Ketika Toyota GR Corolla Difantasikan Sebagai Mobil Reli Group B

06/10/2020

Mobil baru

4 menit

Ketika Toyota GR Corolla Difantasikan Sebagai Mobil Reli Group B
Rumor seputar kehadiran GR Corolla cukup kencang terdengar. Meski belum dikonfirmasi Toyota, mulai muncul rendering hot-hatchback Corolla itu, salah satunya sebagai bentuk mobil reli Group B.

Meski Toyota belum mengonfirmasi kehadiran hot-hatchback GR Corolla, namun beberapa hal seperti pengajuan paten mengisyaratkan hatchback kencang ini tinggal menunggu waktu saja.

Rencananya, Toyota GR Corolla disiapkan sebagai alternatif dari GR Yaris yang tidak hadir di beberapa pasar, khususnya Amerika. Meski belum launching, ada beberapa rendering GR Corolla yang menarik, salah satunya konsep reli Group B rancangan Khyzyl Saleem.

>>> Toyota ajukan paten GR Corolla, hot-hatchback pelengkap GR Yaris

Monster gravel tahun 80an

Saat ini, Toyota berkompetisi di World Rally Championship dengan GR Yaris. Namun alih-alih mengambil desain seperti Yaris WRC, Saleem mengambil inspirasi dari mobil reli Group B dari tahun 1980an awal.

Di belakang, Toyota GR Corolla Group B hadir dengan spoiler besar yang menghasilkan downforce, dan membuat mobil jadi lebih menempel ke lintasan tarmac. Desain bumper belakang juga dibuat bolong tengah, membuat sistem knalpot terlihat dengan jelas.

Tampilan depan Toyota GR Corolla Group B

Tampilan belakang Toyota GR Corolla Group B

Bagaimana, lebih keren GR Corolla Group B atau Yaris WRC?

Di samping, tentu saja hal yang patut disorot adalah fender super lebar, yang membuat posisi pintu terlihat sedikit menjorok ke dalam. Sementara di depan, terdapat lampu kabut besar khas mobil reli tahun 80an, dan bumper yang terlihat seperti mobil time attack.

Melongok ke dalam, tentu saja bagian kabin mobil hampir kosong. Paling cuma dua buah bucket seat, dan beberapa komponen penting seperti roll cage.

Tentu saja, versi produksi Toyota GR Corolla tidak akan hadir seperti ini. Namun, konsep ini bisa jadi inspirasi bagi para produsen bodykit seperti Rocket Bunny untuk menghadirkan styling agresif untuk GR Corolla.

>>> Ingin beli Toyota Corolla Altis generasi ke 10? Simak tipsnya di sini

Pakai mesin GR Yaris?

Media asal Jepang Bestcarweb mengabarkan Toyota GR Corolla sedang dalam proses akhir pengembangan, dan akan rilis segera. Bukan cuma itu, rumornya powertrain GR Yaris juga akan dipakai di GR Corolla.

Powertrain GR Yaris yang akan dipakai di GR Corolla

Rumornya, GR Corolla akan memakai powertrain yang sama seperti GR Yaris

Sebagai catatan, GR Yaris memakai mesin 1.6 liter turbo G16E-GTS yang punya tenaga 257 HP dan torsi 370 Nm. Powertrain ini dihubungkan ke transmisi manual iMT 6-percepatan ke sistem penggerak 4WD GT-Four Torsen.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top