Kelebihan Renault Kiger, SUV Baru yang Diprediksi Rilis di Indonesia

12/05/2021

Mobil baru

3 menit

Renault Kiger resmi meluncur di Indonesia tahun 2021 dengan performa yang mantap serta kelebihan kelas SUV yang modern dan gagah. Apakah Anda tertarik memilikinya?

Sepertinya Indonesia masih akan terus diserbu dengan keluaran mobil baru berbentuk SUV. Setelah kemunculan KIA Sonet dan Wuling Almaz, persaingan mobil SUV kompak akan semakin ramai dengan hadirnya Renault Kiger.

Saudara kandung dari Nissan Magnite ini merupakan kelas SUV yang memiliki tampilan gagah dan keren dengan lampu depan LED serta guratan-guratan di bagian samping body. Di negara asalnya, India, Kiger telah dikenalkan secara global pada 28 Januari lalu.

Saudara Nissan Magnite

Mobil Kiger dibangun di atas basis yang sama dengan Nissan Magnite, yaitu platform CMF-A+. Namun mobil ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan mulai dari eksterior, interior, hingga fitur yang ditawarkan. 

tampilan renault kiger
Tampilan mobil Renault Kiger yang gagah 

Renault Kiger Indonesia mengklaim bahwa tampilan dari Kiger tidak akan banyak mengalami perubahan dari desain Renault Kiger Concept yang meluncur tahun lalu. Persentase kemiripannya adalah sekitar 80 persen. Buktinya, Renault masih mempertahankan lampu utama horizontal dan deretan LED yang menampilkan kesan futuristis pada versi mobil konsep. Begitu juga pada bagian kap mesin atau bonnet yang tampak tinggi.

Untuk urusan tampilan,mobil ini memang berkesan unik dan sporty, namun sayangnya mobil ini tidak bisa muat banyak penumpang seperti layaknya Renault Tribe. SUV produksi India ini hanya memiliki dua baris bangku sehingga hanya bisa mengangkut lima orang dalam kabin. Bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan kapasitas penumpang, Kiger sangatlah pantas untuk dipertimbangkan sebagai salah satu SUV dengan tampilan istimewa.

>>> Usai India, Kiger Siap Sambangi Indonesia

Desain Gagah dan Sporty

Dikembangkan bersama dengan Nissan Magnite membuat keduanya memiliki perawakan dan lekukan yang hampir sama. Namun jika dibandingkan lebih detail, Kiger punya tampilan lampu dua layer. Keduanya sudah menggunakan LED atas sebagai DRL dan bawah yang sejajar bumper yang merupakan lampu utama. Penggunaan tiga LED proyektor yang ditata secara horizontal sebagai penerangan utama menjadi ciri khas mobil ini dan diklaim pertama kali di kelasnya.

tampilan kiger warna kuning

Tampilan mobil Kiger SUV yang akan rilis di Indonesia 

Lampu di bagian buritan juga terlihat sangat keren dengan desain C shape yang sudah menggunakan LED. Warna two tone dengan material tahan benturan di sekeliling body jelas menegaskan gaya SUV masa kini. Di bagian atapnya, Kiger mengadopsi model floating, karena pilarnya dilabur dengan warna gelap.

Sebagaimana sebuah SUV berbodi gagah dan kekar, di sisi samping ditambahkan over fender, side body moulding, dan roof rail. Sementara underguard berwarna silver disematkan guna mendongkrak jiwa petualang mobil. Bagian kaki-kaki dilengkapi dengan vel berdesain anak pada diameter 16 inci. Sekilas tampilan Kiger sangat mirip dengan Renault Kwid yang memiliki otot-otot kekar. 

Berbicara tentang dimensinya, mobil ini memiliki panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.600 mm. Sedangkan panjang wheelbase 2.500 mm dan tinggi terendah ke tanah 205 mm. Tampak sekali bahwa mobil ini sebagai SUV kompak yang gagah. Tak hanya bagian luar, interior mobil ini juga tampak keren dengan desain yang terlihat kokoh berkat lekukan tegas di beberapa bagian. Sayangnya mobil ini belum memiliki sunroof.

tampilan kabin mobil kiger

Ruang kabin kiger yang tampak keren 

>>> Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Datsun Naik Kelas?

