Karma GS-6 2021, Sportscar Berteknologi Range Extender

23/02/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Karma GS-6 2021, Sportscar Berteknologi Range Extender
Lebih banyak dijumpai di mobil biasa karena kepraktisannya, Karma Automotive coba mengadopsi teknologi elektrifikasi range extender pada Sportscar GS-6 2021.

Dibandingkan konsep EV murni, konsep range extender bisa dibilang jauh lebih praktis. Anda tetap bisa menikmati performa khas mobil listrik tanpa harus mengisi baterai yang memakan waktu, di mana baterai mobil terisi oleh mesin konvensional yang berfungsi sebagai generator.

Setelah konsep seperti ini dipakai di mobil biasa seperti BMW i3s atau Nissan Kicks, Karma Automotive coba mengaplikasikan konsep range extender di salah satu sportscar mereka, Karma GS-6 2021.

>>> Aduh, Lamborghini Countach Ini Nyangkut di Pohon

Paket hemat Revero GT

Terlihat sangat familiar, Karma GS-6 2021 mempertahankan styling khas Revero GT dengan harga yang lebih murah, yakni mulai $83.900 (setara Rp 1,185 miliar) sebelum insentif pemotongan pajak.

Tampilan depan Karma GS-6 2021

Tampilan belakang Karma GS-6 2021

Tampilan eksterior GS-6 2021 cukup mirip dengan Revero GT

GS-6 2021 hadir dalam tiga trim berbeda, yakni Standard, Luxury, dan Sport. Karma tidak menjelaskan perbedaan ketiga tim secara spesifik, namun model tersebut memiliki pilihan velg ukuran 21-22 inci dengan sistem pengereman Brembo.

Bukan cuma eksterior, interior Karma GS-6 2021 juga terlihat cukup familiar, di mana layout dashboard didominasi dua layar sebagai instrument cluster dan infotainment system berukuran 10,2 inci yang sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. Sorotan lain yang tak kalah pentingnya adalah kursi dengan pemanas, audio system 8-speaker, dan layanan update over-the air.

Desain interior Karma GS-6 2021

Karma GS-6 sudah memakai layar digital untuk instrument clusternya

Sama seperti Revero GT, Karma juga menyediakan layanan kustomisasi di GS-6 2021. Selain trim interior carbon fiber dan pilihan lima warna dari material kulit, model ini juga bisa memakai material kayu yang dari hutan California yang belum lama kebakaran.

Sementara untik fitur safety, Karma GS-6 2021 hadir dengan delapan buah air bag dan berbagai sistem bantuan berkendara, seperti Lane Keep Support, Adaptive Cruise Control with Stop & Go, Automatic Emergency Braking, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Parking Distance Monitoring, dan Surround View Camera.

>>> Ini Sebabnya Banyak Supercar Tak Bertuan di Dubai

Mobil range extender performa tinggi, siapkan varian EV

Terlepas dari trim yang dipilih, Karma GS-6 2021 menggunakan powertrain konsep range extender. Baterai yang dipakai cuma memiliki kapasitas 28 kWh, yang digunakan untuk menggerakkan dua motor yang ditaruh di belakang, dan menghasilkan tenaga sampai 536 HP dan torsi 746 Nm.

Mode berkendara Karma GS-6 2021

Karma GS-6 dilengkapi tiga mode berkendara yang menentukan kerja powertrain

Dengan tenaga baterai saja, mobil dapat menempuh jarak 129 km, dengan mesin inline-3 1.5L turbo bertugas sebagai generator. Alhasil, GS-6 dapat menempuh jarak sampai 579 km dalam satu kali pengisian penuh tangka bahan bakar.

Untuk memaksimalkan potensi powertrain, Karma GS-6 2021 dilengkapi tiga mode berkendara berbeda. Stealth mode hanya memakai baterai saja, Sustain mode menyalakan mesin untuk mengisi baterai. Sementara itu, Sport Mode memadukan tenaga dari mesin dan baterai untuk performa maksimal. Yang mana, mobil dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,8 detik saja.

Soal pengisian, baterai dapat diisi ulang selama empat jam dengan Level 2 Charger. Lebih jauh, jika Anda memakai DC fast charger 45 kw, baterai mobil dapat mengisi dari 0-90% dalam waktu 34 menit.

Karma Automotive nantinya akan menghadirkan varian EV GSe-6 sekitar pertengahan atau tahun ini, mobil tersebut akan dibanderol $79.900 (setara Rp 1,128 miliar) dengan jarak tempuh sampai 483 km.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Begini Jadinya Kalau Pabrikan Supercar Bikin Motor

10/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Menggabungkan semua penggemar otomotif, Budget Direct menghadirkan superbike yang dibuat terinspirasi dari supercar milik pabrikan otomotif yang legendaris.

Lihat juga

McLaren Tetapkan Tanggal Peluncuran Supercar Hybrid Artura

02/02/2021

Mobil baru

3 menit

McLaren sudah siap menjajaki elektrifikasi, setelah beredar paten dan Spyshotnya, brand asal Woking itu akan meluncurkan supercar hybrid Artura Februari ini.

Lihat juga

Brabus B45, Hatchback Bengis Penantang Supercar

29/01/2021

Mobil baru

5 menit

Brabus B45 berbasis Mercedes-AMG CLA45 yang dituning ulang sehingga mesinnya sanggup meletupkan daya puncak 450 Hp dengan torsi 550 Nm. Padahal mesinnya hanya 2.000 cc 4 silinder.

Lihat juga

Inilah Perbedaan Sportcar, Supercar dan Hypercar Dalam Dunia Otomotif

09/03/2019

Pengemudian

4 menit

Mungkin bagi mereka yang bukan Car Enthusiast akan menyebut semua mobil seksi yang lewat di depannya adalah mobil Sport. Namun aslinya, mobil dengan performa tinggi dikategorikan menjadi tiga meliputi Sportcar, Supercar dan Hypercar. Lantas, apa perbedaan dari ketiganya?

Lihat juga

Begini Cara McLaren Buat Supercar Paling Ringan di Kelasnya

02/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Sebagai salah satu produsen kendaraan berperforma tinggi, McLaren bahkan mampu memproduksi McLaren Elva, supercara paling ringan di kelasnya. Bagaimana caranya?

Lihat juga
 
back to top