Kenal Lebih Dekat Fitur Ultra Seat Di Honda City Hatchback

02/03/2021

Mobil baru

3 menit

Honda City Hatchback dikabarkan meluncur besok secara virtual, sebelum melihat lebih dekat mobilnya, coba lirik dulu fitur Ultra Seat yang ada di mobil ini

Keluarga baru dari trim RS (Road Sailing) Honda akan segera bertambah besok. Mobil ini membawa beberapa 'warisan' fitur dari Honda Jazz dari pertama kali meluncur di Indonesia yakni fitur Ultra Seat. Fitur ini merupakan salah satu bentuk kecerdikan Honda dalam mendesain mobil dengan dimensi kompak. Lantas seperti apa fitur kursi pintar yang kadang disebut juga dengan fitur Magic Seat ini?

Terbantu Desain 'Lantai Rendah'

Bukan Honda namanya jika tidak mampu mendesain kabin yang akomodatif. Berkat lantai yang 'rendah' dan rata, menjadikan insinyur Honda yang merancang desain interior Honda City terbaru ini dapat meletakkan kursi yang lebih rendah juga, hal ini berdampak pada kerebahan kursi yang pas, dan head room juga memadai. Bahkan, jika dilihat dari foto terlihat ruang legroom lebih dari cukup untuk sebuah hatchback berukuran kompak.

Gambar desain lantai bagasi Honda City Hatchback

Fitur kursi pintar ini bisa diaplikasikan terbantu oleh rancang bangun 'lantai' yang rendah

Bangku pintar rancangan Honda membuat mobil ini layak menyandang kendaraan multi-fungsi. Penumpang belakang tidak perlu sulit untuk memaju-mundurkan bangku depan dengan menekan tuas yang berada di sisi bangku. Ini membuat bangku belakang Honda City Hatchback ini dapat dilipat ke atas atau ke bawah dengan mudah, untuk memuat segala jenis barang.

>>> Lirik juga mesin yang akan dipakai di Honda City Hatchback

Ultra Seat Punya Empat Mode

Setidaknya ada empat mode yang disajikan oleh fitur Ultra Seat pada Honda City Hatchback ini. Yaitu Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode. Pada mode Refresh Mode, seluruh kursi depan dapat direbahkan hingga baris kedua, dan dapat dijadikan tempat istirahat yang menyenangkan. Bahkan, menurut Cintamobil.com jika ingin membawa Sepeda, Anda juga dapat memasukkannya dengan mode ini.

Gambar kursi Honda City Hatchback

Fitur ini punya empat mode yang dapat diaplikasikan

Kedua adalah Tall Mode, mode ini memungkinkan Anda membawa benda yang tinggi, misal pot bunga, dispenser kecil atau benda lainnya yang bentuknya meninggi. Cara mengatur mode ini juga mudah, Anda tinggal menaikkan dudukan jok penumpang belakang ke atas, lalu lipat dudukan joknya, maka ultra seat dengan mode tall ini sudah dapat Anda gunakan.

Gambar Ultra Seat Tall Mode di Honda City Hatchback

Tall Mode memungkinkan Anda untuk memasukkan barang berdimensi tinggi

Ketiga adalah Long Mode, dengan mode ini Anda akan dapat leluasa memasukkan benda panjang ke dalam kabin Honda City Hatchback ini. Bahkan selancar dengan ukuran panjang dapat Anda bawa di dalam kabin mobil ini. Cara mengatur ultra seat ke long mode ini juga relatif mudah. Caranya Anda tinggal merebahkan sandaran kursi penumpang depan, setelah terlebih dahulu Anda merebahkan kursi belakang hingga rata.

Gambar bagasi Honda City Hatchback

Kehebatan fitur ini merupakan 'warisan' dari Honda Jazz sejak tahun 2003

Terakhir adalah Utility Mode. Pada mode ini, Anda akan seluruh jok depan dapat direbahkan hingga rata ke kursi baris kedua. Pada mode ini Anda dapat mempergunakannya untuk istirahat dengan rileks di dalam kabin Honda City Hatchback ini. Itulah kelebihan sistem pelipatan bangku ultra seat di mobil Honda City Hatchback.

>>> Review Honda City e:HEV 2020: Honda City Hybrid Nan Kencang

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top