja membuat mobil ini menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya.

>>> Pakai Toyota Yaris, Sebastian Ogier Jadi Jawara Safari Rally 2021

Lebih efisien

Dibandingkan dengan baterai nikel-hidrogen Aqua, Toyota mengklaim unit baru ini menawarkan daya dua kali lebih banyak. Ditambah respons yang lebih baik, akselerasi yang lebih halus, dan jangkauan listrik yang lebih panjang. Toyota menyebutkan penghematan gabungannya mencapai 2,8 liter untuk 100 km perjalanan.

efisiensi Toyota Aqua pada mobil terbaru Toyota
Efisiensi yang dihasilkan bisa mencapai 20% dari generasi sebelumnya

Sedang output daya tak disebutkan. Walaupun angka yang diberikan seharusnya tak begitu jauh berbeda dengan Yaris baru dengan keluaran 85 kW (atau setara 113 hp). Ada pilihan penggerak roda depan dan empat roda e-Four, city car hybrid ini bisa melakukan pengisian daya melalui listrik rumah berkat soket yang mendukung hingga 1.500 W.

Pelanggan di Jepang dapat membeli Toyota Aqua 2022 dengan harga 1.980.000 yen (sekitar Rp 262 jutaan) untuk trim penggerak roda depan standar. Varian penggerak semua roda e-Four dibanderol dengan harga 2.598.000 yen (sekitar Rp 344 jutaan).

>>> Harga Toyota Yaris terbaru dan promo 2021 bisa Anda temukan di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top