Kembalinya Nama Brabham Ke Dunia Otomotif

06/05/2018

Mobil baru
Share this post:
Kembalinya Nama Brabham Ke Dunia Otomotif
Dengan supercar khusus trek dinamai Brabham BT62, merek Asal Inggris menyatakan kesiapannya untuk bangkit kembali di pasar otomotif.

gambar menunjukkan sebuah mobil Brabham BT62 berwarna hijau sedang diparkir di jalan

Brabham BT62 dengan wajah mirip McLaren Senna

Di telinga pecinta otomotif sejati, Brabham jelas bukan nama terdengar asing. Ada Jack Brabham, juara dunia F1 dua kali dan hingga detik ini merupakan satu-satunya pembalap berhasil menjadi juara dunia dengan menggunakan mobil buatan sendiri dan dinamai sama. Lalu, ada tim Brabham yang terakhir berlaga di arena F1 hingga musim 1992. Dan kini, nama legendaris itu pun kembali sebagai produsen sports car khusus trek dengan produk perdana dinamai Brabham BT62.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama nama Brabham mencoba untuk kembali ke permukaan. Empat tahun silam, putra Jack bernama David Brabham mencetuskan Project Brabham yang berwacana tampil di Le Mans 24 Jam 2015. Idenya menggunakan skema crowdfunding, namun hingga kini tidak terdengar kabar beritanya.

Brabham BT62 sendiri merupakan sports car khusus trek yang dirancang hanya untuk satu tujuan, yakni melahap putaran sirkuit secepat-cepatnya. Mobil memiliki bentuk seperti McLaren Senna dengan imbuhan sayap belakang raksasa.

>>> Baca juga Lamborghini Huracan ini menjadi mobil kamera tercepat

sebuah mobil Brabham BT62 berwarna hijau dilihat dari belakangnya

Memiliki sayap belakang raksasa mampu memghadirkan downforce 1.200 kg

Mesin menggunakan unit 5.400cc V8 aspirasi normal racikan sendiri berdaya maksimum 700 dk. Dan dengan bobot seringan 972 kg, memberikan rasio tenaga – bobot sebesar 730 ps per ton. Kehadiran spoiler sendiri bukan untuk gaya-gayaan, merupakan bagian dari elemen aerodinamika yang memberikan downforce sebesar 1.200 kg.   

Rencananya Brabham hanya akan memproduksi 70 unit BT62. Angka ini mengacu kepada perayaan ke-70 tahun Sir Jack Brabham memulai karir balapnya. Dengan sebanyak 35 unit akan diberi kelir spesial menghormati ke-35 kemenangan tim Brabham di F1.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top