Kelebihan dan Kekurangan Mahindra Bolero Maxitruck 2020

04/01/2021

Mobil baru

5 menit

RMA Indonesia mendaulat Mahindra Bolero Maxitruck untuk melawan kedigdayaan Traga dan L300, berikut ini kelebihan dan kekurangan Mahindra Bolero Maxitruck 2020

RMA Indonesia selaku agen pemegang merek Mahindra di Indonesia mendaulat Bolero Maxitruck untuk melawan kedigdayaan Isuzu Traga dan Mitsubishi L300 alias Elsapek. Mahinda Bolero Maxitruck tentunya sudah dibekali sejumlah keunggulan untuk bisa menantang para pesaingnya itu.

Nah, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Mahindra Bolero Maxitruck 2020 yang Cintamobil.com kumpulkan setelah melakukan pengetesan dan review terhadap mobil ini.

Kelebihan Mahindra Bolero Maxitruck 2020

1. Desain Pakai Bonnet

Foto Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Desain pakai bonnet jadi satu-satunya di kelasnya

Hal pertama yang menjadi kelebihan Mahindra Bolero Maxitruck 2020 ini adalah desainnya yang menggunakan model bonnet (berhidung). Tak seperti lawan-lawan sekelasnya seperti Isuzu Traga, Mitsubishi L300, KIA Big Up, dan Hyundai H100. Pada Bolero mesinnya ditelatakkan di depan pengemudi, bukan di bawah jok. Alhasil kabin menjadi lebih aman ketika terjadi benturan karena crumple zone 'bertambah'.

2. Bodi Kokoh Dan Tebal

Foto bodi kokoh Mahindra Bolero

Bodinya kokoh dan tebal

India memang tidak pernah main-main dalam hal durabilitas produknya. Hal itu terbukti dari kualitas buatan Mahindra Bolero Maxitruck 2020 ini yang kokoh dan menggunakan bodi dengan pelat tebal. Otomatis ini akan menambah kekuatannya saat terkena benturan baik disengaja maupun tidak sengaja. Selain itu bodi yang kokoh juga akan menambah percaya diri pengemudi mobil ini ketika membawa beban yang berat.

3. Tersedia Blower Dan Radio Tape Sebagai Standar

Foto tuas AC Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Sudah tersedia blower AC dan head unit sebagai standar

Mahindra Bolero Maxitruck 2020 sama seperti sebagian besar rival-rivalnya seperti Isuzu Traga dan KIA Big UP. Karena sudah dilengkapi blower AC dan head unit sebagai standar. Namun, dengan membayar uang Rp 169 juta Anda belum mendapatkan AC sebagai standarnya. Jika Anda berminat untuk memasang AC seperti mobil tes kami ini Anda harus membayar dana lebih yang bisa dikonsultasikan ke pihak Mahindra Indonesia.

4. Mesin Diesel Hemat BBM

Foto mesin Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Mesin berkode mDI 3200 ini diklaim hemat BBM

Mesin diesel berkode mDI 3200 4-silinder, direct injection turbo berkapasitas 2.523 cc ini diklaim punya total cost operational lebih rendah sekitar 30% dari kompetitor. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 63 HP di putaran mesin 3.200 rpm, serta dengan torsi 195 NM yang mulai muncul di rentang putaran 1.400 hingga 2.200 rpm. Tenaga dan torsi ini ditransfer ke dua roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan berkode NGT 520.

5. Value For Money

Foto tampak depan Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Value for moneynya baik

Bolero Maxi Truck merupakan kendaraan yang Value for Money dimana kualitas yang didapat diklaim sebanding dengan investasi yang dikeluarkan, baik dari sisi performa maupun fitur-fitur yang disediakan, bukan hanya itu, Bolero Maxi Truck ini juga dikawal oleh warranty sebagai jaminan atas produk selama 3 tahun atau 100,000 km (mana yang tercapai dahulu).

