Kepincut MG ZS? Jangan Asal Isi Bensin!

26/03/2020

Mobil baru

5 menit

Kepincut MG ZS? Jangan Asal Isi Bensin!
MG Motor Indonesia baru saja meluncurkan produk terbaru mereka yakni MG ZS, kalau sudah suka Anda jangan asal isi bensin ya, sebab berbahaya bagi mesin MG ZS

Gambar menunjukkan MG ZS Ignite 2020

ZS hadir dengan senjata lengkap, model cantik, fitur lengkap dan mesin berteknologi tinggi

Di tengah pandemi Covid-19 alias virus Corona MG Motor Indonesia dengan gagah berani tetap meluncurkan model terbaru mereka, yakni MG ZS. Mobil ini hadir dengan senjata cukup lengkap di pasar mobil Tanah Air, mulai dari model eksterior yang cantik, fitur lengkap, hingga mesin berteknologi tinggi. Namun, jika Anda sudah terlanjur kepincut alias tertarik meminang MG model ZS ini, Anda nantinya enggak boleh asal isi bensin, mengapa demikian?

>>> Review MG ZS 2020: SUV Terjangkau nan Elegan Asal Inggris

Gambar menunjukkan mesin berkode 15S4C di MG ZS 2020

Mesin ZS berkode 15S4C ini serupa dengan kepunyaan Cortez 1500

"Itu mesin (15S4C) efisiensinya tinggi... lihat saja static compressionnya yang berada di angka 11.5:1. Itu kompresi dinamisnya nanti akan berubah-ubah tergantung dari beban mesin atau cara berkendara.. Jadi efisiensi tinggi dah jadinya," papar narasumber yang namanya ogah dipublish ini. Masih menurut pria berkacamata yang doyan masak ini, kompresi mesin yang tinggi membuat bahan bakar yang dibutuhkan harus punya RON tinggi serta sulfur yang rendah.

>>> SUV MG ZS Meluncur, Harganya Mulai Rp 255 Jutaan

MENGAPA  TIDAK BOLEH ASAL ISI BENSIN?

Sebab yang dikhawatirkan dengan mesin modern seperti yang digunakan oleh ZS ini jika pakai BBM dengan oktan rendah adalah kadar sulfurnya. BBM dengan oktan rendah dikhawatirkan sulfurnya tinggi, sulfur yang pekat dapat menyumbat injektor sehingga berpotensi membuat mesin mobil mogok. Sekadar informasi mesin modern saat ini umumnya memiliki lubang injektor yang sangat halus dan bertekanan tinggi agar bahan bakar dapat menjadi kabut sehingga lebih mudah terbakar.

Gambar menunjukkan spesifikasi MG ZS 2020

Spesifikasi MG ZS

Lebih lanjut, pria yang menjadi anggota tim research and development engine MG sebelum diluncurkan ini juga menambahkan kalau mesin 15S4C yang diusung oleh MG ZS mirip dengan mesin yang digendong oleh Wuling Cortez bermesin 1500 cc. "Kalau di Wuling (bermesin) 1500 namanya PiTech, kalau di MG namanya Variable Timing-inteligent Technology," lanjutnya.

>>> Dua Showroom Digital MG Siap Layani Konsumen

GUNAKAN BBM SESUAI REKOMENDASI DEMI KADAR EMISI

Gambar menunjukkan tampilan belakang MG ZS Igine 2020

Jika Anda sudah pesan MG model ZS ini wajib hukumnya isi Pertamax ya!

"Waktu itu (kita) udah beri ide soal bensin, kalau bisa timing diturunin biar nenggak BBM RON 90 tetap aman," tambahnya, namun untuk jaga-jaga baiknya Anda yang sudah pesan MG ZS tetap mengisi BBM mobil Anda dengan RON diatas 91 atau minimal Pertamax. "Ya kan peraturan semua RON 92 itu dibuat untuk ngejar emisi. Nanti kalau ada keluhan ngelitik-ngelitik ya sumbernya dari bensin." tutupnya mengakhiri pembicaraan dengan Tim Cintamobil.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top