Kembaran Daihatsu Rocky Dijual di Malaysia, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

22/02/2021

Mobil baru

5 menit

Perodua akhirnya merilis Ativa yang merupakan kembaran dari Daihatsu Rocky. Pemesanan Ativa sudah bisa dilakukan dan punya banderol mulai Rp 218 jutaan.

Perodua akhirnya merilis SUV terbarunya Ativa yang mengusung basis dari Daihatsu Rocky. Kembaran Daihatsu Rocky ini mengaspal usai spekulasi tentang peluncuran sudah muncul sejak awal tahun 2020 di negeri jiran tersebut. Konsumen Malaysia sudah bisa memesan SUV kembaran Daihatsu Rocky sejak 19 Februari 2021. 

Mengutip Paultan, Senin (22/2/2021) brosur Perodua Ativa sudah mulai tersebar. Brosur tersebut berisi fitur-fitur yang tersemat di dalam Ativa. Perodua sendiri sudah membocorkan bakal ada tiga tipe Ativa yang ditawarkan yakni X, H, dan AV.

>>> 5 Alasan Toyota Raize dan Rocky Juga Cocok Pakai Mesin 1.200 cc

Harga Daihatsu Rocky Dibanderol Lebih Mahal

Adapun harganya diprediksi memiliki banderol 62.500 ringgit atau setara Rp 218 jutaan untuk yang termurah hingga termahal 73.400 ringgit setara Rp 256 jutaan. Penempatan harga tersebut belum masuk pajak dan juga asuransi. 

Harga kembaran Daihatsu Rocky itu terbilang lebih murah di Jepang ketimbang di Malaysia. Di Jepang, harga Rocky dibanderol mulai 1.705.000 yen yang setara dengan Rp 227 jutaan sampai 2.145.000 yen atau kalau dirupiahkan Rp 285 jutaan.

2021 Perodua Ativa SUV leaflet and price list leaked – confirmed name, new details, first official pics of D55L Image #1251398

Bocoran spek Perodua Ativa

Beralih ke fitur. Fitur pertama yang disorot adalah kehadiran lampu depan LED dengan Adaptive Driving Beam. Seperti di dalam Myvi, reflektor lampu LED merupakan standar yang hadir pada semua model. Fitur ini membuat pengendara tak kesilauan karena adanya pancaran sinar dari arah berlawanan. ADB hanya ada pada tipe H dan AV. 

Kemudian ada layar TFT multi-info dengan layar berukuran 7 inchi. Sementara dari sisi hiburan, kembaran Daihatsu Rocky ini memiliki sistem hiburan layar sentuh berukuran 9 inchi yang bisa menangkap perintah suara. 

Meski mengusung basis dari Rocky namun Perodua memoles sedikit tampilan Ativa pada bagian depan maupun belakang. Ini menjadikan Perodua Ativa tidak kembar identik dengan Rocky. 

Inikah Sinyal Kuat Kehadiran Daihatsu Rocky 2020 di Indonesia?

Grille dan lampu depan di Rocky tak menyatu seperti halnya Ativa

Di bagian depan misalnya grille depan terhubung langsung ke lampu, ini berbeda dengan tampilan Rocky maupun Raze. Kemudian di bagian belakang terdapat reflektor trim yang juga berbeda dengan Rocky. Yang juga tak terdapat di Rocky adalah strip krom di trim yang terhubung dengan lampu belakang. 

Sementara kalau interior, mulai dari desain cluster meter, dasbor, tak ada perbedaan signifikan dengan Rocky. Perodua juga tak menyematkan fitur khusus konsumen Malaysia seperti halnya pada Perodua Aruz.

>>> Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Toyota Raize

Usung Mesin Serupa dengan Rocky

Perodua Ativa

Perodua sudah mulai membuka pemesanan Ativa

Mesinnya juga ikut menjadi sorotan. Perodua Ativa diklaim hemat bahan bakar. Dari hasil pengujian, Ativa tercatat dapat menempuh jarak 18,9 km untuk 1 liter bensin. Di balik kapnya terdapat mesin turbo 1.0 L yang dikawinkan dengan transmisi CVT. Di Jepang, Rocky dan Raize dibekali mesin tiga silinder berkode 1KR-VET 996cc turbo. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga setara 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada rentang 2.400 hingga 4.000 rpm. 

Mesin serupa dengan kode 1KR-VE yang digunakan pada Axia dan Bezza juga disematkan pada Ativa. Ativa merupakan mobil pertama garapan Perodua yang mengusung platform Daihatsu New Global Architechture (DNGA). Kemudian dari sisi keamanan terdapat Advanced Safety Assist, Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation, Lane Departure Warning and Prevention, 6 airbag, ABS, EBD, BA, VSC, Emergency Stop Signal, Hill Hold Assist, dan Isofix.

>>> Mengenal Lebih Dekat Daihatsu Smart Assist

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top