>>> First Drive Mahindra Bolero Maxitruck 2020: Inspektur Vijay Tantang Ksatria Jepang

Kekurangan Mahindra Bolero Maxitruck 2020

1. Mesin Diesel Berisik

Foto mesin Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Vibrasi dan suara mesinnya kasar

Mesin diesel yang bersuara keras dan berisik menjadi kekurangan Mahindra Bolero Maxitruck 2020. Bila dibandingkan dengan lawan-lawannya mesin Bolero serasa seperti mesin tanpa busi yang lahir tahun '90an. Hal ini disebabkan karena mesin diesel 4-silinder berkode MDI 3200 dengan kapasitas bersih 2,523 cc ini masih mengusung teknologi konvensional. Meski sudah menganut sistem direct injection, tetapi teknologi yang diusung masih lawas. 

2. Kursi Tidak Tersedia Headrest

Foto kursi Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Kursi tidak memiliki headrest

Saat duduk di kabin, Anda akan merasa kalau posisi duduknya tinggi namun kaku. Tak heran, karena Mahindra Bolero Maxitruck ini tidak dilengkapi pengatur ketinggian jok pengemudi, begitu pula dengan setir yang sudah fixed posisinya. Sayangnya meski busa jok yang diusung kursi Bolero ini sudah cukup empuk dan membuatnya ebih nyaman diduduki dibandingkan dengan para rivalnya, ia belum dilengkapi dengan headrest.

3. Desain Bukan Selera Semua Orang

Foto Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Desainnya nyentrik dan bukan selera semua orang

Cita rasa desain khas India begitu kental pada tampak depan mobil ini. Hal itu terlihat dari penggabungan nuansa retro dengan aksen modern yang ditunjukkan dari perpaduan lekuk-lekuk body mengkotak dan lampu kristal multi reflektor. Sayangnya, desain seperti ini bukanlah selera semua orang. Tapi desain seperti ini bisa saja menjadi daya tarik tersendiri karena bentuknya yang unik dan membuat orang 'patah leher'.

4. Ukuran Bak Angkut Lebih Kecil Dari Rival

Foto bak angkut Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Ukuran bak bukan yang terluas di kelasnya

Ukuran bak angkut yang lebih kecil dari rival menjadi salah satu minus dari Mahindra Bolero Maxitruck 2020. Tercatat dimensi bak belakang mobil ini adalah panjangnya 2.600 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 400 mm. Meski total terdapat 11 hook point (cantolan) dengan rincian masing-masing 4 cantolan di kanan-kiri serta 3 buah di belakang, belum lagi bak angkut pada mobil ini belum bisa dibuka secara 3-way. 

5. Jaringan Servis Belum Sekuat Rival

Foto grille Mahindra Bolero Maxitruck 2020

Jaringan servis belum sekuat rivalnya

Ini dia kekurangan Mahindra Bolero Maxitruck 2020 yang paling utama, yakni jaringan servisnya yang belum sekuat rival. Hingga artikel ini dibuat, Mahindra baru diperkuat 8 jaringan dealer, yakni Bintaro dan Bandung untuk wilayah Jawa, Medan, Palangkaraya, Samarinda, Palembang, Jambi, dan Aceh. Jadi itulah kelebihan dan kekurangan mobil Mahindra Bolero Maxitruck 2020. Apakah Anda berminat beli?

>>> Ingin beli lawannya mobil ini dalam kondisi bekas? Coba lirik mobil niaga ini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Konsumsi Bahan Bakar Mahindra Bolero Maxitruck 2020?
Mesin diesel berkode mDI 3200 4-silinder, direct injection turbo berkapasitas 2.523 cc ini diklaim punya total cost operational lebih rendah sekitar 30% dari kompetitor.
Berapa Harga Mahindra Bolero Maxitruck 2020?
Rival dari Mitsubishi L300 alias Elsapek dan Isuzu Traga ini dibanderol Rp 169.000.000 untuk kawasan Jabodetabek. Tapi harus Anda ingat, harga tersebut belum termasuk AC. Apabila Anda ingin memasang AC seperti mobil tes kami kali ini Anda harus menambah sendiri atau segera hubungi dealer MAHINDRA terdekat di kota Anda.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 dari jurusan Ekonomi Akuntansi. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Pada tahun 2014 ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly - sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan - Editor in Chief Motorplus menugaskan Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. 

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut.

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Education

2009 - 2014: Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009: 54 Senior High School

2003 - 2006: 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018: Content Writer Cintamobil.com

2019: Senior Content Writer Cintamobil.com

2021: Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top