Kala Mantan Desainer Honda Coba Memodernkan Toyota 2000GT

04/01/2021

Mobil baru

3 menit

Kala Mantan Desainer Honda Coba Memodernkan Toyota 2000GT
Toyota tidak berniat memodernkan 2000GT. Namun, ada konsep rendering yang cukup menarik untuk Sportscar ikonik tersebut yang dibuat oleh eks-desainer Honda.

Akhir-akhir ini, beberapa pabrikan coba merebut hati pasar dengan versi modern dari line-up klasik dan ikonik mereka. Sebagai contoh Ford dengan Bronco yang cukup laku sampai GMC Hummer EV yang ikonik.

Mobil balap SCCA Toyota 2000GT

Popularitas 2000GT terkerek berkat prestasi di dalam ajang balap Sportscar

Toyota juga sudah menerapkan langkah serupa dengan kembali menghadirkan Supra generasi terbaru dengan kolaborasi bersama BMW. Namun, tidak untuk 2000GT, sportscar pertama buatan Toyota yang pernah jadi cameo di Film James Bond dan cukup sukses di ajang SCCA di tahun 1960an.

>>> Konsep Supercar Toyota  ini memadukan desain 2000GT dan Supra

Dibuat oleh eks Desainer Honda

Beberapa orang coba membayangkan bagaimana tampang Toyota 2000GT jika dimodernkan, tak terkecuali Nirmit Soni, eks Desainer Honda yang mendirikan perusahaan desain TUGBOTZ.

Rendering konsep Toyota 2000GT Hommage

Siapa sangka jika rendering ini dibuat oleh eks Desainer Honda

Berawal dari sketsa di serbet, Soni coba membuat rendering Toyota 2000GT versi modern. Berkolaborasi dengan Sandeep Dasari yang membuat model virtual, dan Vitali Enes serta Constantin Stein yang mengurus CGI.

“Gagasannya adalah bukan untuk mereinkarnasi 2000GT, karena saya merasa itu tidak akan cukup. Melainkan, saya coba menggambarkannya dalam bentuk modern,” ujar Soni seperti dilansir Motor1.

“Kami coba mengembangkan Toyota 2000GT versi modern, dengan powertrain elektrik namun sembari mempertahankan karakteristik mobil seperti bobot ringan, teknologi, dan modernitas dari versi orisinalnya.”

>>> Kisah Toyota 2000GT saat jadi cameo di film Bond era Sean Connery

Padukan desain modern dengan orisinalitas 2000GT

Meski hadir dengan desain yang lebih modern, ciri khas 2000GT tetap hadir di rendering ini. Seperti lampu depan yang menyipit dengan teknologi LED, kabin model kap panjang sehingga kabin mobil terasa agak ke belakang.

Lebih spesifik lagi, rendering Toyota 2000GT ini terinspirasi dari mobil balap Caroll Shelby 2000GT yang dikendarai oleh Scooter Patrick tahun 1968.  Hal ini terlihat dari livery merah-putih dengan nomor 33, yang disebut Soni sebagai kombinasi desain dan livery terbaik untuk sebuah 2000GT.

Rendering Toyota 2000GT Hommage

Tampilan konsep Toyota 2000GT hommage

Tampilan 2000GT dengan rasa modern, keren ga?

Detail lain yang tak kalah menariknya dari rendering ini adalah velg carbon fiber, decklit belakang yang ramping dengan bilah lampu yang memanjang, sampai spoiler belakang yang bisa dibuka. Saat ini, Toyota memang tidak berminat menghadirkan Sportscar 2000GT dalam waktu dekat. Tapi, keren sih jika prototype ini pada akhirnya naik produksi dan jadi wajah modern Toyota 2000GT.

>>> Simak berita otomotif lain yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top