Jeep Wrangler EV 2022, Mobil Listrik Penggaruk Tanah  

09/07/2021

Mobil baru

3 menit

Jeep Wrangler EV 2022 jadi produk terbaru Jeep yang akan segera meluncur untuk memenuhi kebutuhan para penggemar off road yang berorientasi ramah lingkungan...

Sebelum membahas mengenai 'calon' Jeep Wrangler EV 2022, pahami dulu tentang industri otomotif Amerika Serikat (AS). Industri otomotif AS tidak selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi. Namun sekali mereka memperkenalkan inovasi, langsung menjadi “sesuatu” yang bersifat revolusioner.

Contohnya, Jeep Cherokee XJ keluaran 1984-2001 yang merintis konstruksi bodi monocoque untuk SUV kelas heavy duty dengan rigid live axle depan belakang. Kini, Jeep Wrangler berstatus sebagai ujung tombak merek Jeep dalam era mobil elektrifikasi. Terkait hal itu, belum lama ini  Jeep merilis teaser Jeep Wrangler listrik. Tidak mau tanggung-tanggung, rencananya Jeep Wrangler EV 2022 akan dilengkapi dengan  teknologi otonom dan vehicle-to-vehicle charging. Wuih....

>>> Modifikasi Jeep Wrangler Liberty Walk, Pakai Konsep Tubular Serat Karbon

Jeep Wrangler Freedom

Dalam teaser tersebut terlihat sosok Jeep Wrangler berwarna putih ini tampil dengan tulisan "Freedom" pada kedua sisi kap mesin dan "zero emission" pada dek samping. Tampak jelas kalau saat ini Jeep punya semboyan baru "zero emission freedom" dan  eep Wrangler menjadi produk perdana yang membawa motto tersebut.

gambar jeep

Jeep Wrangler Freedom Zero Emission, pengembangan lanjutan dari Jeep Wrangler 4xe

Boleh jadi, Jeep Wrangler Freedom adalah versi empat pintu dari Jeep Wrangler Magneto yang tampil dalam gelaran  Easter Jeep Safari. Kemudian  teaser tersebut bergeser ke tahun 2025 dan Jeep Wrangler Freedom diparkir di tepi sebuah danau dan mampu mengenali pemiliknya melalui fitur  biometrik. Terlihat trim berwarna biru yang mungkin menjadi warna khusus dari Jeep untuk produk Jeep EV.

gambar jeep

Inikah cikal bakal Jeep Wrangler EV?

Kemudian, pemilik menjelajahi lintasan off road bersama Jeep Wrangler EV. Hebatnya lagi, Jeep Wrangler listrik ini mampu mengisi baterai sesama saudaranya  melalui  fitur "peer-to-peer charging". Selain itu, Jeep juga menyediakan SPLU jenis solar charger sehingga pengisian baterai dapat dilakukan di mana saja.  

Remote Tracking

Fitur otonom yang ditanamkan pada Jeep Wrangler  Freedom memungkinkan untuk menjelajahi lintasan off road secara mandiri. Jadi pengemudi cukup mengisikan data koordinat dan selanjutnya Jeep Wrangler Freedom akan mengarah ke tujuan tersebut secara otonom.

gambar jeep

Masukkan koordinat, tinggal tidur dan tiba di tujuan

Ibaratnya, pengemudi dan penumpang bisa tidur selama perjalanan menuju lokasi akhir. Teaser tersebut juga menampilkan kemampuan drone pairing software pada Jeep Wrangler Freedom sehingga drone dapat merekam seluruh perjalanan. O iya, itu disimulaikan terjadi pada tahun 2030.

gambar jeep

Jeep Wrangler 4xe menjadi basis platform untuk pengembangan Jeep Wrangler full listrik 

Tampaknya, Jeep memanfaatkan platform Jeep Wrangler 4xe sebagai pengembangan produk dan menjadi jembatan menuju Jeep Wrangler EV. Hingga sejauh ini belum ada info detail lebih lanjut terkait Jeep Wrangler listrik. Yang jelas, Jeep Wrangler listrik bukan sekadar mobil konsep belaka.  

>>> Konsep Jeep Wrangler EV Meluncur Tahun Ini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top