Kembangkan WRX Terbaru, Subaru Gandeng Toyota?

11/11/2019
Subaru WRX bersiap untuk ganti generasi dengan mesin baru, dan menurut kabar yang beredar pabrikan Jepang itu akan kembali menggandeng Toyota dalam pengembangannya.

Tokyo Motor Show 2019 menjadi panggung spesial bagi Subaru WRX generasi saat ini, pasalnya Subaru memperkenalkan WRX STI EJ20 Final Edition yang merupakan mobil terakhir dengan mesin boxer turbo EJ20, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Subaru Impreza selama puluhan tahun.

>>> Review Subaru WRX STI 2019 bisa Anda lihat di sini

Subaru WRX STI EJ20 Final Edition dipamerkan di Tokyo Motor Show

WRX STI EJ20 Final Edition akan jadi penutup Subaru WRX generasi saat ini

Subaru WRX STI EJ20 Final Edition, mobil all-wheel drive yang memiliki tenaga 304 HP dan 422 Nm dengan transmisi manual enam percepatan itu hanya dibuat sebanyak 555 unit (terinspirasi dari sponsor legendaris 555 yang menyokong tim Subaru WRC pada tahun 90-an). Subaru juga memasangkan pelek 19 inci BBS dengan finishing warna emas dan rem Brembo.

>>> Kami sudah banyak pilihan mobil untuk Anda loh, sudah lihat belum?

Kembali ke Subaru WRX generasi terbaru, media otomotif Jepang Best Japan mendapatkan informasi bahwa Subaru akan menggandeng Toyota dalam pengembangan generasi terbaru WRX. Masuk akal, kedua pabrikan Jepang itu sudah bekerja sama dalam pembuatan GT86/BRZ, dan Toyota memiliki 20% saham Subaru.

Toyota Yaris beraksi di kejuaraan WRC musim 2019

Subaru WRX baru akan mengadopsi teknologi dari Toyota Yaris WRC?

Best Japan juga membeberkan bahwa Subaru WRX generasi terbaru hasil kolaborasi Subaru-Toyota ini akan dibangun di atas platform baru, sekaligus mengadopsi teknologi “Super AWD”. Meski konsepnya belum jelas, namun besar kemungkinan sistem ini ada kaitannya dengan mobil reli Yaris WRC.

>>> Kabar seputar mobil baru bisa Anda lihat di sini

Sebagai catatan, Subaru Impreza generasi kelima dengan platform global terbaru sudah diluncurkan sejak 2016, sedangkan Subaru WRX dan Subaru WRX STI masih menggunakan basis generasi keempat yang bisa dibilang sudah cukup usang. Baik Subaru maupun Toyota masing-masing sudah memiliki platform global masing-masing, akan menarik untuk melihat bagaimana kedua perusahaan duduk bersama dan merancang platform Subaru WRX generasi terbaru.

Mesin EJ20 milik Subaru WRX STI EJ20 Final Edition

Mesin baru Subaru WRX akan lebih bertenaga dari saat ini

Untuk sektor dapur pacu, belum jelas mesin yang akan menggantikan EJ20 di WRX terbaru. Rumornya, mesin yang akan digunakan adalah boxer 1,8 liter turbo yang muncul di Subaru Levorg Concept yang juga dipamerkan di Tokyo Motor Show. Namun rumor yang beredar mengisyaratkan output tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin baru akan lebih besar dari saat ini.

Opsi elektrifikasi juga muncul ke permukaan, di mana WRX generasi terbaru akan menggunakan mesin hybrid demi mengjar torsi lebih besar. Namun, semua ini hanyalah rumor belaka, dan baru akan terjawab ketika generasi kelima Subaru WRX hadir, yang dirumorkan akhir 2021 atau awal 2022 mendatang.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain