Kembaran Daihatsu Rocky Laris Manis di Malaysia

08/03/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Kembaran Daihatsu Rocky di Malaysia yakni Perodua Ativa mendapat penerimaan yang cukup baik. Belum genap sebulan sejak dikenalkan sudah dipesan 6.000 unit.

Peluncuran Perodua Ativa alias kembaran Daihatsu Rocky di Malaysia disambut antusias warganya. Belum genap sebulan meluncur, Perodua Ativa diklaim laku keras. Hal ini terlihat dari jumlah pemesanan kembaran Daihatsu Rocky itu di negeri jiran yang mencapai 6.027 unit sejak dibuka pada 19 Februari 2021. 

Ini menjadi catatan kesuksesan tersendiri bagi kembaran Rocky itu. Diberitakan Paultan, Senin (8/3/2021) masa pengenalan sebelum meluncur terbilang pendek yakni kurang dari dua minggu.

>>> Kembaran Daihatsu Rocky Dijual di Malaysia, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

Tak Kembar Identik dengan Daihatsu Rocky

Ativa merupakan mobil perdana dari Perodua yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Tak cuma itu, Ativa juga menjadi yang pertama dalam mengusung mesin turbo serta transmisi CVT. 

Perodua sendiri telah mengadaptasi desain sekaligus fitur Rocky yang diperuntukan pasar domestik Jepang agar bisa pas digunakan warga Malaysia. Presiden dan CEO Perodua Datuk Zainal Abidin mengungkap saat ini ada 50 staffnya yang tinggal dan bekerja di Daihatsu Jepang. Mereka menempati posisi desain dan mesin. Maka dari itu, meski kembar baik Rocky maupun Ativa tak identik. 

Perodua Ativa

Fitur di dalam Ativa

Mengusung basis dari Rocky namun Perodua memoles sedikit tampilan Ativa pada bagian depan maupun belakang. Di bagian depan misalnya grille depan terhubung langsung ke lampu, ini berbeda dengan tampilan Rocky maupun Raize. Kemudian di bagian belakang terdapat reflektor trim yang juga berbeda dengan Rocky. Yang juga tak terdapat di Rocky adalah strip krom di trim yang terhubung dengan lampu belakang. 

Sementara kalau interior, mulai dari desain cluster meter, dasbor, tak ada perbedaan signifikan dengan Rocky. Perodua juga tak menyematkan fitur khusus konsumen Malaysia seperti halnya pada Perodua Aruz.

Myvi Interior Dashboard

Ativa tampak samping

>>> Belum Meluncur, Kok Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon PPnBM?

Sasar Konsumen Menengah Atas

Mesinnya juga ikut menjadi sorotan. Perodua Ativa diklaim hemat bahan bakar. Dari hasil pengujian, Ativa tercatat dapat menempuh jarak 18,9 km untuk 1 liter bensin. Di balik kapnya terdapat mesin turbo 1.0 L yang dikawinkan dengan transmisi CVT.

Di Jepang, Rocky dan Raize dibekali mesin tiga silinder berkode 1KR-VET 996cc turbo. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga setara 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada rentang 2.400 hingga 4.000 rpm. 

Sedangkan Ativa mengusung mesin tiga silinder berkode 1KR-VET VVT-i DOHC. Namun tenaga yang disemburkan mesin sama dengan Rocky. Dari sisi keamanan, Perodua menyematkan 6 Airbag, ABS, EBD+BA, Autonomous Emergency Braking hingga kecepatan 120 km/jam, Lane Departure Warning and Protection, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Rear Parking Sensor, Adaptive Cruise Control, Lane Centering Assist, Blindo Spot Monitoring, hingga Rear Cross Traffic Alert. 

image

Interior Ativa

Perodua Ativa dibanderol paling murah 61.500 ringgit atau setara Rp 215 jutaan dan yang tertinggi 72.000 ringgit setara Rp 252 jutaan. Ativa menyasar konsumen dengan pendapatan di atas rata-rata yang juga menginginkan mengupgrade mobilnya atau menambah mobil. 

>>> Dapat Diskon PPnBM, Daihatsu Rocky-Toyota Raize Bakal Diproduksi Lokal

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top