Karoseri Laksana Luncurkan Nucleus 5, Bus Medium Fasilitas Lengkap

25/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Dalam rangka mendukung perkembangan transportasi darat di tanah air, karoseri Laksana Ungaran luncurkan Nucleus 5, bus medium baru dengan fasilitas lengkap.

Karoseri Laksana asal Ungaran Jawa Tengah kembali merilis produk terbarunya, Nucleus 5. Bus berdimensi medium itu melengkapi model lain yang telah dipasarkan, seperti All New Legacy Sky, All New Tourista, Discovery, Cityline, SR 2 HD Prime, Sr 2 XHD Prime, dan Legacy SR2 Double Decker.

Penampilan boxy

Dari sisi penampilan Nucleus 5 menggunakan desain yang mengotak, mirip model cityline yang digunakan untuk armada Transjakarta. Hanya dimensinya yang dibuat lebih kecil. Ukuran panjangnya hanya 7.700 mm, lebar 2.100 mm, dan jarak sumbu roda 3.780 mm. Kaca di seluruh bagian berukuran sangat besar, cukup membantu memberikan nuansa kabin yang lapang.

Foto bus medium Laksana Nucleu 5

Karoseri Laksana luncurkan bus medium pertamanya, Nucleus 5

Untuk masuk ke dalam bus bisa dilakukan dengan mudah, pijakan kaki pada pintu masuk dibuat rendah. Lantai bus dan krimnya dibuat natural dengan bahan vinyl bermotif kayu. Begitu pula tempat duduknya dibuat dengan motif kayu. Di dekat pintu belakang terdapat space khusus untuk disabilitas atau pengguna kursi roda.

>>> Jenis Bus Ini Paling Banyak Diproduksi Karoseri Laksana

Fasilitas lengkap

Secara dimensi Nucleus 5 memang jauh lebih kecil dibanding yang lain. Kapasitas maksimalnya hanya 35 orang, namun mobil dilengkapi fasilitas yang sangat lengkap. Termasuk fasilitas pendukung protokol kesehatan seperti hand sanitizer dan termometer otomatis yang akan mendeteksi suhu tubuh penumpang yang masuk ke dalam bus. Fasilitas lain diantaranya kamera CCTV, USB charger di setiap tiang, dan APAR.

Nucleus 5 dibuat menggunakan sasis dan mesin Hino FB. Mengutip dari laman resmi Hino model mesin FB adalah W04D-TN 4.000 cc, 4 silinder, Direct Injection, Turbo Intercooler. Tenaga maksimumnya mencapati  128 HP pada 2.500 rpm dan torsi 363 Nm pada 1.800 rpm.

Foto interior bus medium Laksana Nucleus 5 dengan trim kayu

Trim motiv kayu memberikan kesan natural

Harga

Menurut Communication Manager Karoseri Laksana, Candra Dewi, bus medium Nucleus 5 dipasarkan dengan harga kurang dari Rp 1 miliar, atau sekitar Rp 900 jutaan. Harga sudah termasuk sasis dan bodi. Jadi, pembeli tidak perlu membeli secara terpisah. Tujuan diluncurkannya Nucleus 5 selain mempersiapkan diri jika ada permintaan untuk bus kota berdimensi medium, juga mendukung perkembangan transportasi publik di tanah air.

Untuk sementara Nucleus 5 hanya tersedia untuk dalam dimensi medium. Bukan bus besar untuk bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) atau Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

>>> Hotel Berjalan Ala Bus Mewah Legacy SR2

Foto Laksana Nucleus 5 menyediakan fasilitas untuk kaum difabel

Mudah untuk akses pengguna kursi roda

>>> Tinggal di Semarang, temukan mobil favoritmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top