Kapan Toyota Raize Dibawa ke Indonesia?

22/03/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Kapan Toyota Raize Dibawa ke Indonesia?
Toyota telah menghadirkan SUV kompak Raize di Negeri Sakura, Jepang pada akhir tahun 2019. Lantas, apakah Toyota Raize bakal diboyong juga ke Indonesia?

Pada akhir tahun 2019, Toyota menghadirkan SUV yang merupakan hasil dari kolaborasi dengan Daihatsu yakni Raize. 

Toyota Raize merupakan mobil kompak pertama yang dibangun menggunakan DNGA (Daihatsu New Generation Architecture), platform khusus untuk mobil kompak baik dari Toyota dan Daihatsu, yang juga menghasilkan Daihatsu Rocky yang diluncurkan dalam waktu hampir bersamaan.

Kapan Masuk ke Indonesia? 

Toyota Raize terbukti cukup menjadi daya pikat di segmen SUV hingga banyak diminati di Negeri Sakura, Jepang. Lantas, apakah Toyota juga bakal memboyong Raize ke Indonesia? 

"Sulit untuk menjawabnya. Seperti yang Anda ketahui semuanya kami selalu mempelajari keinginan konsumen agar bisa memenuhinya. Tapi hingga saat ini, kami belum juga memutuskan soal itu, jadi tunggu saja," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Kazunori Minamide saat peluncuran Agya beberapa hari lalu. 

Sebagai gambaran, Toyota Raize memiliki dimensi yang cukup kompak, dengan panjang 3.995 mm dan lebar 1.695 mm. Meski demikian, tampilan mobil ini terasa gagah seperti SUV pada umumnya, hal ini dikarenakan penggunaan pelek berukuran besar 17 inci dan juga fender yang cukup besar.

Menanti Toyota Raize dibawa ke Indonesia

Tampilan Toyota Raize dari depan

>>> Toyota New Agya 2020 Meluncur, Toyota Agya Lama Diskon Rp 8 Juta

Tidak hanya gagah, Raize juga terlihat modern dengan pillar B yang diberi finishing hitam, dan pillar D yang cukup tipis yang juga diwarnai hitam. Sepintas, bagian belakang mirip seperti Toyota Fortuner.

Masuk ke dalam, Toyota Raize memiliki desain interior yang cukup modern. Layoutnya sama seperti Daihatsu Rocky, di mana kisi-kisi AC samping memiliki bentuk heksagonal. Kemudahan akses untuk pengemudi juga diperhatikan dengan konsol tengah yang tampak sedikit menjorok ke arah pengemudi.

Toyota Raize memiliki layout kursi 2+3, di mana ketiga pengemudi baris kedua memiliki akomodasi yang proper dengan adanya headrest dan sabuk pengaman tiga titik. Sayangnya, bagian tengah baris kedua tidak bisa dialih fungsikan menjadi handrest jika di belakang hanya memuat dua orang saja.

>>> Harga Daihatsu Ayla D Naik, Tak Ada Lagi LCGC di Bawah Rp 100 Juta

Fitur Toyota Raize

Untuk fitur hiburan, Toyota Raize memberikan opsi kepada para pemiliknya berupa head unit multimedia dengan layar sentuh sebesar 9 inci, yang mendukung konektivitas smartphone dengan fitur SmartDeviceLink. Selain itu head unit ini juga dapat terkoneksi dengan Apple Car Play.

Gambar menunjukkan Interior Toyota Raize

Wujud interior Raize

SUV Raize dilengkapi Adaptive Cruise Control dengan all speed tracking untuk mengikuti dan menjaga jarak mobil di depannya. Selain itu, hadir juga fitur smart panorama parking assist yang memberikan bantuan berupa suara, gambar petunjuk, sampai pengarahan setir saat parkir.

>>> Sejarah Agya Hadir Sebagai Mobil Murah Buat Orang Indonesia

Bukan hanya fitur berkendara, fitur keselamatan seperti collision warning function dan crash avoidance braking function dapat mendeteksi baik pejalan kaki ataupun mobil lainnya. Selain itu, ada fitur unik Errornous Start Prevention Function dengan braking control yang dapat mengurangi dampak kecelakaan saat secara tidak sengaja menginjak pedal gas, bukan rem saat parkir.

Toyota membekali Raize dengan mesin 3-silinder turbo berkapasitas 1 liter 1KR-VET yang menghantarkan tenaga puncak 98 HP pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm yang didapat pada rentang 2.400-4.000 rpm. Daya mesin yang dihasilkan tersebut diantarkan ke roda penggerak melalui transmisi Dual-CVT (D-CVT). Raize hadir dalam pilihan penggerak roda, yakni FWD dan 4WD.

Informasi mesin Toyota Raize

Spesifikasi mesin Raize

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Toyota Raize 2020: Wajah Baru SUV Mungil Toyota

Rp 215.801.870

07/11/2019

Editor rate:

Selama beberapa tahun terakhir, pamor SUV sedang naik daun dan menjadi segmen kendaraan yang paling diminati. Atas dasar tersebut, Toyota menghadirkan Toyota Raize 2020, sebuah SUV mungil yang memiliki kepraktisan cukup baik.

Lihat juga

Toyota Raize Dapatkan Bodykit TRD dan Modelista, Lebih Kece Mana?

12/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

TRD dan Modelista sepertinya tidak ingin menunggu lama kehadiran Toyota Raize, kedua rumah modifikasi Toyota itu langsung menggarap paket bodykit untuk Raize, dan membuatnya semakin terlihat agresif.

Lihat juga

Tips Sebelum Membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla

20/03/2020

Jual beli

5 menit

Sebelum Anda berniat membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Apalagi sekarang sedang dalam musim virus corona.

Lihat juga

Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Tanpa Ubah Suspensi

08/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Berikut ini tim Cintamobil.com akan membagikan tips modifikasi velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang masih aman untuk pemakaian sehari-hari serta tidak merubah suspensi standar dari mobil tersebut.

Lihat juga

Wow, Wabah Virus Corona di Tiongkok Justru Bisa Tingkatkan Penjualan Mobil?

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat penyebaran wabah virus Corona yang begitu masif, penjualan mobil di Tiongkok malah justru diprediksi dapat meningkat. Bagaimana bisa?

Lihat juga