Karena Ini Suzuki Indonesia Belum Mau Jualan Mobil Listrik

19/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadi salah satu produsen mobil di Indonesia yang hingga saat ini masih belum mau jualan mobil listrik di Tanah Air...

PT SIS jadi salah satu dari sekian pabrikan mobil di Indonesia yang sampai hari ini belum mau untuk berjualan mobil listrik maupun elektrifikasi di Tanah Air. Namun, itu bukan tanpa sebab, karena Suzuki Indonesia punya alasan tersendiri mengapa belum mau buru-buru menjual mobil listrik maupun elektrifikasi ke pasaran.

Tahap Studi

Pada dasarnya, "Kami sangat mendukung terhadap kehadiran produk inovasi baru yang bermanfaat bagi lingkungan termasuk di dalamnya adalah mobil listrik atau hybrid," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director, PT SIS.

Suzuki ACross PHEV 2021

Suzuki Indonesia masih berkordinasi dengan prinsipal perihal mobil elektrifikasi

"Kami (juga) tidak menutup kemungkinan akan mengeluarkan produk-produk (elektrifikasi), saat ini kami masih berkordinasi dengan prinsipal kami dalam hal penelitian dan pengembangan mobil elektrifikasi tersebut," ujar Dony sapaan akrabn Dony Saputra ke Cintamobil.com.

Perlu Dukungan Semua Pihak

Pria yang namanya tercatat sebagai anggota Karimun Club Indonesia ini juga menambahkan, "Menurut kami, kehadiran mobil listrik ini bisa menjadi alternatif baru bagi konsumen, meski begitu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan kita perlu dukungan dari semua pihak agar Indonesia siap memasuki era mobil listrik, jadi bukan hanya dari pelaku industri tapi juga dari masyarakat dan pemerintah, harus ada sinergi, dan kolaborasi," jelas Dony.

>>> Kehadiran Suzuki S-Presso Bakal Ulangi Kisah Kelam Celerio?

Teknologi & Produk Siap

"Kalau dilihat secara global, kami sudah memproduksi dan memasarkan mobil hybrid, contohnya ada Suzuki ACross yang diluncurkan di Eropa, mobil hybrid ini juga sudah dipasarkan di Jepang, dan lain-lain. Tapi untuk di Indonesia kami coba study lebih detail lagi untuk menyempurnakan pengembangannya," salip Dony.

Suzuki ACross 2022

Suzuki ACross sudah dipasarkan di Eropa dan jadi jagoan Suzuki di Inggris

Suzuki Across merupakan buah dari kerjasama global Toyota & Suzuki, SUV bersistem Plug-In Hybrid ini mengambil basis dari Toyota RAV4 Prime. Berbicara soal performa mobil ini jelas pakai mesin yang sama seperti RAV4 Prime, yakni 2.500 cc berkode A25A-FXS. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 6,2 detik saja.

Mesin Suzuki ACross

Mesin sama dengan Toyota Camry Hybrid

Meskipun produk ini menjanjikan, tapi karena klausul kerjasama antar pabrikan di setiap negara jadi ranah prinsipal, maka Suzuki Indonesia belum berani bilang bahwa produk ini akan masuk ataupun dijual di Indonesia. "Jadi akan kami informasikan bila ada kepastian mengenai hal (model) ini di kemudian hari," tutup Dony.

>>> Suzuki Jimny Beans, Si Mungil yang Cocok untuk Jualan Kopi!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top