Jeep Grand Cherokee L 2021, Versi Long-Wheelbase Dengan Kursi 3 Baris

08/01/2021

Mobil baru

6 menit

Setelah menunggu satu dekade, generasi terbaru Jeep Grand Cherokee L 2021 rilis. Namun, mobil satu ini merupakan versi long-wheelbase dengan kabin yang cukup untuk layout kursi 3 baris.

Pertama kali diperkenalkan tahun 1993, Jeep Grand Cherokee menjadi salah satu SUV paling laku di Amerika. Namun, mobil satu ini belum mendapatkan perombakan besar sejak generasi keempat (WK2), yang diperkenalkan tahun 2011.

Satu dekade penuh tanpa update, Jeep memperkenalkan Grand Cherokee 2021. Ini bukanlah model biasa, karena merupakan versi long-wheelbase yang dapat memungkinkan untuk layout tempat duduk tiga baris.

Tampilan depan Jeep Grand Cherokee L 2021

Tampang Grand Cherokee L 2021 tampak lebih agresif dari generasi sebelumnya

Tidak hanya layout kursi tiga baris yang jadi bahan jualan Jeep Grand Cherokee L 2021, ada juga beberapa update dari segi styling dan fitur untuk menyegarkan line-up yang sudah 10 tahun lamanya.

>>> Jeep Grand Cherokee vs Mobil klasik Hot Rod, menang mana?

Makin lega, makin modern

Salah satu pembeda Jeep Grand Cherokee 2021 long-wheelbase dengan GC biasa adalah dimensi mobil, di mana wheelbase mobil memanjang dari 2.916 mm menjadi 3.091 mm. Hal ini juga berdampak pada panjang keseluruhan mobil, yang memanjang dari 4.821 mm menjadi 5.204 mm.

Secara desain, perbedaan Grand Cherokee L dari generasi sebelumnya tidak terlalu banyak, namun cukup kentara. Dimulai dari fascia mobil yang terinspirasi Jeep Wagoneer, baik itu versi asli atau konsep yang diperkenalkan tahun lalu.

Tampilan samping dan belakang Jeep Grand Cherokee L 2021

Dengan profil ban 21 inci, tampilan mobil jadi terlihat semakin berisi dan gagah

Kap mesinnya terlihat lebih menonjol dengan sudut yang tampak menyiku, gril tujuh bilah yang kecil bertengger di atas bumper dengan kisi-kisi udara besar, dan lampu depan LED dengan model yang ramping mengapit di sisi kanan dan kiri.

Profil samping mobil Grand Cherokee L 2021 juga terlihat tegas, sama seperti bagian depan. Dan sama seperti Grand Wagoneer memiliki garis atap yang mengalir ke bagian belakang dengan sangat halus. Pindah ke belakang, tampilan lampu belakang Cherokee Long-Wheelbase ini tampak lebih langsing dengan teknologi LED yang membentang dari bagian tengah pintu bagasi mobil ke fender belakang.

Desain dasbor Jeep Grand Cherokee L 2021

Desain dasbornya jadi lebih modern dan dinamis ketimbang generasi sebelumnya

Ubahan lebih radikal ada di dalam, di mana Grand Cherokee L 2021 hadir dengan dasbor baru yang menjadi rumah dari head unit berukuran 8,4 inci sebagai standar, atau 10,1 inci sebagai opsi. Keduanya sudah memakai sistem infotainment Jeep UConnect 5 dengan fitur integrasi handphone Apple CarPlay dan Android Auto bisa digunakan secara nirkabel.

Sedang untuk sisi pengemudi, Grand Cherokee L memakai layar instrument cluster digital 10,3 inci yang bisa menampilkan berbagai informasi berbeda, termasuk sistem night vision yang dimiliki mobil.

Kabin Jeep Grand Cherokee L 2021

Dengan wheelbase dan body yang semakin panjang kabin mobil jadi semakin luas

Dengan wheelbase dan bertambahnya baris kursi mobil, kargo mobil juga jadi semakin luas. Mulai dari 484 L saat semua kursi berdiri, jadi 1.328 L saat kursi baris belakang dilipat rata lantai, sampai 2.395 L dengan kursi baris kedua juga dilipat.

>>> Jeep Grand Cherokee 2021 Pakai Platform Alfa Romeo dan Mesin V6 Diesel

Detail mesin sama, ada adaptive air-suspension system

Opsi mesin yang didapat Jeep Grand Cherokee L 2021 tidak jauh berbeda dari model kursi dua baris, di mana mesin V6 Pentastar 3.6L menghasilkan 290 HP dan torsi 350 Nm, dan mesin Hemi V8 yang menghasilkan tenaga 357 HP dan torsi 528 Nm.

Mesin V8 HEMI 5.7L yang dipakai Jeep Grand Cherokee L 2021

Mesin V8 Hemi tetap dipertahankan di Grand Cherokee generasi terbaru

Terlepas dari varian mesin yang dipakai, SUV satu ini memakai girboks otomatis 8-percepatan sebagai standar dengan sistem penggerak roda belakang sebagai standar, dengan four-wheel drive sebagai opsi.

Fitur Grand Cherokee L 2021 lain yang cukup menarik adalah adaptive air-suspension Quadra-Lift yang dapat menyesuaikan tinggi mobil sesuai dengan mode yang dipilih. Sebagai contoh, saat mode Off-Road 1 diaktifkan, mobil jadi lebih tinggi 40 mm dari standar, lalu naik jadi 61mm dengan mode Off-Road 2. Ada juga mode Aero, yang membuat mobil lebih rendah 20 mm dari posisi normal.

Serangkaian fitur keamanan aktif juga menjadi standar, mulai dari Automatic Emergency Braking (AEB), Rear Cross-Path Detection, Adaptive Cruise Control With Stop and Go, Lane-Departure Warning, Lane-Keeping Assist, dan banyak lagi.

Line-up Jeep Grand Cherokee L 2021

Jeep menyediakan empat trim Grand Cherokee L 

Jeep Grand Cherokee L 2021 hadir dalam dua pilihan trim, Grand Cherokee L Laredo, Landing, Overland dan Summit. Jeep belum mengumumkan harga mobil secara resmi, tapi kemungkinan lebih mahal dari model standar yang dibanderol mulai $ 37.765 (setara Rp 533 juta).

>>> Simak berita terbaru dari dunia otomotif di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top