Karena Ini Suzuki Indonesia Belum Mau Jualan Mobil Listrik

19/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Karena Ini Suzuki Indonesia Belum Mau Jualan Mobil Listrik
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadi salah satu produsen mobil di Indonesia yang hingga saat ini masih belum mau jualan mobil listrik di Tanah Air...

PT SIS jadi salah satu dari sekian pabrikan mobil di Indonesia yang sampai hari ini belum mau untuk berjualan mobil listrik maupun elektrifikasi di Tanah Air. Namun, itu bukan tanpa sebab, karena Suzuki Indonesia punya alasan tersendiri mengapa belum mau buru-buru menjual mobil listrik maupun elektrifikasi ke pasaran.

Tahap Studi

Pada dasarnya, "Kami sangat mendukung terhadap kehadiran produk inovasi baru yang bermanfaat bagi lingkungan termasuk di dalamnya adalah mobil listrik atau hybrid," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director, PT SIS.

Suzuki ACross PHEV 2021

Suzuki Indonesia masih berkordinasi dengan prinsipal perihal mobil elektrifikasi

"Kami (juga) tidak menutup kemungkinan akan mengeluarkan produk-produk (elektrifikasi), saat ini kami masih berkordinasi dengan prinsipal kami dalam hal penelitian dan pengembangan mobil elektrifikasi tersebut," ujar Dony sapaan akrabn Dony Saputra ke Cintamobil.com.

Perlu Dukungan Semua Pihak

Pria yang namanya tercatat sebagai anggota Karimun Club Indonesia ini juga menambahkan, "Menurut kami, kehadiran mobil listrik ini bisa menjadi alternatif baru bagi konsumen, meski begitu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan kita perlu dukungan dari semua pihak agar Indonesia siap memasuki era mobil listrik, jadi bukan hanya dari pelaku industri tapi juga dari masyarakat dan pemerintah, harus ada sinergi, dan kolaborasi," jelas Dony.

>>> Kehadiran Suzuki S-Presso Bakal Ulangi Kisah Kelam Celerio?

Teknologi & Produk Siap

"Kalau dilihat secara global, kami sudah memproduksi dan memasarkan mobil hybrid, contohnya ada Suzuki ACross yang diluncurkan di Eropa, mobil hybrid ini juga sudah dipasarkan di Jepang, dan lain-lain. Tapi untuk di Indonesia kami coba study lebih detail lagi untuk menyempurnakan pengembangannya," salip Dony.

Suzuki ACross 2022

Suzuki ACross sudah dipasarkan di Eropa dan jadi jagoan Suzuki di Inggris

Suzuki Across merupakan buah dari kerjasama global Toyota & Suzuki, SUV bersistem Plug-In Hybrid ini mengambil basis dari Toyota RAV4 Prime. Berbicara soal performa mobil ini jelas pakai mesin yang sama seperti RAV4 Prime, yakni 2.500 cc berkode A25A-FXS. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 6,2 detik saja.

Mesin Suzuki ACross

Mesin sama dengan Toyota Camry Hybrid

Meskipun produk ini menjanjikan, tapi karena klausul kerjasama antar pabrikan di setiap negara jadi ranah prinsipal, maka Suzuki Indonesia belum berani bilang bahwa produk ini akan masuk ataupun dijual di Indonesia. "Jadi akan kami informasikan bila ada kepastian mengenai hal (model) ini di kemudian hari," tutup Dony.

>>> Suzuki Jimny Beans, Si Mungil yang Cocok untuk Jualan Kopi!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top