Kenalkan Ini Beijing Radiance, Calon Penantang Tesla Model S dari China

05/10/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Kenalkan Ini Beijing Radiance, Calon Penantang Tesla Model S dari China
Bukan hal sulit bagi China dalam melahirkan mobil listrik futuristik. Seperti kehadiran Beijing Radiance yang disebut menjadi calon penantang Tesla Model S.

Apa yang tak bisa dibuat oleh China? Mobil mewah dengan banderolan harga fantastis sekalipun bisa dibuat versi replikanya oleh Negeri Tirai Bambu tersebut. 

China sendiri memang diketahui menjadi pabrikan otomotif terbesar di dunia. Di era kendaraan listrik pun China tak mau ketinggalan dan berambisi menjadi yang terdepan. Wajar kalau pemerintah setempat jor-joran memberi insentif agar penjualan mobil listrik bisa laris manis. 

Para produsennya pun tak mau kalah dengan menghadirkan beragam produk mobil listrik yang dapat menarik minat masyarakatnya. 

Mobil listrik buatan China

Ini dia wujud dari Beijing Radiance

>>> Pilihan Mobil Listrik yang Bisa Dibeli dengan DP 0%

Menjadi Penantang Serius di Segmen Sedan Listrik

Baru-baru ini misalnya hadir sebuah mobil listrik yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing serius Tesla Model S. Mobil listrik itu bernama Beijing Radiance. Sekarang memang masih konsep, namun kabarnya mobil listrik berdesain futuristik itu bakal segera diproduksi. 

Sebagai pendatang baru, Beijing Radiance punya jarak tempuh yang cukup jauh. Penantang Tesla Model S dari China ini ditargetkan memiliki NEDC (New European Driving Cycle) 800 km. Resimen pengujian NEDC sendiri disebut memiliki hasil lebih optimis ketimbang tes yang dilakukan US EPA (Environmental Protection Agency). 

Mobil listrik buatan China

Interiornya disebut mirip cockpit alien

Dengan angka NEDC 800 km, Beijing Radiance tak hanya menjadi penantang Tesla Model S namun juga mobil-mobil seperti Nissan Leaf, Chevrolet Bolt, Jaguar i-Pace, hingga Audi e-Tron. 

Lebih canggih lagi, Beijing Radiance disebut akan menggendong fitur canggih seperti sistem berkendara otonom setara level 3 hingga level 4 sesuai dengan standar SAE. Ini mirip dengan sistem berkendara otonom yang diusung oleh Tesla Model S. 

>>> Qoros Milestone, Tesla Cybertruck Versi Sedan

Waktu Peluncuran Belum Jelas

Dari sisi desain, penantang Tesla Model S dari China ini memiliki tampilan yang serba futuristik. Bahkan di bagian interior disebut menyerupai ruangan berkendara untuk alien lantaran desain nyentriknya itu. 

Ini membuktikan bahwa Beijing Radiance menjadi pesaing nyata di segmen sedan listrik. Untuk sekarang, rencana lengkap Beijing untuk model Radiance belum dijelaskan lebih mendetail. Termasuk soal waktu peluncuran dan juga negara mana saja yang dituju oleh Beijing Radiance ini. 

Mobil listrik buatan China

Desainnya sangat futuristik

Bila nantinya Beijing Radiance masuk jalur produksi, tampaknya akan sedikit banyak mempengaruhi pasar mobil listrik di Negeri Paman Sam AS. Apalagi kalau mobil dijual di AS dengan harga yang lebih terjangkau dari Tesla Model S. 

Tesla sendiri memang tengah mencari formula terbaik agar bisa menjual mobilnya dengan harga lebih terjangkau. Hal itu dimaksudkan agar pabrikan yang bermarkas di California tersebut bisa merangkul lebih banyak konsumen lagi. 

>>> Tesla Mau Produksi Baterai Biar Bisa Jual Mobil Listrik Lebih Terjangkau

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

BMW Tengah Menggarap Mobil Listrik Berperforma Tinggi

27/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Divisi Performa Tinggi BMW M saat ini tengah membangun sebuah mobil listrik dengan daya kuda yang cukup bertenaga dibangun berbasiskan BMW i4 EV 2020.

Lihat juga

Nissan Akan Luncurkan 9 Mobil Listrik Baru di China

28/09/2020

Mobil baru

3 menit

Nissan berharap dapat kembali mendapatkan profitabilitas di tahun 2021 dengan memanfaatkan peluncuran 9 mobil listrik baru yang akan dipasarkan di China.

Lihat juga

Dikendalikan dengan Denyut Nadi, Mobil Listrik Vision AVTR Diuji Coba

28/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Mercedes-Benz akhirnya mengungkapkan rekaman pengemudian di dunia nyata dari hasil pengembangan mobil listrik Vision AVTR yang terinpirasi oleh Avatar.

Lihat juga

Mobil Listrik Volkswagen ID.4 Masih Gunakan Rem Tromol, Kenapa?

26/09/2020

Mobil baru

2 menit

Dengan harganya yang mencapai Rp 600 jutaan, ternyata mobil listrik Volkswagen ID.4 masih menggunakan rem tromol, bukannya rem cakram. Ternyata ini alasannya.

Lihat juga

VinFast Ingin Masuki Pasar AS dengan Mobil Listrik

22/09/2020

Mobil baru

3 menit

Belum lama ini VinFast telah meluncurkan SUV mewah President. Kini kabarnya produsen mobil asal Vietnam tersebut ingin masuki pasar AS dengan mobil listrik.

Lihat juga