Jeep Grand Cherokee 2022 Meluncur, Hadir Sebagai Mobil Hybrid

04/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Jeep Grand Cherokee 2022 resmi diluncurkan. Hadir dengan varian 4xe sebagai plug-in hybrid dengan mesin 4 silinder 2,0 liter turbocharged dan dua motor listrik.

Jeep memperkenalkan Grand Cherokee 2022 model dua baris dengan varian 4xe (dibaca four by e) sebagai plug-in hybrid. Mobil tersebut menjanjikan efisiensi bahan bakar hingga 57 MPGe atau setara 24,2 kilometer per liter.

Yes, sebuah SUV dari Jeep dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dari sebuah LCGC. Mobil itu akan menggunakan powertrain yang serupa dengan Wrangler 4xe, yaitu mesin 2,0 liter 4-silinder turbocharged dengan dua motor listrik dan baterai 14 kWh.

Lebih Dekat Dengan 4xe Jeep

4xe pertama kali diperkenalkan pada Jeep Wrangler terbaru yang dipasarkan pada awal tahun 2021. Mobil tersebut merupakan plug-in hybrid paling laku di Amerika Serikat saat ini.

>>> Jeep Wrangler Willys Makin Andal di Medan Off-Road Dengan Ban 35 Inci

Gambar Jeep 4xe

Sistem penggerak 4xe pertama kali diperkenalkan pada Wrangler

Jeep Grand Cherokee 2022 akan menggunakan powertrain hybrid yang sama persis dengan mobil tersebut. Seperti yang kita ketahui, Jeep akan menawarkan SUV listrik di tiap segmen mulai tahun 2025.

Grand Cherokee 4xe menggunakan mesin 2.0 liter empat silinder turbocharged yang dipasangkan dengan dua motor listrik, satu di bagian depan terhubung melalui sabuk aksesori dan yang lainnya sebagai pengganti torque converter transmisi yang menyalurkan daya ke baterai lithium ion dengan kapasitas 14,0 kWh.

Saat bekerja secara harmonis, powertrain tersebut mampu menghasilkan tenaga 375 HP dengan torsi 637 Nm, sama seperti Wrangler PHEV.  Selain mencapai efisiensi 57 MPGe, mobil ini juga bisa berjalan sejauh 40 km hanya dengan motor listrik saja.

Gambar Jeep Grand Cherokee 4xe 2022

Mobil ini dapat berjalan sejauh 40 km hanya dengan motor listrik

Grand Cherokee 4xe akan dibekali dengan fitur Eco Coaching yang dapat ditampilkan pada layar infotainment 10,1 inci yang menunjukkan aliran daya powertrain plug-in-hybrid, pengereman regeneratif, dan pengisian terjadwal.

Seperti halnya Wrangler, Grand Cherokee 4xe memiliki tombol di sebelah kiri setir yang mengontrol mode berkendara hybrid, electric, dan eSave, yang mengutamakan mesin bensin untuk menghemat baterai.

>>> Mantan Bos Garansindo Tanggapi Investigasi Jeep Grand Cherokee Miliknya

Mulai Dijual Awal Tahun Depan

Gambar Jeep Grand Cherokee trim

Tersedia dalam 4 trim

Jeep Grand Cherokee 4xe 2022 tersedia dalam trim Limited, Trailhawk, Overland, dan Summit. Tipe Trailhawk akan dibekali dengan front sway bar disconnetc, rear locking differential yang dikontrol secara elektronik, ban all terrain Goodyear Wrangler Territory, dan aksen biru eksklusif untuk model 4x.

Tipe Trailhawk akan menjadi tipe yang paling siap untuk dibawa ke medan off-road. Mobil ini akan dijual di Amerika Serikat pada awal tahun depan dengan harga mulai dari $ 50.000 atau setara Rp 713.270.000.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top