Dibekali Mesin Turbo Performa Mantap

Jantung pacu mobil ini berasal dari dua opsi mesin yang ditawarkan oleh Kiger di India. Mesin bensin 1.000 cc tiga silinder naturally-aspirated dan turbocharged. Untuk mesin turbonya dipasangkan dengan pilihan gearbox manual 5-percepatan dan transmisi X-Tronic CVT 5-percepatan.

Jika dibandingkan dengan Triber, keduanya sama-sama memakai tiga silinder 1.0 Liter, tapi Kiger sudah mendapatkan tambahan turbocharger. Tidak heran jika torsi puncak yang bisa disemburkan oleh mobil ini bisa tembus hingga 160 Nm serta tenaga maksimalnya mencapai 100 PS. 

Jika diperhatikan secara detail, performa Kiger sama persis dengan Nissan Magnite. Hal ini sangat wajar karena keduanya memang hasil dari aliansi Nissan-Renault yang sudah terjadi sejak tahun 2006. Tidak hanya bertenaga, mesin turbo Renault juga irit konsumsi bahan bakar. Bahkan Renault berani mengklaim mobil SUV terbarunya ini bisa menghemat hingga 20 Km/liter.

Mobil ini memiliki tiga pilihan berkendara dengan pengaturan multi-sense, yaitu normal mode, eco mode, dan sport mode. Ketiganya dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Yang jelas, pada masing-masing mode akan memberikan tampilan yang berbeda pada panel instrumen TFT yang berukuran tujuh inci di belakang kemudi.

Tampilan mesin renault kiger

Kiger mendapatkan mesin berkapasitas 1.5L yang canggih 

Fitur Modern yang Sayang untuk Dilewatkan

Berbicara tentang fitur Renault Kiger, sistem pencahayaan full LED yang hemat daya tentu tidak boleh ketinggalan untuk disorot. Renault juga membekali versi Kiger dengan head unit layar sentuh ukuran depana inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone Anda, baik iOs maupun Android. Sistem audio istimewa dari Arkamys diklaim mampu memberikan efek suara 3D. Totalnya ada sekitar delapan speaker di dalam kabin, yaitu empat boomers dan empat tweeters. Sistem audio ini dapat menyesuaikan suara yang dikeluarkan dengan kecepatan mobil. 

Di bagian interior Renault Kiger, mobil ini menawarkan fitur PM 2.5 Clean Air Filter yang dapat menyaring udara sehingga kualitas udara dalam kabin dapat terus terjaga. Di masa pandemi seperti ini, tentu saja fitur ini sangat sayang untuk dilewatkan. Yang tidak kalah menarik, spesifikasi Renault Kiger untuk tempat penyimpanan. Walaupun mobil ini tergolong kecil muatan penumpangnya, namun ternyata Kiger memiliki banyak sekali kompartemen dengan total mencapai 29 liter. 

mobil renault kiger memiliki fitur yang modern

Kiger memiliki fitur yang modern dan sayang untuk dilewatkan 

Diprediksi harga Renault Kiger akan lebih murah jika dibandingkan dengan Nissan Magnite, mengingat harga Magnite di pasaran mulai dari Rp 200 jutaan. Sayangnya, belum ada kejelasan tentang berapa harga mobil ini di Indonesia. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki mobil ini, kira-kira berapa harga pasar yang pantas untuk Renault Kiger Indonesia? 

>>> Rekomendasi 3 Pilihan SUV Kompak Terbaru yang Bisa Anda Miliki

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Renault Kiger tersedia dalam transmisi otomatis?
Kiger memiliki pilihan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi XTronic CVT 5-percepatan.
Apakah Renault Kiger muat 7 penumpang?
Mobil SUV ini hanya muat 5 penumpang.
Apakah Renault Kiger memiliki sunroof?
Belum, fitur sunroof aru direncanakan untuk Kiger keluaran terbaru yang akan datang.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top